12 Destinasi Tempat Wisata di Belitung dan Bangka Sekaligus Paketnya

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 6 Januari 2020 11:57
12 Destinasi Tempat Wisata di Belitung dan Bangka Sekaligus Paketnya
Yuk, cari tau beragam tempat wisata menarik di Negeri Lakar Pelangi!

Kamu pasti udah sangat familiar kan dengan film Laskar Pelangi? Nah, Belitung ini merupakan daerah yang menjadi lokasi syuting dari film populer tersebut. Belitung sendiri terletak di lepas pantai timur Sumatera yang diapit oleh dua selat yaitu Selat Gaspar dan Karimata. Selain populer karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, Belitung juga memiliki keindahan alam yang sangat memanjakan mata.

Sama halnya dengan Pulau Belitung, Pulau Bangka juga memiliki destinasi wisata yang juga sama memikatnya. Sebagai kawasan kepulauan, tak hanya memiliki pantai yang indah, Bangka Belitung juga memiliki wisata bahari yang juga menjadi daya tarik utama. Melansir dari berbagai sumber (05/01), di bawah ini berbagai destinasi tempat wisata di Bangka Belitung sekaligus dengan paketnya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Belitung

Negeri Laskar Pelangi ini memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Meskipun wisata alam menjadi daya tarik utama dari Pulau Belitung, tapi destinasi wisata non-alamnya juga nggak kalah menarik kok. Berikut ini berbagai destinasi tempat wisata alam maupun non-alam di Belitung.

1. Danau Kaolin

Danau ini dulunya merupakan lokasi pertambangan kaolin dan timah yang ditinggalkan begitu saja. Sekarang, Danau Kaolin telah berubah menjadi destinasi wisata cantik dengan air berwarna biru menyala yang dikelilingi pasir berwarna putih. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata Belitung ini di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.

2. Pantai Tanjung Tinggi

      View this post on Instagram

Selamat pagi #ayodolan -'ers Selamat beraktifiktas kembali yaa . . ????Pantai Tanjung Tinggi, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Bangka Belitung . Foto dolan dari @rizkifauzi861 . . #ayodolan #ayodolanbelitung #pantaitanjungtinggi #belitung

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Selain memiliki panorama yang cantik, ombak di pantai Tanjung Tinggi juga relatif tenang. Selain itu, di pantai cantik ini kamu juga bisa menjumpai ratusan batu granit besar yang tersebar di sekitar pantai. Pantai Tanjung Tinggi juga menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, lho. Sudah ingat belum adegan mana nih kira-kira yang berlatar di pantai ini?

3. Pulau Lengkuas

Mercusuar yang berdiri kokoh di tengah pulau akan menyambutmu saat menginjakkan kaki di Pulau Lengkuas. Nggak hanya itu saja, baik pantai maupun ekosistem bawah laut pulau ini juga sangat memanjakan mata. Pulau Lengkuas sendiri berada di utara Pulau Belitung dan memerlukan waktu 30 menit untuk menyeberang ke salah satu tempat wisata Belitung ini.

4. Museum Kata Andrea Hirata

      View this post on Instagram

Selamat malam???? Jangan lupa 2019 waktunya untuk berlibur yaaa???? __________________________________________________ #explorebelitung #travelbelitung #belitungtrip #belitungtravel #belitung #paketwisatabelitung #pakethoneymoon #pakettourmurah #pakettourbelitung #pakettourbali #paketwisata #paketwisatamurah #belitung #belitungisland #belitungtour #indonesia #travelingindonesia #pesonabelitung #laskarpelangi #replikasekolahlaskarpelangi #opentrip #opentripbelitung #museumkataandreahirata #museumkata

A post shared by Belitung Tour and Travel (@explorebelitung) on

Di Museum Kata Andrea Hirata, kamu bisa melihat beragam karya dari Andrea Hirata sekaligus koleksi film Laskar Pelangi. Selain itu, terdapat berbagai pajangan pigura dengan kata-kata karya penulis terkenal satu ini. Museum Kata Andrea Hirata juga merupakan museum literatur pertama di Indonesia. Sangat menarik, kan?

2 dari 4 halaman

Paket Wisata Bangka Belitung

Buat kamu yang anti ribet, menggunakan paket wisata bisa menjadi solusi yang tepat. Kamu bisa memilih paket wisata sesuai dengan budget yang sudah kamu siapkan. Untuk referensi, d bawah ini beberapa paket wisata Bangka Belitung.

1. Paket Wisata Bangka Belitung 4D3N

Paket satu ini menawarkan berwisata ke Pulau Bangka dan Belitung selama 4 hari 3 malam. Banyak beragam destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan memilih paket ini seperti Pantai Nirwana, Museum Timah Muntok, Penangkaran Penyu, dan masi banyak lagi. Budget yang perlu kamu siapkan untuk paket wisata selama 4 hari ini yaitu Rp. 1,9 juta sampai Rp. 5, 2 juta tergantung dengan hotel yang kamu pilih dan jumlah peserta.

2. Paket Wisata Belitung One Day

      View this post on Instagram

Ayo Tag temen kamu dan Hastag #explorebelitung serta nikmati keindahan alam belitung bersama mereka. - Foto dari : @anna_soetjipto ????Pulau Batu Berlayar - #exploreindonesia #explorebelitong #belitung #visitindonesia #travelphotography #travel #travelindonesia #travelinspiration #belitungisland #belitungtrip #nature #bangkabelitung #bangkabelitungisland #indotravellers #visitbelitung #visitbelitong #bangkabelitungisland #bangkabelitung #bangkabelitung #likeforlikes #likeforfollow #wisatabelitung #wisataindonesia #lingkarindonesia #pantai #beach #pantaibelitung #pulaulengkuas #belitungofficial #lengkuas #wonderfulindonesia #hellonusantara

A post shared by Belitung Tour and Travel (@explorebelitung) on

Paket wisata Belitung one day sangat pas buat kamu yang hanya ingin menikmati Pulau Belitung dalam sehari. Paket ini biasanya menawarkan berkeliling ke pulau dan destinasi menarik di Pulau Belitung. Harga paket ini juga relatif terjangkau yaitu sekitar Rp. 325 ribu sampai Rp. 750 ribu per orangnya.

3. Paket Wisata Bangka Belitung 3D2N

Menghabiskan waktu selama 3 hari di Bangka Belitung juga nggak kalah menyenangkan. Jika kamu ingin berlibur tanpa ribet, kamu bisa memilih paket wisata Bangka Belitung 3D2N. Tarif paket ini biasanya dibanderol dengan harga mulai dari sekitar Rp. 2,6 juta.

3 dari 4 halaman

Bangka Belitung Wisata

Banyak beragam tempat wisata di Bangka Belitung yang sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke provinsi ini. Beberapa destinasi berikut bisa nih kamu jadikan referensi. Ini dia destinasi wisatanya.

1. Bukit Menumbing

Bukit Menumbing merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Bangka, tepatnya di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Di puncak tempat wisata Belitung ini terdapat sebuah wisma yang bernama Wisma Menumbing atau Pesanggrahan Menumbing. Dulunya, wisma tersebut dijadikan sebagai tempat pengasingan para pahlawan kemerdekaan termasuk Soekarno dan Mohammad Hatta. Di wisma ini, kamu bisa menjumpai beragam foto aktivitas para tokoh kemerdekaan selama diasingkan.

2. Batu Mentas

      View this post on Instagram

Reposted from @saiful.fully Semua itu tergantung cerminan diri kita Ada yang berfikir mencari yang baik itu sulit. Sebenarnya sih mudah dengan syarat kita harus berubah menjadi lebih baik dulu. . ????Loc:batu mentas ????Kuli:@a_riffz Belitung Indonesia #batumentas #mirror #forest #belitung #indonesia #laskarpelangi#nature#pure#f4f#tourmurah#opentrip#maldives#beach#love#art#followforfollow#europe#photography#beautifulbelitung #tourbelitung#tree #artegram#bali #landscape #river #belitungisland - #regrann

A post shared by Belitung Tour & Travel RentCar (@beautifulbelitung) on

Jika kamu bosan dengan pantai, Batu Mentas bisa menjadi pilihan alternatif yang menarik. Wisata Batu Mentas menawarkan kesejukan udara pegunungan dan panorama hutan hijau yang asri. Di tempat wisata ini, kamu bisa melihat hewan endemik Belitung karena memang kawasan Batu Mentas masih merupakan bagian dari Hutan Lindung Wisata Alam Gunung Tajam.

3. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai menyuguhkan pesona yang sedikit berbeda dari kebanyakan pantai lainnya. Pasalnya, di pantai ini kamu akan menemukan pohon pinus yang berjajar di sekitar pantai daripada pohon kelapa seperti kebanyakan pantai lainnya. Garis pantai di kawasan ini juga cukup panjang dengan dihiasi pasir putih khas Pulau Belitung.

4. Pantai Parai Tenggiri

      View this post on Instagram

[ Pantai Parai ] Disebut Pantai Parai atau Pantai Parai Tenggiri karena dahulu banyak nelayan yang mendatangkan ikan tenggiri dari pesisir pantai ini. Tetapi, wajah Pantai Parai Tenggiri telah berubah. Tidak ada lagi nelayan yang bisa dilihat di tepian pantai. Di sekitar pantai ini, terdapat berbagai penginapan yang bisa dijadikan pilihan bagi pengunjung yang ingin berlama-lama menikmati Pantai Parai Tenggiri. Soal keindahan, Pantai Parai Tenggiri memiliki pasir putih dengan kelembutan yang menyerupai tepung. Bebatuan granit yang tersebar juga menjadi hiasan yang indah untuk dipandang. Belum lagi air laut yang bewarna biru kehijauan menambah sensasi saat berkunjung ke Pantai Parai Tenggiri. . . . #indonesianers #indonesia #beach #pantaiindonesia #pantai #pariwisataindonesia #menteripariwisata #destinasiwisata #spot #instadaily #instalike #viral #travell #travelling #traveller #pantaiparai #pantaiparaitenggiri #bangka

A post shared by indonesianers (@indonesianers) on

Tak hanya Belitung saja yang memiliki pantai yang indah, Pulau Bangka juga punya, lho. Salah satunya yaitu Pantai Parai Tenggiri. Ombak di pantai ini juga relatif kecil sehingga sangat cocok buat kamu yang hobi berenang. Jika kamu belum puas, kamu juga bisa menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Parai Tenggiri.

4 dari 4 halaman

Objek Wisata Bangka Belitung

Selain wisata pantainya, Bangka Belitung juga memiliki beragam destinasi menarik lainnya. Sayang banget nih jika kamu melewatkan beberapa destinasi berikut ini. Yuk, simak di bawah ini ya.

1. Replika Sekolah Laskar Pelangi

      View this post on Instagram

LEARN AS IF YOU WERE TO LIVE FOREVER • • • • • #sekolahlaskarpelangi #laskarpelangi #belitung #belitungisland #skies #sdmuhammadiyah #gantong #belitong #school #potd #photooftheday #qotd #quotestoliveby #quoteoftheday #rainbowtroops #negerilaskarpelangi #belitungtimur #travel #travelblogger #travelinfluencer #lifestyle #lifestyleblogger #lifestyleinfluencer #lifewelltravelled #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #beautifuldestinations

A post shared by HENDRA WIJAYA (@iamhendraw) on

Bagi kamu yang pernah menonton film Laskar Pelangi pasti sudah enggak asing lagi dengan SD Muhammadiyah Gantong. Sekolah ini dulunya terletak tepat di pinggir pantai Belitung Timur dimana sekarang bangunan aslinya sudah enggak ada. Tapi, saat ini bangunan sekolah ikonik itu sudah diganti dengan replika yang digunakan untuk tujuan syuting film Laskar Pelangi.

Di Replika Sekolah SD Muhammadiyah Gantong, kamu bisa merasakan langsung suasana sekolah di film Laskar Pelangi. Meski lokasinya cukup jauh dari bandara Belitung yaitu sekitar 2 jam, pastinya hal itu akan terbayar saat kamu sampai di replika sekolah ikonik ini.

2. Museum Timah Muntok

Saat berkunjung ke Bangka Belitung kurang lengkap jika kamu belum berkunjung ke Museum Timah Muntok. Museum Timah Muntok merupakan satu dari dua museum timah di Indonesia sekaligus yang terbesar di Asia. Bangunan museum ini sangat kental dengan nuansa Eropa karena memang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda.

Di dalam Museum Timah Muntok kamu akan menjumpai berbagai replika alat pertabangan timah, atribut prajurit masa perang dunia kedua, alat tenun dan audio visual terkait dengan peristiwa sejarah yang terjadi di Pulau Bangka Belitung. Dalam museum ini juga menyuguhkan sembilan galeri yang bisa kamu nikmati.

3. Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat

      View this post on Instagram

#mangrovemunjang #mangroveforest #mangrover #wonderfullindonesia

A post shared by Pradya Tama Putra | ??? (@pyonceputra) on

Seperti namanya, wisata satu ini meruupakan kawasan konservasi mangrove di Pulau Bangka. Di Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat kamu bisa berwisata mengelilingi hutan mangrove dengan boat sewaan. Selain menikmati hijaunya hutan mangrove, jika beruntung kamu bisa bertemu dengan beragam satwa yang hidup di kawasan ini seperti burung, ikan air tawar, dan juga ular.

4. Bangka Botanical Garden

Kawasan hijau ini sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Bangka Botanical Garden merupakan ikon agrowisata di Pulau Bangka yang menawarkan keindahan alam berupa hutan pinus. Di area ini juga terdapat danau buatan dimana kamu bisa mencoba kayaking di sana.

Jadi, itu dia beragam destinasi tempat wisata Belitung dan Bangka yang menarik. Dari itu semua, ada nggak yang jadi favoritmu?

Beri Komentar