11 Tempat Wisata Tegal yang Wajib Dikunjungi, termasuk Kawasan Air Panas Guci

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 24 Januari 2020 23:04
11 Tempat Wisata Tegal yang Wajib Dikunjungi, termasuk Kawasan Air Panas Guci
Bermain ke Tegal jangan lupa mengunjungi tempat wisata berikut ini, ya!

Saat mendengar kata Tegal, apa nih yang pertama kali kamu pikirkan? Pastinya kebanyakan dari kita akan menyebut tentang wartegnya. Sebenarnya, tak hanya kulinernya saja, Tegal juga memiliki destinasi wisata yang cukup populer dan menarik untuk dikunjungi. Sebut saja pantai, curug atau air terjun, hingga pemandian air panas.

Kota Tegal sendiri berada di wilayah provinsi Jawa Tengah serta berbatasan dengan daerah Pemalang, Banyumas, dan Brebes. Jika kamu tertarik berwisata ke Kota ini, sebelumnya cek dulu yuk sebelas tempat wisata Tegal yang dirangkum dari beragam sumber (24/01) di bawah ini. Termasuk juga destinasi terkenalnya yakni Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal. Gulir terus ke bawah, ya!

1 dari 4 halaman

Wisata Guci Tegal

Wisata Guci Tegal bisa dikatakan sebagai wisata paket lengkap yang ada di Tegal. Kawasan ini menyuguhkan beragam wisata sekaligus dengan pemandangan khas pegunungan yang indah. Sebenarnya, Wisata Guci Tegal sendiri merupakan pemandian air panas yang mulai dibuka secara umum tahun 2015 silam. Berikut ini berbagai wisata Guci Tegal lainnya yang bisa kamu nikmati di kawasan ini.

1. Pemandian Air Panas

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh the'_One`-th0 (@phewheantho) pada

Pemandian Air Panas menjadi wisata utama di kawasan Guci tegal. Di sini, terdapat beberapa pemandian umum yang diberi nama sesuai dengan jumlah pancurannya yakni pancuran 5, pancuran 7, dan pancuran 13. Air yang mengalir dari pancuran ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Diantaranya yaitu penyakit kulit dan rematik. Ditambah dengan hawa yang sejuk dan segar juga semakin membuat Pemandian Air Panas  Guci sangat nyaman sebagai destinasi wisata.

2. Waterboom

Tak hanya pemandian air panas, di Wisata Guci Tegal kamu juga bisa bermain-main air di waterboomnya yang memiliki air hangat. Seperti waterboom pada umumnya, di sini kamu juga bisa menjumpai beragam permainan.

Menariknya, waterboom ini memiliki permainan berupa outbound yang berada di tengah kolam. Mulai dari jaring laba-laba hingga panjat tebing mini semuanya tersedia di waterboom Guci Tegal ini. Pastinya permainan outbound ini semakin menantang karena jika kamu nggak cermat, kamu bisa tercebur ke dalam kolam. Seru, ya!

3. Menunggang Kuda

Ilustrasi BerkudaIlustrasi Berkuda © whatsnewindonesia.com

Selain berendam dan menikmati wisata alamnya, menunggang kuda juga menjadi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menyewa kuda dari penduduk setempat untuk mengelilingi kawasan wisata Guci ini tanpa harus berjalan kaki. Harganya pun juga cukup terjangkau. Harga yang ditawarkan biasanya sekitar Rp. 15 ribu - Rp. 30 ribu.

4. Curug Kembar

Wisata Curug kembar sangat unik dan berbeda dari kebanyakan curug lainnya. Pasalnya, Curug Kembar ini memiliki air yang hangat. Selain itu, suasana di sekitarnya juga sangat asri. Letak Curug Kembar sendiri cukup dekat dengan Waterboom Guci. Tapi, untuk mencapainya kamu perlu berhati-hati ya karena jalannya yang cukup licin dan menurun curam.

5. Curug Jedor

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh TEGAL | JAWA TENGAH (@pesonategal) pada

Berada sekitar 1 km di atas pemandian air panas pancuran 13, kamu juga bisa menemukan air terjun dengan panorama yang indah. Air Terjun Jedor memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Tak hanya itu, air terjun cantik ini juga menjadi salah satu air terjun yang populer dan ramai dikunjungi di kawasan wisata air panas Guci.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Tegal

Selanjutnya, kita bergeser yuk ke destinasi wisata lainnya yang ada di Tegal. Tentunya masih banyak tempat wisata yang enggak kalah menarik di Tegal. Seperti beberapa tempat wisata Tegal berikut ini.

1. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah menjadi salah satu destiansi wisata pantai yang populer di Tegal. Pantai ini menyuguhkan panorama yang indah dengan garis pantai yang cukup panjang. Tak hanya dari tepian pantainya saja, kamu juga bisa menikmati keindahan Pantai Alam Indah dari jembatan kayu yang mengarah ke tengah lautan. Jembatan ini juga sangat cantik jika kamu jadikan sebagai spot foto.

2. Bukit Goa Lawa

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh I ? INDONESIA | #exploredolan (@exploredolan.id) pada

Buat kamu yang suka dengan tantangan, wisata Bukit Goa lawa ini bisa kamu coba. Bukit ini sebenarnya bukanlah sepenuhnya bukit, tapi tumpukan batu yang tertata secara alami. Dari atas wisata Tegal ini kamu bisa menyaksikan panorama perbukitan hijau yang membentang indah. Bukit Goa Lawa ini memiliki dua puncak yaitu Puncak Bendera dan Puncak Semar.

Nama Goa Lawa sendiri berasal dari banyaknya kelelawar atau dalam bahasa Jawa disebut lawa yang hidup di goa-goa yang ada di sekitar kawasan ini. Satu lagi, sebelum berkunjung ke bukit ini pastikan kamu dalam keadaan fit ya karena medan untuk mencapai puncaknya cukup sulit, terutama untuk pemula.

3. Rita Park

Tak hanya wisata alam saja, Tegal juga memiliki taman bermain yang cukup populer yakni Rita Park. Destinasi wisata Tegal ini menyuguhkan lebih dari 20 wahana permainan seru seperti Mini Coaster, Sky Drop, Bioskop 5 Dimensi, Circus Travel, Bom-Bom Car, dan permainan menarik lainnya.

Rita Park juga sering disebut dengan Dufannya Jawa Tengah. Saat malam hari, wisata Tegal ini akan semakin menarik karena lampu-lampu yang menerangi kawasan dan adanya wahana taman lampion. Kamu bisa langsung menuju taman ini di Jl. Kolonel Sugiono No.155, Pesurungan Kidul, Kota Tegal

4. Gerbang Mas Bahari Waterpark

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gerbang Mas Bahari Waterpark (@bahari_wp) pada

Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata Gerbang Mas Bahari Waterpark. Wisata Tegal ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Gerbang Mas Bahari Waterpark memiliki beragam wahana yang bisa kamu nikmati. Diantaranya seperti kolam ombak, kolam rennag, kiddy pool, wet futsal, dan wahana menarik lainnya.

5. Telaga Air Cempaka

Daerah Bumijawa memang memiliki banyak beragam destinasi wisata, termasuk salah satunya Telaga Air Cempaka. Telaga ini sangat cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan. Udara di kawasan ini juga sejuk dengan pepohonan rindang di sekitarya. Biasanya, air Telaga Cempaka sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana irigasi dan keperluan sehari-hari.

6. Bukit Bintang Guci

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bumijawa (@explorebumijawa) pada

Bukit Bintang Guci menyuguhkan panorama kota Tegal di malam hari dari ketinggian. Gemerlap lampu-lampu yang ada di Kota Tegal akan terlihat sangat cantik dari atas bukit ini. Tak hanya pemandangan Kota Tegal, dari Bukit Bintang Guci kamu juga bisa menyaksikan panorama Gunung Slamet dan perbukitan sekitarnya. Kamu bisa nih menikmati keindahan pemandangan ini sembari camping bersama kawan-kawan.

3 dari 4 halaman

Wisata Kota Tegal

Wisata Kota Tegal di bawah ini pastinya akan sangat sayang jika kamu lewatkan. Langsung simak yuk apa saja destinasi wisata yang bisa jadi rekomendasi kamu saat ke Tegal.

1. Curug Jejeg

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Model - Make Up Artist (@majdajeddaa) pada

Seperti namanya, curug cantik ini berada di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Tegal. Curug Jejeg memiliki ketinggian sekitar 22 meter dengan aliran airnya yang melewati beberapa tingkatan bebatuan. Kamu juga bisa nih menikmati guyuran air terjun sambil duduk di batuan ini. Nuansa di sekitar curug yang masih asri juga menjadi salah satu daya tarik dari wisata Curug Jejeg.

2. Sulaku Bumi Jawa Park

Sulaku Bumi Jawa Park bisa dikatakan destinasi wisata yang menyuguhkan paket lengkap. Banyak aktivitas dan fasilitas seru yang ditawarkan wisata Tegal ini seperti waterboom, outbound, agrowisata, kolam pemancingan, dan sebagainya. Jika kamu ingin menginap, di kawasan ini juga tersedia penginapan. Lokasi Bumi Jawa Park berada di Desa Pagupakan, Bumijaya, Tegal.

3. Curug Bentar

Curug Bentar menawarkan pemandangan yang unik sekaligus juga eksotis. Di sini, kamu bisa menyaksikan air terjun yang jatuh dari dinding tebing yang berada di dalam goa. Tertarik melihatnya langsung? Kamu bisa mengunjungi curug cantik ini di Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

4. Situs Purbakala Semedo

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Noorma Fitriana M. Zain (@noormafmz) pada

Selain wisata alam, Tegal juga mempunyai situs purbakala yang bernama Situs Purbakala Semedo. Koleksi di wisata Tegal ini juga cukup lengkap. Mulai dari fosil binatang seperti gajah purba, kuda nil, rusa, dan binatang lainnya sampai tengkorak Homo Erectus sekaligus dengan peninggalannya. Situs ini juga bisa menjadi sarana edukasi dengan cara yang menarik. Nah, kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal.

5. Curug Putri

Curug lainnya yang bisa kamu nikmati di Tegal yakni Curug putri. Curug Putri sendiri memisahkan dua wilayah yakni Desa Dukuhbenda, Bumijawa, Tegal dengan Desa Padanama, Kecamatan Sirampog, yang berada di wilayah Kabupaten Brebes. Dengan ketinggian sekitar 25 meter, Curug Putri menyuguhkan panorama yang indah dengan tebing berbalut tumbuhan hijau di sekitar air terjunnya.

4 dari 4 halaman

Tiket Masuk Wisata Guci Tegal

Setelah kita bahas tentang gambaran Wisata Guci Tegal secara umum di atas, berikut ini yuk kita beralih ke informasi tentang tiket masuknya. Secara umum, harga tiket Wisata Guci cukup ramah di kantong. Di hari biasa, anak-anak akan dikenakan tarif Rp. 4.500 dan dewasa Rp. 5.000. Untuk hari libur atau tanggal merah harganya sedikit berbeda yakni Rp. 7.000 untuk dewasa dam Rp. 6.500 untuk anak-anak. Tapi, tentu saja harga berikut bisa berubah setiap waktu, ya.

Nah, Tegal bisa menjadi destinasi wisata yang menarik kan saat berlibur ke Jawa Tengah. Kota satu ini juga punya pesona sendiri yang bisa kamu explore. Jadi, sudah siap menjelajahi Tegal minggu ini?

Beri Komentar