10 Tempat Wisata Pasuruan Jawa Timur termasuk Bhakti Alam, Kebun Kurma, dan Saigon

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 5 Februari 2020 21:31
10 Tempat Wisata Pasuruan Jawa Timur termasuk Bhakti Alam, Kebun Kurma, dan Saigon
Tempat wisata Pasuruan yang asyik untuk liburan.

Pasuruan, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya ini juga bisa menjadi destinasi wisata menarik untuk menghabiskan akhir pekan. Ada beragam tempat wisata yang menarik di Pasuruan. Diantaranya air terjun, pantai, water park, hingga candi semuanya bisa kamu temukan di kabupaten ini.

Buat kamu yang bosan dengan Malang atau Surabaya, kamu bisa nih menjadikan Pasuruan sebagai destinasi pilihan. Lalu, apa saja sih wisata menarik yang ada di Pasuruan? Dirangkum dari berbagai sumber (05/02), yuk kita simak deretan tempat wisata Pasuruan termasuk juga Bhakti Alam, Kebun Kurma dan Saigon Park. Selengkapnya di bawah ini, ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pasuruan

Pasuruan memiliki sederet destinasi wisata yang beraneka ragam. Tak hanya alam saja, tapi juga peninggalan sejarah. Nah, berikut ini beragam destinasi wisata menarik yang ada di Pasuruan. Cek selengkapnya di bawah ya. 

1. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul menjadi salah stau pantai yang memiliki panorama indah di Pasuruan. Hamparan pasirnya yang berwarna putih sangat cantik beradu dengan laut yang berwarna biru. Tak hanya menikmati panorama pantainya saja, di salah satu wisata Pasuruan ini kamu juga bisa menikmati keindahan hutan mangrove yang ada di sekitar area Pantai Penunggul.

2. Kebun Raya Purwodadi

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Muhammad Ridho H. (@moch_ridho) pada

Di bawah naunagan Lembaga Ilmu Penegtahuan Indonesia atau LIPI, Kebun Raya Purwodadi merupakan tempat konservasi tumbuhan yang ada di Pasuruan. Tepatnya, berada di Jl. Raya Surabaya Malang, Capang, Purwodadi.

Suasana kebun ini juga sangat asri dengan memiliki lebih dari 10 ribu jenis tanaman. Menariknya, Kebun Raya Purwodadi ini sudah ada sejak jaman Belanda silam hingga sekarang. Tak jauh dari kebun raya ini juga ada wisata lainnya yakni Coban Baung. Nah, kamu bisa sekalian berkunjung ke dua wisata sekaligus.

3. Air Terjun Sumber Nyonya

Pasuruan memiliki cukup banyak air terjun, termasuk salah satunya Air Terjun Sumber Nyonya. Wisata Pasuruan satu ini sangat unik. Pasalnya, sebelum jatuh ke hulu sungai, pancuran air terjunnya akan membentur batuan cadas terlebih dulu. Hal ini memberikan panorama yang indah. Air Terjun Sumber Nyonya ini terletak di kawasan perkebunan kopi warga di dusun Gunung Sari, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur.

4. Candi Jawi

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bingkai Jawa Timur (@bingkaijawatimur) pada

Pasuruan juga menyuguhkan wisata sejarah yang tak kalah menarik yakni Candi Jawi. Candi Jawi sendiri merupakan candi peninggalan raja terakhir Kertanegara dengan arsitektur bercorak Hindu Buddha. Tak hanya bangunan candinya saja yang indah, panorama sekitarnya juga tak kalah menawan. Kamu bisa berkunjung ke candi ini yang berada di Jl. Raya Candiwates, Jawi, Candi Wates, Kecamatan Prigen.

5. Air Terjun Puthuk Truno

Tak hanya Air Terjun Sumber Nyonya saja, panorama Air Terjun Puthuk Tresno juga tak kalah menarik. Air terjund engan ketinggian sekitar 45 meter ini memiliki aliran air yang cukup deras. Karena aliran air yang deras inilah pengunjung dilarang berenang di area bawah air terjun ini. Tapi, tenang saja meski seperti itu kamu tetap bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Puthuk Truno meski tak terlalu dekat.

6. Danau Ranu Grati

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh DANAU RANU GRATI (@danauranugrati) pada

Danau Ranu Grati ini merupakan satu-satunya danau yang terletak di dataran rendah Jawa Timur. Lokasinya sendiri terletak di tengah-tengah pemukiman warga. Meski seperti itu, keindahannya juga enggak kalah dengan wisata lainnya. Beragam aktivitas bisa kamu lakukan di danau ini. Mulai dari bermain becak air, memancing, hingga berkekliling danau dengan menggunakan boat.

7. Coban Cemoro Gading

Air Terjun Cemoro Gading memiliki lokasi yang mudah dijangkau. Seperti namanya, Coban Cemoro Gading terletak di dusun Cemorogading, Ngadirejo, Kecamatan Tutur. Kolam airnya yang enggak terlalu dalam juga membuat salah satu wisata Pasuruan ini relatif aman untuk benrenang maupun bermain air di sekitarnya. Fasilitas di Coba Cemoro Gading juga terbilang cukup lengkap mulai dari mushalla, kamr mandi, hingga tempat makan semuanya tersedia di kawasan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Bhakti Alam Pasuruan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh WISATA PASURUAN (@wisata_pasuruan) pada

Wisata Bhakti Alam atau Agrowisata Bhakti Alam bisa dikatakan sebagai eduwisata dengan menawarkan beragam fasilitas. Kawasan ini juga sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, terutama bersama si kecil. Banyak beragam kegiatan yang bisa kamu dan keluarga lakukan di kawasan wisata ini.

Diantaranya seperti berkeliling kebun dengan menggunakan kereta wisata mini, berkeliling ke taman bunga, memberi makan hewan, hingga berenang. Ada juga kegiatan outbound dan menunggang kuda.

Menariknya, desain dari wisata Bhakti Alam ini sangat unik. Salah satunya adanya spot taman dengan beragam patung berbetuk es krim dan belimbing yang berwarna-warni. Pastinya sangat cantik juga dijadikan spot foto.

Nah, untuk menikmati agrowisata ini, kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 50 ribu di hari biasa dan Rp. 55 ribu di akhir pekan atau hari libur. Kamu bisa mengunjungi Agrowisata Bhakti Alam di Jl. Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Pasuruan. Wisata ini dibuka dari hari Selasa - Minggu mulai dari jam 8 pagi sampai 3 sore.

3 dari 4 halaman

Wisata Kebun Kurma Pasuruan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tya Permatasari (@tyapermata) pada

Kebun kurma identik dengan negara Timur Tengah ya. Di Indonesia juga ada lho kebun kurma, tepatnya di daerah Pasuruan. Di Wisata Kebun Kurma Pasuruan ini kamu bisa menjumpai deretan ratusan pohon kurma yang berdiri di lahan seluas hampir 4 hektar.

Tak hanya deretan pohon kurma saja, di kawasan wisata Pasuruan ini juga tersedia beberapa spot foto menarik. Diantaranya yakni spot berbentuk sayap kupu-kupu, bulan sabit, pesawat terbang tua, dan masih banyak lagi spot foto menarik lainnya. Di Wisata Kebun Kurma juga tersedia ATV buat kamu yang ingin berkeliling tanpa harus berjalan kaki. Seru, ya.

Wisata menarik ini berada di desa Sukorejo. Biaya masuk wisata ini juga cukup terjangkau yakni Rp. 5 ribu saja. Tapi, harga ini belum termasuk biaya parkir dan fasilitas lainnya ya.

4 dari 4 halaman

Wisata Saygon Pasuruan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh amazing_pasuruan (@amazing_pasuruan) pada

Saygon Park ini bisa jadi wisata yang seru untuk menemani liburanmu di Pasuruan. Wisata ini juga snagat cocok sebagai destinasi berlibur keluarga. Saygon Park juga bisa dikatakan sebagai tempat wisata dengan paket lengkap. Karena, tak hanya menawarkan taman bermain, tapi sekaligus penginapan.

Wahana permainan di Saygon Park juga sangat beragam. Seperti water park, beragam water slide, simulasi penerbangan 3D, bioskop 6D, roller coaster, mini flying fox, dan flying chair.

Saygon Park sendiri berlokasi di Jl. Sengon-Bakalan, Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Kamu bisa mengunjungi wisata ini dari hari Selasa - Jumat mulai pukul 9.00 - 16.00 WIB dan hari Sabtu, Minggu, & High Season dari pukul 8.00 - 16.00 WIB.

Wisata Pasuruan memang banyak ragamnya. Sekarang, kamu bisa nih mulai menyusun rencana liburan ke Pasuruan!

Beri Komentar