10 Kota Tertua di Indonesia yang Wajib Kamu Datangi

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 24 Januari 2020 13:05
10 Kota Tertua di Indonesia yang Wajib Kamu Datangi
Beberapa dari kita masih belum mengetahui kota tertua yang berada di Indoensia, salah satunya adalah Banda Aceh.

Peradaban di Indonesia telah mencapai usia 75 tahun yang lalu. Seperti diketahui sejarah Indonesia pada zaman Kerajaan Kutai Kertanegara pada abad ke-3, setelah itu permukiman dan perdagangan pun berkembang pesat.

Dikutip dari berbagai sumber, usia kota-kota di Indonesia sudah mencapai ribuan tahun dan mendapat julukan sebagai kota yang berhasil di Indonesia. Kira-kira kota mana sajakah yang memiliki usia lebih dari setahun?

1 dari 10 halaman

Banda Aceh

Ilustrasi Kota Aceh © Diadona

Banda Aceh adalah ibukota Kesultanan Aceh Darussalam, salah satu kerajaan Islam yang paling awal datang ke Indonesia. Kota yang pernah di hanyam tsunami pada tahun 2004 ini lahir pada tanggal 22 April 1205, saat ini usia kota Banda Aceh mencapai 813 tahun.

2 dari 10 halaman

Palembang

Jembatan Ampera, Palembang © Diadona

Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota yang dijuluki 'Venesia dari Timur' ini dulunya pusat dari Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara. Kota yang lahir pada 16 Juni 682 Masehi ini sudah berumur 1336 tahun.

3 dari 10 halaman

Salatiga

Kota Salatiga © Diadona

Kota yang sudah ada sejak 750 Masehi ini menjadi kota tertua dengan dibuktikan dari Prasasti Plumpungan. Dengan begitu, usia Salatiga saat ini sudah mencapai 1.269 tahun. Nggak nyangka ya sudah setua itu.

4 dari 10 halaman

Kediri

Kota Kediri © Diadona


Menurut prasasti Hairinjing, tanggal 25 Maret 804 nama Kediri sudah di usulkan pada tahun tersebut yang akhirnya Kediri menjadi kota besar dan dikenal sebagai Kerajaan Panjalu lalu jadi kerajaan Kediri. Usia Kota Kediri saat ini sudah mencapai 1.214 tahun.

5 dari 10 halaman

Malang

Ilustrasi Kota Malang © Diadona

Malang menjadi salah satu kota Tertua di Indonesia sejak tahun 760 M. Usia kota Malang diperkirakan berusia 1255 tahun yang diperoleh melalui peninggalan prasasti Dinoyo sejak 1 Margasira 682 saka (28 November 760).

6 dari 10 halaman

Magelang

Candi Borobudur © Diadona

Magelang adalah kota kecil yang menawan, terletak di Provinsi Jawa Tengah yang berdiri pada tanggal 11 April 907 Masehi, usianya saat ini sudah mencapai 1.113 tahun. Kota Magelang menjadi terkenal karena keberadaan Candi Borobudur yang dikenal hingga mancanegara.

7 dari 10 halaman

Surabaya

Ilustrasi Kota Surabaya © Diadona

Tanggal 31 Mei 1293 adalah momen di mana Raden Wijaya (raja pertama Majapahit) meraih kemenangan atas pasukan Mongol yang datang menyerang Jawa. Kota ini tumbuh besar terutama semenjak dikuasi Hindia-Belanda karena pelabuhannya yangbegitu ramai.

8 dari 10 halaman

Probolinggo

Ilustrasi gunung bromo © Diadona

Probolinggo erletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di tapal kuda pulau Jawa bagian pesisir utara. Kawasan yang berada di tepi pantai ini lahir pada tanggal 4 September 1359 yang saat ini usianya sudah mencapai 660 tahun. Wisata yang terkenal di Probolinggo adalah Gunung Bromo.

9 dari 10 halaman

Cirebon

Ilustrasi Kota Cirebon © Diadona

Sebagai kota di daerah pesisir, Cirebon berawal dari sebuah desa dan pelabuhan kecil bernama Muara Jati. Tanggal berdiri kota udang ini pada tanggal 31 Desember 1388.

10 dari 10 halaman

Bogor

Ilustrasi kota Bogor © Diadona

Pada zaman Belanda, kota ini disebut sebagai Buitenzorg. Namun saat ini orang lebih mengenalnya kota Bogor yang dikenal sebagai ibukota Kerajaan Pajajaran dengan rajanya Prabu Siliwangi. Usia kota Bogoe saat ini menginjak umur 537 tahun.

Apakah kota tempat tinggalmu menjadi salah satu kota tertua di Indonesia?

Beri Komentar