10 Bangunan Kuno Aestetik di Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 24 Januari 2020 12:57
10 Bangunan Kuno Aestetik di Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi
Berlibur sambil menjelajah sejarah dibalik terciptanya bangunan-bangunan kuno itu seru, loh!

"Jangan sesekali meninggalkan sejarah," Bung Karno.

Situs-situs bersejarah yang menyimpan banyak cerita bisa menjadi wish-list untuk liburanmu nanti. Nggak kalah seru, kok sama wisata modern lainnya. Ada rekomendasi tempat-tempat di dunia yang memiliki bangunan tua kokoh meski sudah berdiri berabad-abad yang lalu.

Bermain dengan aneka wahana menguji adrenalin memang seru, tapi nggak ada salahnya mencoba jalan-jalan dan dibuat kagum dengan kokohnya banguna-bangunan tua di bawah ini seperti yang dikuti dari berbagai sumber berikut ini. Nggak cuma puluhan tahun, tapi mereka sudah lebih dulu ada di bumi hingga berabad-abad sebelum kamu lahir. Selain itu juga menjadi saksi bisu dari peradaban manusia.

1 dari 10 halaman

Tembok Besar China - Tiongkok, China

Ilustrasi Tembok China © Diadona

Buat bangunan yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi ya. Bahkan ada pepatah untuk meraih ilmu sampai ke Negeri China yang terkenal akan bangunan tembok panjangnya ini. Panjang dari tembok ini mencapai 5.500 mil dan hampir 8.852 kilometer, loh! Berdiri selama 2.410 tahun yang sebenarnya sudah mulai dikonstruksi di abad ke-5 SM dan berakhir pada abad ke-16 SM. Wah, cukup lama ya dan nggak mengherankan dengan hasilnya yang menakjubkan.

Hingga sekarang tembok raksasa China ini disebut sebagai struktur terbesar yang dibuat untuk tujuan pertahanan. Meskipun tumpukannya banyak tapi tembok ini dibangun dengan ketinggian yang rendah. Bahkan nyari tidak terlihat dari orbit rendah di sekitar bumi. Meski begitu, kamu perlu menyiapkan cukup banyak tenaga juga untuk melewatinya.

2 dari 10 halaman

Todaiji-Nara - Jepang

Ilustrasi Todaiji Nara Jepang © Diadona

Landmark andalan kota Nora ini berbentuk kuil yang sangat terkenal di Jepang. Kuil tua di Jepang ini berdiri selama 1250 tahun dan dibangun pada 754 Masehi. Arti dari namanya dalam bahasa jepang adalah Kuil Besar Timur. Hebatnya nih, seluruh bangunan ini terbuat dari kayu, loh!

Selain menjadi kuil tua di Jepang, patung Buddha yang ditempatkan di dalam kuil juga menjadikannya populer. Bahkan saat membuatnya meraup semua produksi perunggu yang ada di Jepang saat itu dan menyebabkan Jepang hampir bangkrut. Sayangnya, kuil ini sudah pernah terkena musibah seperti kebakaran. Jadi bentuk kuil yang sekarang hanyalah sepertiga dari ukuran sebenarnya.

3 dari 10 halaman

Menara Miring Pisa - Roma, Italia

Ilustrasi Menara Pisa © Diadona

Pernah menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia, Menara Miring Pisa ini sebenarnya adalah Menara Lonceng Duomo di Pisa. Menara ini berdiri selama 638 tahun yang mulai dibangun pada 1.172 M. Proses pembuatannya juga tidak sebentar, butuh selama 199 tahun. Sejak awal pembangunannya menara ini sudah mulai tenggelam ke lantai. Awalnya sudut 5,5 kemudian bersandar ke 3,99 derajat. Inilah yang menjadi keajaiban para arsitek dunia.

4 dari 10 halaman

Pantheon - Roma, Italia

Ilustrasi Pantheon - Roma, Italia © Diadona

Italia nggak cuma terkenal akan Menara Miring Pisanya sebagai bangunan tua yang menakjubkan. Tapi juga ada Pantheon yang sudah berdiri selama 1884 tahun. Roma terkenal akan indahnya bangunan dan rumah-rumah ikonik kaya cerita sejarah dibaliknya. Jadi, nggak heran kalau ada Pantheon yang dibangun pada tahun 126 M dengan tinggi 190 kaki dan lebarnya mencapai 276 kaki. Kuno dan aestetik, bangunan ini dibangun untuk menghormati semua dewa Roma kuno.

Pentheon memiliki bukaan tengah sebagai tempat cahaya masuk yang disebut dengan Oculus. Fitur paling mengesankan di dalamnya ada Rotunda yang beratnya mencapai 4.535 ton. Di sana juga ada sebuah lemari besi surga, loh!

5 dari 10 halaman

Katedral Notre Dame - Paris

Ilustrasi Katedral Notre Dame - Paris © Diadona

Kalau kamu bertujuan traveling ke Paris, nggak cuma Menara Eiffel yang wajib dikunjungi. Kamu harus mencoba menjelajah katedral Notre Dame yang merupakan hasil terindah dari arsitektur terkenal Gothic Perancis di Eropa. Bangunan tua ala kerajaan ini berdiri selama 665 tahun yang selama masa revolusi perancis banyak mengalami penderitaan. Sekarang ini bangunan megah ini menjadi rumah bagi Uskup Agung Paris. Bahkan film dari " The Hunchback of Notre Dame" terinspirasi dari gedung tua ini.

6 dari 10 halaman

Candi Borobudur - Indonesia

Candi Borobudur © Diadona

Kalau kamu belum sempat berkeliling dunia untuk mendatangi bangunan-bangunan tua tersebut, kamu bisa memulainya dari yang ada di Indonesia. Bahkan bangunan yang ada di Magelang, Jawa Tengah ini juga pernah masuk di tujuh keajaiban dunia. Harta karun milik Indonesia ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia, wow!

Kuil Buddha yang sampai sekarang tujuannya dibangun masih menjadi misteri ini seiring berjalannya waktu menjadi tempat ziarah umat Buddha di seluruh dunia. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menjadikannya destinasi wisat yang memanjakan mata. Candi ini mulai dibangun pada abad ke-9 atau pada saat pemerintahan dinasti Syailendra. Selesainya pada 800 Masehi yang mana sudah berdiri selama 1.210 tahun. Bangunannya melingkar dan dikeliling stupa-stupa membuat ia terlihat cantik dan unik. Apalagi kalau kamu mau memburu sunrise di sana, siap-siap dibuat takjub ya!

7 dari 10 halaman

Candi Prambanan - Indonesia

 

Candi Prambanan © Diadona

Selain Candi Borobudur, nggak lengkap rasanya kalau kamu nggak berkunjung ke candi yang punya cerita sejarah cukup kelam ini. Legenda Roro Jonggrang bukanlah cerita asing yang menyapa telinga kita selama ini. Setelah itu candi ini dijadikan tempat pemujaan untuk Dewa Siwa, yaitu dewa pelebur atau perusak yang meleburkan segala sesuatu yang usang atau tidak layak di dunia fana ini. Sehingga harus dikembalikan kepada asalnya. Sayangnya, kini bangunan candi tidak sebanyak 999 seperti yang diminta Roro Jonggrang pada saat itu kepada Bandung Bondowoso karena sudah banyak yang rusak akibat meletusnya Gunung Merapi.

Candi ini juga dikenal sebagai Kompleks Seribu Candi yang bangunan utamanya memiliki tinggi 47 meter sebagai tandingan Candi Borobudur. Hal ini menandakan kejayaan Hindu dan redupnya Kerajaan Buddha di Indonesia. Candi yang terletak di Yogyakarta ini diakui sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus terindah di Asia Tenggara oleh UNESCO.

8 dari 10 halaman

Lawang Semu - Semarang, Indonesia

Ilustrasi Lawang Sewu © Diadona

Bangunan tua peninggalan kolonial Belanda ini berdiri di Semarang, Jawa Tengah yang dibangun oleh C.G. Citroen pada tahun 1904 dan selesai di tahun 1919. Lawang Sewu juga pernah menjadi penjara terkejam, loh saat Jepang menjajah Indonesia. Disebut Lawang Sewu karena memiliki banyak pintu dan tidak semua pintu terbuka. Jadi, ada lebih dari 1.200 daun pintu yang mana beberapa pintu memiliki dua atau empat daun pintu. Namun, hanya ada 429 buah lubang pintu.

Lawang Sewu ini terkenal juga karena aura horonya yang mencekam bahkan ada film Indonesia yang terinspirasi dengan judul Lawang Sewu. Bahkan, ia menjadi bangunan paling angker kedua se-Asia setelah yang ada di Hongkong. Dulunya, gedung ini dijadikan kantor oleh Nederland-Indische Spoow=rweg Maatschappij atau NIS. Selain itu di dalamnya juga ada sumur tua, lorong-lorong panjang, lokasi penjara berdiri yang kejam, penjara jongkok dan sudut-sudut lainnya yang terkenal angker.

9 dari 10 halaman

Gedung Sate - Bandung, Indonesia

Ilustrasi Gedung Sate © Diadona

Apa yang terbayang dengan nama Gedung Sate? Bentuknya seperti sate? Oh, tentu tidak. Gedung yang ada di Bandung, Jawa Barat ini dibangun tahun 1920 dan dikenal sebagai Gedung sate lantaran mempunyai ciri unik di dalamnya. Terdapat ornamen enam tusuk sate yang ada di atas menara sentral sebagai lambang 6 juta Gulden yang dipakai untuk membangunnya. Gedung yang besar dan kokoh ini menjadi pusat pemerintahan Kota Bandung.

Dengan arsitekturnya yang megah, butuh sebanyak 2.000 pekerja untuk membangunnya, loh. Nggak cuma dari Indonesia tapi juga dari berbagai etnis yang turut membangun, termasuk 150 tukang kayu dan pemahat batu terampil dari China.

10 dari 10 halaman

Kastil Hohensalzburg - Salzburg, Austria

Ilustrasi Hohensalzburg © Diadona

Nuansa kerajaan yang membuatmu seperti berada di negeri dongeng bisa kamu rasakan saat menjajalkan kaki di Kastin Hohensalzburg. Didirikan mulai tahun 1077 dan abad-abad mendatang melihat ekspansi dalam ukuran awal yang kelilingi oleh dinding kayu. Bangunan kuno ini memiliki panjang 820 kaki dan lebar 492 kaki. Bangunan ini juga mendapatkan kehormatan menjadi salah satu kastil terbesar di Eropa pada abad pertengahan.

Wah, meski kuno tapi nggak keindahannya nggak luntur kan? Malah jauh lebih indah dan kaya nilai sejarah. Kamu mau pilih yang mana nih untuk dikunjungi?

Beri Komentar