Suka Menunda-nunda? Coba Ikuti Pomodoro Technique Berikut

Reporter : Mila
Selasa, 21 Januari 2020 11:30
Suka Menunda-nunda? Coba Ikuti Pomodoro Technique Berikut
Coba teknik ini dijamin anti mager-mager club.

'Mager' adalah kata yang sedang tren diucapkan khususnya bagi para millennial. Mager biasanya merujuk pada sifat suka menunda-nunda sesuatu, dari yang terkecil seperti aktifitas sehari-hari, sampai yang besar seperti pekerjaan rumah atau tugas kantor. Tapi tenang, ada teknik yang bernama Pomodoro Technique. 

1 dari 4 halaman

Teknik ini pertama sekali dicetuskan pada tahun 1980 oleh seorang pemilik perusahaan konsultan bernama Francesco Cirillo. Saat masa kuliah, ia menyadari bahwa seharusnya ia menyelesaikan tugas dengan cara kerja yang lebih cerdas, bukan lebih keras.

Didasari pada kesadaran tersebut, Francesco mulai menggunakan tomato (Pomodoro) timer, di mana ia melacak waktu yang digunakan selama mengerjakan tugas, lalu memberi penghargaan berupa break time pada dirinya sendiri. Teknik inilah yang kemudian lebih dikenal sebagai Pomodoro Technique.

Pomodoro Technique © Diadona

 

2 dari 4 halaman

Jika kamu merasa aktifitas yang kamu lakukan kurang efektif atau memiliki kebiasaan menunda, kamu bisa melakukan Pomodoro Techinique. Cukup memperhatikan 6 keyconcept dari teknik ini.

Pertama, susun to-do list dari kegiatan atau tugas yang akan kamu jalankan di masa yang akan datang.
 
Kedua, siapkan timer-mu. Siapkan waktu selama 25 menit pada timer-mu sebagai acuan dalam mengerjakan tugas yang sudah kamu pilih di awal.
 
Ketiga, mulailah bekerja. Lakukanlah tugasmu secara santai dan tidak terburu-buru sampai timer berdering.

3 dari 4 halaman

Keempat, beri checklist pada aktifitas yang sudah kamu lakukan.
 
Kelima, beri waktu bagi dirimu untuk istirahat setidaknya selama 5 menit. Poin yang satu ini merupakan bagian terpenting dari Pomodoro Technique. 
 
Terakhir, kamu bisa mengulangi langkah-langkah tersebut sampai kamu menyelesaikan seluruh tugas yang ada pada to-do list. Ingatlah untuk mengambil waktu istirahat yang lebih lama saat kamu telah mengulangi Pomodoro Technique selama 4 kali. 

4 dari 4 halaman

Cara ini terbilang ampuh untuk kamu yang sering merasa kewalahan akan aktifitas yang banyak sehingga terus menunda. Padahal, kalau kamu lebih bijak lagi dalam menyusun daftar prioritas, kamu bisa mengerjakan tugasmu satu per satu dengan hasil yang maksimal.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengubah kebiasaan menundamu dengan Pomodoro Technique?

Beri Komentar