Sering Disakiti Pacarmu Secara Emosional? Lakukan 7 Cara Ini Tanpa Adu Fisik

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 31 Januari 2020 12:39
Sering Disakiti Pacarmu Secara Emosional? Lakukan 7 Cara Ini Tanpa Adu Fisik
Di luar hubungan yang sempurna, kemungkinan perasaanmu akan terluka karena pasanganmu yang menyakitimu secara emosional.

Dalam hubungan, normal kalau ada ketidakcocokan dalam berkomunikasi ataupun bertindak, apalagi kamu mendapatkan pasangan yang memiliki emosional cukup tinggi. Tentu saja itu akan menjadi tugas buatmu saat tidak sengaja membuat kesalahan, seperti saat kamu berdebat dengannya di setiap jam, mungkin kamu harus mempertimbangkan kembali hubungan kalian. Namun, berdebat sebenarnya adalah tanda hubungan yang sehat.

Dilansir dari Lovepanky, kalau kamu ingin mempertahankan hubunganmu dengan pasangan, diantara kalian harus ada yang mengalah agar tidak semakin runyam. Tapi, kalau dia udah tau apa yang di lakukannya adalah salah dan tidak berubah, kamu harus melakukan solusi lain saat pacarmu menyakitimu secara emosional dan kamu ingin menjalani hubungan yang sehat.

Mungkin kamu bisa mencoba beberapa hal dibawah ini, saat menghadapi pasanganmu yang menyakitimu secara emosional tanpa melakukan adu fisik ataupun lainnya.

1 dari 6 halaman

Katakan Bahwa Perasaanmu Terluka

Sad Couple © Diadona

Saat pacarmu menyakitimu secara emosional, tapi kamu nggak menyampaikan, bagaiman ia tau perasaanmu saat itu juga? Mungkin cuma kamu yang tau perasaanmu saat ini, tapi pasanganmu tidak akan tau. Cara satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyampaikan kepada pasanganmu, bahwa perasaanmu terluka karena perkataannya yang begitu menyakiti hati.

Duduklah dan bicarakan dengannya, katakan yang sejujur-jujurnya atas perasaanmu yang telah disakitinya dan jelaskan alasannya. Dengan begitu ia akan bisa mengoreksi kesalahan yang telah di perbuat dan dia harus menempatkan dirinya pada posisimu.

2 dari 6 halaman

Jangan Bertindak Pasif-Agresif

Pasif-Agresif © Diadona

Bertindak pasif-agresif tidak akan menyelesaikan situasi, namun sebaliknya saat emosi yang begitu memuncak dalam dirinya, dan kamu tidak ingin berada di titik untuk dibentak oleh pasanganmu. Maka itu tidak adil bagi siapapun, selesaikan masalah kalian dengan kepala dingin, karena pastinya kalian ingin melanjutkan hubungan dengan baik-baik.

3 dari 6 halaman

Biarkan Dia Meminta Maaf

Ilustrasi minta maaf © Diadona

Setelah menyampaikan perasaanmu yang sudah disakitinya, kamu juga harus menjelaskan kepada, kenapa kamu melakukan hal tersebut, dan beri kesempatan kepada pasanganmu untuk meminta maaf. Kalau perlakuan atau perkataan yang dilakukannya benar-benar buruk, dia akan mengerti dan melakukan minta maaf secara langsung karena sudah menyakitimu.

4 dari 6 halaman

Berikan Dia Waktu Untuk Menjelaskannya

Talking © Diadona

Saat pasanganmu melakukan kesalahan karena telah menyakitimu secara emosional, kamu juga harus memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan kenapa ia melakukan hal tersebut. Mungkin saja dia melakukan itu karena adanya miskomunikasi diantara kalian, sehingga ia tidak tau melakukan cara apa yang membuatmu merasa sakit sakit.

Dengan mendengarkan penjelasannya, tentu semuanya akan menjadi baik-baik saja dan menjadi pelajaran kedepannya, agar pacarmu tidak menyakitimu lagi.

5 dari 6 halaman

Jangan Berteriak

Berteriak © Diadona

Saat menyelesaikan masalah jangan melakukannya dengan berteriak atau membentak, karena dengan melakukan hal tersebut jadinya tidak menyelesaikan masalah malah menambah masalah. Apalagi kalau pacar kamu yang ngebentak, hmm jangan coba-coba untuk membalas dengan bentakan, karena mungkin ia akan main fisik denganmu.

6 dari 6 halaman

Evaluasi Hubungan Kalian

Evaluasi hubungan © Diadona

Kalau kamu telah melakuakn semuanya seperti cara diatas dengan berkali-kali, coba pikirkan hubungan dengan matang-matang, dan kalau kalian tidak belajar dari kesalahan atau masih melakukan ini dengan sengaja, apakah kamu bisa mempertahankan seseorang laki-laki tersebut di hidupmu nanti? Karena melukai secara emosional adalah bentuk pelecehan yang tidak pantas kamu dapatkan.

Mungkin kamu pernah mengalami hal ini, apa yang kamu lakukan saat menghadapi pacarmu yang menyakitimu secara emosional selain cara diatas? Coba beri komentar dibawah ini.

Beri Komentar