Sejarah di Balik Perayaan Tahun Baru Imlek

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 27 Januari 2020 19:48
Sejarah di Balik Perayaan Tahun Baru Imlek
Tahun Baru Imlek dimulai pada 25 Januari dengan festival 15 hari perayaan liburan terpenting Cina. Bagaimana itu bisa menjadi peristiwa yang sangat penting? Jawabannya berabad-abad yang lalu.

Liburan itu berasal dari kalender bulan Cina, itulah sebabnya kamu akan sering mendengarnya juga disebut sebagai Tahun Baru Imlek. Keberadaan kalender itu sudah ada sejak abad ke-14 SM sebelum Dinasti Shang. Tidak seperti kalender Barat, kalender Cina bergeser, kalender itu disetel ulang setiap kali seorang kaisar baru mengambil kendali. Karena sering diatur menurut fase bulan dan soltis matahari, perayaan Tahun Baru Cina bervariasi setiap tahunnya.

1 dari 5 halaman

15 Hari Perayaan

Rata-rata, Tahun Baru Cina dimulai dengan kedatangan bulan baru yang terjadi antara akhir Januari dan akhir Februari. Itu berlangsung sampai Festival Lentera, yaitu saat bulan purnama terjadi di tempat itu. Ini bisa memakan waktu sekitar 15 hari, yang memberi semua orang banyak waktu untuk perayaan.

2 dari 5 halaman

Amplop Merah

Secara tradisional, amplop merah berisi uang diberikan selama perayaan Tahun Baru Imlek, sebuah kebiasaan yang kembali ke zaman kuno. Namun, asal usul tradisi ini bervariasi bergantung pada siapa kamu bertanya. Menurut University of California, Irvine , salah satu sumber populer adalah legenda seorang anak yatim piatu yang, selama Dinasti Sung, memenangkan pertempuran melawan iblis besar yang meneror desa Chain-Chieu. Sebagai hadiah, para tetua desa memberi anak itu sebuah amplop merah penuh uang. Apa pun alasannya, amplop merah adalah bagian integral dari Tahun Baru Cina hingga hari ini.

3 dari 5 halaman

Petasan

Petasan adalah bagian besar lainnya dari Tahun Baru Cina. Penulis ShaoLan Hsueh berbagi kisah di balik praktik ini. Seorang peri, yang menyamar sebagai seorang lelaki tua, menyelamatkan sebuah kota dari monster mengerikan dengan melemparkan batang bambu ke api unggun. Ledakan yang dihasilkan oleh bambu membuat monster itu ketakutan. Akibatnya, petasan pada perayaan Tahun Baru Imlek bermakna menangkal roh-roh jahat di masa lalu.

4 dari 5 halaman

Pangsit dan Nian Gao

Sebagian besar liburan melibatkan pesta, dan Tahun Baru Cina tidak berbeda. Pangsit dan Nian Gao (atau niangao), sebuah kue yang dibuat dengan nasi ketan, menjadi bagian dari pesta tahun baru. Kue tidak hanya dikonsumsi saat perayaan, tapi juga acara keluarga untuk membuatnya. Tradisi ini dimulai di Cina utara. Berbentuk seperti bulan sabit atau bola, pangsit dianggap menyerupai uang Tiongkok kuno dan membawa keberuntungan ke rumah seseorang. Sementara orang makan Nian Gao sepanjang tahun, itu dikenal sebagai Kue Tahun Baru Cina.

5 dari 5 halaman

Pengharapan yang Tinggi

Menurut Northwest Asian Weekly, seorang sarjana Cina abad ke-17 bernama Liu Tong menunjukkan bahwa Nian Gao adalah “ homonim untuk 'menjadi tinggi dengan harapan tinggi setiap tahun.” Siapa yang tidak ingin memasuki tahun baru dengan sikap positif, bukan?

Beri Komentar