Satu Kantor dengan Mantan? Ikuti 4 Tips Berikut Agar Kerjamu Tetap Kondusif

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 23 Januari 2020 17:00
Satu Kantor dengan Mantan? Ikuti 4 Tips Berikut Agar Kerjamu Tetap Kondusif
Yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kecanggungan saat kamu satu kantor dengan mantan.

Dunia kerja dan asmara adalah dua ranah yang berbeda. Satu ranah publik dan satu ranah privat. Namun bagaimana kalau kamu terlanjur menciiptakan irisan di dua ranah tersebut seperti, putus dengan rekan satu kantor yang pernah jadi pasanganmu?

Di satu sisi kamu harus tetap profesional untuk memastikan keberlangsungan pekerjaanmu. Namun di sisi lain, pasti ada faktor perasaan yang sulit untuk dihilangkan. Rasa canggung sedikit banyak pasti muncul. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir dari Allwomenstalk (23/01), berikut adalah tips menjaga kondusivitas pekerjaan saat kamu satu kantor dengan mantan.

1 dari 4 halaman

1. Bicarakan di depan

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kecanggungan saat harus berada di satu tempat kerja bersama mantan adalah dengan membicarakannya di depan. Sebelum hubungan resmi berakhir, sempatkan untuk membicarakan tentang batas wajar interaksi yang kalian lakukan di tempat kerja. Tegaskan bahwa hubungan kalian sudah berakhir dan semua interaksi setelahnya adalah murni sebagai rekan kerja. Langkah dewasa seperti ini akan menghindarkan dari konfrontasi di kemudian hari.

2 dari 4 halaman

2. Fokus pada pekerjaan

Ilustrasi pasangan bekerja © Diadona

Pekerjaan adalah pekerjaan. Hanya itu yang harus kamu beri fokus lebih saat berada di tempat kerja. Salurkan pikiran dan tenagamu pada kewajiban sehingga dapat mengalihkan perhatian dari keberadaan mantan di ruangan yang sama. Selalu ingat bahwa ada banyak orang yang bekerja keras di luar sana yang bisa saja menggantikan posisimu sekarang kalau kamu sedikit saja lengah. Cukup punya mantan kekasiih, kamu nggak mau jadi mantan pegawai juga kan?

3 dari 4 halaman

3. Diam itu emas

Ilustrasi perempuan diam © Diadona

Setelah berakhirnya hubungan kamu pasti punya dorongan yang besar untuk menceritakan segala detil hubunganmu tersebut pada semua orang yang kamu temui. Namun, ingatlah untuk selalu menjaga emosimu. Jangan lempar hal-hal buruk tentang mantanmu pada rekan kerja karena hal tersebut nggak akan membuatmu berada di posisi yang lebih baik. Aura negatif yang kamu tularkan juga bisa tersebar ke seluruh ruangan di kantor sehingga mempengaruhi kinerja keseluruhan. Menghambat alur kerja karena masalah pribadimu tentu bukan hal yang bagus untuk dilakukan.

4 dari 4 halaman

4. Sesuaikan ulang kebiasaanmu

Sepenuhnya menghindari mantan yang satu ruangan kantor denganmu adalah hal yang mustahil. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melakukan sedikit penyesuaian ulang terkait kebiasaanmu di kantor. Misal, kamu selalu makan siang di pukul 13:00, yang mana itu adalah waktu yang sama dengan waktu makan siang mantanmu. Ambil waktu lebih awal atau lebih lambat. Selain itu penyesuaian kecil lain seperti rute jalan atau waktu membuat kopi di pantry bisa menghindarkan dari interaksi canggung dengan mantan yang bisa merusak waktu istirahat.

Beri Komentar