Saling Tahu Password Pasangan, Penting Nggak Sih?

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 31 Desember 2019 15:52
Saling Tahu Password Pasangan, Penting Nggak Sih?
Keterbukaan dalam hubungan sampai ke ranah saling tahu password. Baik nggak ya?

Setiap hubungan idealnya punya batas-batas yang disepakati bersama. Entah itu batas fisik, batas emosi, atau batas di antara keduanya, masing-masing dari kamu sama-sama punya hak untuk merasa nyaman.

Bicara kemajuan teknologi, ada satu batasan yang perlu kamu dan pasangan sepakati, yakni tentang penting nggak sih untuk pasangan saling tahu password masing-masing? Apakah hal itu perlu? Gimana pertimbangan baik dan buruknya?

"Sebenarnya nggak ada batasan jelas kalau kita bicara tentang kesepakatan dalam suatu hubungan. Seaneh apapun orang luar melihatnya, selama kamu dan pasangan menyepakatinya ya boleh saja," tutur Erika Ettin--pendiri dan CEO website kencan online A Little Nudge--kepada Elite Daily (13/12).

1 dari 4 halaman

Seperti kamu ketahui, kamu dan pasangan tetaplah dua individu terpisah yang punya hak atas privasi masing-masing. Hubungan kalian sebagai sepasang kekasih idealnya memperkuat privasi itu karena adanya rasa saling pengertian, bukannya justru meleburkan.

" Kecuali kamu dan pasangan punya satu akun yang dipakai berdua, aku rasa nggak penting untuk membagi password masing-masing karena privasi tetaplah hal yang penting," terang Julia Spira, praktisi online dating.

2 dari 4 halaman

Menurut Spira kalaupun pada akhirnya kamu dan pasangan saling membagikan password, hal itu harus terjadi secara natural dan penuh kerelaan dari kedua belah pihak, tanpa paksaan.

" Saling tahu password pasangan nggak akan membuat kamu merasa dimata-matai kalau kamu dan pasangan sama-sama punya rasa saling percaya," ujar Spira lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Hal yang dikatakan oleh Spira senada dengan Ettin tentang pentingnya mengetahui dasar apa yang digunakan sebelum saling tau password masing-masing.

" Dalam hal berbagi password, yang paling penting adalah kamu dan pasangan sama-sama tahu alasan di balik tindakan itu," lanjut Ettin.

Menurut penjelasan Ettin, kebijakan untuk saling tahu password ini nggak baik kalau terjadi atas dasar rasa curiga. Misal, kamu melihat gerak-gerik aktivitas yang mencurigakan yang dilakukan pasanganmu di gawainya seperti selalu mematikan ponsel saat bersama kamu atau menerapapkan sistem password berlapis.

" Kalau kamu ingin tahu password pasanganmu karena rasa curigamu, maka ada masalah lebih bbesar yang harus kalian berdua rundingkan dulu. Kenapa kamu bisa nggak percaya pada pasanganmu?" ujar Ettin.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi pasangan main tablet © Diadona

Nggak ada satu cara khusus untuk berhubungan dan menjaga privasi di dalamnya. Selama kamu dan pasangan merasa nyaman dengan batas-batas yang sudah kalian sepakati dan terapkan, berarti kalian sudah menjalankannya dengan tepat. Jadi, seperti kata para pakar di atas, kalau kamu ingin membangun batas baru yang didasari oleh rasa curiga, lebih baik fokus untuk membenahi kecurigaanmu itu terlebih dulu. Kamu dan pasangan berhak untuk bahagia dan salling percaya, terlepas dari kalian saling tahu password masing-masing atau nggak.

Beri Komentar