Rasa Cemburu Bisa Mencapai Tahap Ekstrem, Begini Cara Menghindarinya

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 14 Juni 2022 14:15
Rasa Cemburu Bisa Mencapai Tahap Ekstrem, Begini Cara Menghindarinya
Cemburu nggak selamanya bukti cinta, bisa jadi malah perwujudan obsesi.

Bicara soal hubungan asmara, pasti nggak bisa dilepaskan dari perasaan cemburu. Kecemburuan menjadi salah satu pengalaman emosional yang terasa menyakitkan dan sulit dikendalikan.

Kadang, cemburu bisa disertai dengan rasa curiga, khawatir, bahkan kemarahan. Sebuah penelitian bahkan menyebut jika kecemburuan yang nggak terkendali bisa memicu depresi pada seseorang.

Rasa cemburu yang ekstrem bisa membawa perilaku jadi merusak hingga agresif. Lantas, seperti apa cara menghindari atau mengendalikan rasa cemburu agar nggak berubah semakin ekstrem? Melansir dari Insider, berikut tips yang bisa kamu ikuti.

1 dari 4 halaman

1. Bangun komunikasi tanpa memberikan tuduhan

Ilustrasi Pasangan Ngobrol SeriusIlustrasi Pasangan Ngobrol Serius © shutterstock.com/g/GaudiLab

Jika kamu sedang dilanda cemburu, nggak ada salahnya untuk membicarakannya pada pasangan. Coba untuk menanyakan secara terbuka dan dengarkan tanggapannya.

Perasaan cemburumu mungkin berbeda dengan kenyataan yang terjadi, itulah sebabnya menyampaikan perasaan tersebut harus dilakukan hati-hati agar nggak menyebabkan pergolakan dalam hubungan. Sebelum membiarkan emosi meledak-ledak karena cemburu, sebaiknya pikirkan lagi bagaimana kamu mau diperlakukan sat berkomunikasi dalam hubungan.

2 dari 4 halaman

2. Belajar untuk mengontrol emosi lewat jurnal

Ilustrasi Menulis JurnalIlustrasi Menulis Jurnal © shutterstock.com/g/Rawpixel

Penelitian menyebut jika memvisualisasikan atau menulis tentang perasaan sebenarnya bisa membantu seseorang untuk mengatur emosi. Cara ini juga bisa kamu praktikkan untuk menghindari kemungkinan terbentuknya rasa cemburu yang ekstrem.

Jika rasa cemburu melanda, kamu jika bisa membayangkan pelukan hangat dari pasangan. Alih-alih memperkuat emosi negatif, sebaiknya luangkan waktu sejenak dan biarkan rasa tenang dan kehangatan menyelimuti perasaanmu.

3 dari 4 halaman

3. Atasi trauma masa lalu bersama pihak profesional

Ilustrasi Konsultasi dengan DokterIlustrasi Konsultasi dengan Dokter © shutterstock.com/g/bennnn

Kecemburuan berlebih terhadap pasangan juga bisa terjadi akibat trauma masa lalu. Jika hal ini jadi pemicunya, maka cara mengatasinya yakni dengan melakukan konsultasi dengan pihak profesional.

Kamu bisa menjalani terapi untuk membangun kembali rasa percaya dan aman terhadap orang lain. Terapi juga akan membantu kamu memproses ulang segala macam emosi yang memengaruhi perilakumu. Dengan penanganan yang tepat, kecemburuan bisa kamu atasi dengan komunikasi dan pengaturan emosi yang lebih baik.

Beri Komentar