Pria Murung Lebih Menarik Untuk Wanita, Memang Iya?

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 3 Januari 2020 16:46
Pria Murung Lebih Menarik Untuk Wanita, Memang Iya?
Benarkah ekspresi murung pria lebih "laku" dibanding senyum?

Sudah jadi hal umum kalau tersenyum diposisikan sebagai sesuatu yang positif. Banyak hal baik disebut bakal datang kalau kamu suka tersenyum. Orang pun nggak akan segan untuk berinteraksi dengan kamu karena senyum diidentikkan dengan keramahan dan keterbukaan dalam bersosialisasi. Meski begitu, tau nggak sih kalau ada hasil riset yang nggak sejalan sama common sense ini?

1 dari 3 halaman

Hasil berdasarkan riset

Riset ekspresi © Diadona

Riset dilakukan dengan mengambil sampel 542 perempuan muda dan wanita dewasa heteroseksual di Kanada dengan cara menunjukkan kepada mereka empat foto pria dengan ekspresi berbeda-beda; senang, bangga, malu, dan netral. Setelah itu, mereka diminta untuk memberi rating 1-9 pada tiap foto.

Hasilnya, para wanita dewasa secara konsisten memberi rating baik untuk ekspresi bangga, yakni dengan rataan rating 4-5. Espresi senang justru mendapat rating rata-rata lebih rendah satu poin. Hal lebih esktrim ditunjukkan hasil dari perempuan muda yang menempatkan ekspresi senang di posisi paling bawah.

2 dari 3 halaman

Disebabkan oleh stereotip

Disinyalir, hal ini disebabkan oleh stereotip yang sudah terlanjur subur di mana senyuman pria identik dengan perilaku feminim dan kurang dominan.

" Pada dasarnya, hasil penelitian ini muncul sebagai cermin dari norma gender dan nilai-nilai budaya tradisional yang sudah lama muncul," tutur Jessica Tracy, sosiolog Vancouver's University of British Columbia, sebagai pencetus riset saat dimintai keterangan oleh CBC.

3 dari 3 halaman

Aplikasi ke kehidupan sehari-hari

Ilustrasi laki-laki dan perempuan di bar © Diadona

Jadi sebenarnya gimana menerjemahkan hasil riset ini ke kehidupan nyata? Apa benar kamu para wanita lebih suka dengan pria yang nggak tersenyum?

Tentu saja nggak. Hasil riset tersebut nggak bisa ditelan mentah dan diterapkan begitu saja, karena pada akhirnya yang menentukan apakah senyuman akan menarik atau nggak adalah konteksnya. Di situasi seperti apakah si pria tersenyum?

Kalau kamu sedang ingin ngobrol dengan lawan jenis dalam rangka refreshing, tentu kamu bakal milih orang yang terlihat menyenangkan. Bagaimana cara termudah pria untuk menunjukkan dirinya menyenangkan? Ya dengan tersenyum.

Yah, memang kadang foto profil media sosial pria nggak tersenyum dan seolah menerawang ke arah yang entah ke mana itu terlihat lebih cool, tapi hal itu nggak bisa serta merta membuatnya jadi parameter minat wanita. Toh si pria-yang-foto-profilnya-nggak-senyum pasti juga punya foto-foto lain dengan ekspresi senyum yang bisa jadi juga sama-sama cool.

Jadi apakah pria murung lebih disukai wanita? Hmm, kayanya nggak juga deh~

Beri Komentar