Posesif Jadi Tanda Cinta, Yakin Nih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 31 Januari 2020 13:07
Posesif Jadi Tanda Cinta, Yakin Nih?
Apakah posesif jadi satu-satunya bukti jika pasanganmu benar-benar mencintaimu?

Awalnya banyak orang yang menganggap posesif sebagai bentuk cinta pada pasangan. Namun jika hal itu terus berlanjut, apakah cinta benar-benar ditunjukkan dengan sifat posesif?

Dikutip dari Exploring Your Mind, posesif erat kaitannya dengan kecemburuan, rasa takut, dan ketidakpercayaan pada pasangannya. Sedangkan cinta berkaitan dengan kepercayaan, kesediaan untuk berbagi, serta kenyamanan dalam berhubungan.

1 dari 2 halaman

Posesif seringkali ditandai dengan emosi negatif yang berbanding terbalik dengan cinta dan kepercayaan. Posesif bukan hanya tentang bagaimana ia mendominasi orang lain, namun juga ditandai dengan munculnya kecurigaan berlarut-larut pada pasangan.

Mungkin pada awalnya pasangan menunjukkan rasa cinta, namun kelamaan hubungan itu bisa terasa semakin mengarah pada kondisi negatif. Dikutip dari Elite Daily, berikut adalah tanda-tanda jika pasangan mulai bersikap posesif.

2 dari 2 halaman

Menjauhkanmu Dari Orang Lain

Cinta sejati bersifat inklusif, bukan ekskusif. Jika pasangan benar-benar mencintaimu, ia tentu tidak akan membatasi pergaulanmu.

Mengontrol Setiap Tindakanmu

Yang satu ini sudah mulai berlebihan, jika pasangan mengontrol setiap tindakan yang kamu lakukan. Misalnya ia melakukan kritik di depan umum tentang kesalahanmu, atau ada juga yang membelikanmu baju-baju baru karena tidak menyukai gaya fashionmu selama ini.

Hal ini seolah menunjukkan jika ia ingin 'memperbaikimu' sesuai apa yang diinginkannya.

Melanggar Privasi

Bagi sebagian orang mungkin hal ini biasa saja. Namun coba kamu perhatikan lebih lagi. Setiap orang berhak memiliki privasi, namun jika pasangan melanggar privasimu juga, apakah masih bisa disebut menghargai?


Kalau menurutmu tanda-tanda pasangan yang posesif seperti apa sih? Bagikan di kolom komentar ya!

Beri Komentar