Persahabatan Masa Remaja Bisa Pengaruhi Kebahagiaan Saat Dewasa, Makanya Jangan Ansos!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 23 Maret 2020 18:00
Persahabatan Masa Remaja Bisa Pengaruhi Kebahagiaan Saat Dewasa, Makanya Jangan Ansos!
Persahabatanmu saat remaja masih awet nggak nih?

Memiliki sahabat memang bisa menjadikan hidupmu lebih berwarna. Apalagi kalau kamu punya sahabat sejak masa remaja, tentu kamu dan sahabatmu pernah melakukan hal konyol yang nggak bisa dilupakan.

Namun, sepertinya banyak yang tidak mengetahui, bahwa hubungan pertemanan di masa muda selain memberikan kesenangan tersendiri, ternyata bisa memiliki efek luar biasa terhadap kestabilan mental lho.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Persahabatan © Diadona

Ada kabar gembira untuk kamu yang sudah memiliki sahabat karib sejak berusia kecil atau belia. Karena berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Virginia, orang yang memiliki sahabat baik sejak remaja memiliki kondisi mental yang jauh lebih sehat dibanding yang tidak.

Dalam kasus ini, penelitian dilakukan terhadap 169 orang yang berusia 15 hingga 25 tahun. Orang yang populer dan memiliki banyak teman saat remaja justru cenderung lebih rentan terserang depresi dan kegelisahan sosial ketika dewasa.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics yang melansir dari laman HealthDay News, menemukan bahwa orang-orang dewasa muda yang merasa lebih terhubung secara sosial dengan di rumah dan di sekolah semasa masa remajanya, ternyata memiliki kemungkinan 66 persen lebih kecil mengalami masalah secara sosial dan risiko kesehatan mental!

2 dari 2 halaman

Sedangkan kamu yang punya sedikit sahabat namun memiliki kedekatan emosi yang dalam, cenderung lebih bahagia dan memiliki gambaran diri yang lebih baik saat ketika dewasa. Hal ini dikarenakan dukungan dan perasaan positif yang diterima dari hubungan persahabatan tersebut.

Ilustrasi Persahabatan © Diadona

Dan yang terpenting, emosi positif ini dibangun tepat saat kamu memasuki fase pembentukan identitas sosial (remaja).

Ternyata persahabatanmu selama ini bisa menyelamatkanmu dari banyak hal negatif ya, guys. Jadi, bersyukurlah kalau kamu pernah punya hubungan pertemanan semasa remaja yang menyenangkan. Apalagi kalau masih mempertahankan sampai saat ini, tentu hidupmu akan selalu bahagia bukan?

Bagaimana pendapatmu tentang penelitian tersebut? Beri tanggapan di kolom komentar ya!

Beri Komentar