Olahraga Pagi Ternyata Bikin Produktivitas Kerja jadi Meningkat, Yuk Dicoba!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 19 Maret 2020 05:05
Olahraga Pagi Ternyata Bikin Produktivitas Kerja jadi Meningkat, Yuk Dicoba!
Pagi-pagi olahraga yuk, jangan malah males-malesan..

Biasanya nih, pekerja kantoran tuh paling males kalau disuruh olahraga. Kalimat andalannya adalah "Aku tuh nggak punya waktu buat olahraga.." dan sederet kalimat bernada serupa lainnya. Memang sih pekerja kantoran udah sibuk sejak pagi sampai sore atau bahkan malam, tapi tentunya itu nggak bisa dijadiin alasan mutlak buat nggak olahraga dong.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga di pagi hari ternyata bisa meningkatkan produktivitas kerja lho. Mengutip dari livestrong.com, olahraga secara teratur nggak cuma bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, olahraga teratur bisa membantu kita untuk lebih produktif dan 'waspada' selama jam kerja, bahkan nih pekerjaan itu bisa diselesaikan lebih cepat daripada biasanya lho.

Penelitian lain yang dimuat pada British Journal of Sports Medicine mengungkapkan hal serupa. Olahraga rutin dengan intensitas sedang di pagi hari, bisa memudahkan kita untuk membuat keputusan, meningkatkan konsentrasi, serta meningkatkan pemahaman dan kemampuan mengingat.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Olahraga Pagi © Diadona

Penelitian yang dilakukan oleh Baker Heart and Diabetes Institute ini menyatakan bahwa olahraga pagi sebaiknya dibarengi dengan jalan kaki santai. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi aktivitas harian yang didominasi dengan duduk selama berjam-jam. Jalan kaki santai secara rutin di pagi hari, membantu kita meningkatkan kemampuan mengingat jangka pendek.

Lebih lanjut, Michael Wheeler, pemimpin penelitian tersebut membeberkan bahwa jalan kaki santai juga membantu otak menjadi lebih aktif. Kondisi ini akan membuat pekerjaan bisa dilakukan dengan penuh semangat dan konsentrasi penuh. Alhasil, produktivitas kerja jadi semakin baik deh.

Gimana, masih ragu mau olahraga rutin tiap pagi?

Beri Komentar