Nada Suara Cenderung Berubah saat Berhadapan dengan Orang yang Disukai, Sadar Nggak?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 3 Maret 2020 10:10
Nada Suara Cenderung Berubah saat Berhadapan dengan Orang yang Disukai, Sadar Nggak?
Itu yang suaranya dilembut-lembutin, biar apa?

Ketika kita berhadapan dengan orang yang kita sukai ada berbagai gesture tubuh yang bisa menjadi pertanda lho, salah satunya nada suara. Pernah nggak kamu menyadari kalau nada suaramu berubah ketika sedang berhadapan dengan si dia?

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nonverbal Behaviour mengungkapkan, bahwa secara tidak sadar orang-orang akan mengubah nada suaranya saat berbicara dengan orang yang dianggap menarik. Mengutip dari curiosity.com, baik laki-laki maupun perempuan cenderung menurunkan nada suaranya jika berhadapan dengan lawan jenis yang dianggapnya menarik.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Mengobrol © Diadona

Penelitian serupa juga pernah dilakukan oleh tim dari Albright College di Pennsylvania. Para peneliti mengungkapkan bahwa secara tidak sadar, laki-laki atau perempuan akan berusaha meniru suara orang yang disukai saat berbicara dengan mereka.

Tim peneliti telah melakukan analisis suara pada 24 orang yang sedang jatuh cinta. Hasilnya, suara perempuan akan berubah menjadi lebih dalam dan kasar, sedangkan suara laki-laki akan menjadi lebih tinggi dan lembut.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Mengobrol © Diadona

Perubahan nada suara nggak selalu terjadi ketika mereka berbicara secara langsung. Bahkan saat melakukan panggilan via telepon, perubahan nada suara juga tak bisa terelakkan.

Lebih lanjut, Profesor Susan Hughes menyebut bahwa efek perubahan suara ini mencerminkan adanya keinginan untuk menjalin hubungan dan keintiman. Bahkan bukan hanya untuk menunjukkan kasih sayang dan koneksi, cara ini disebut-sebut bisa juga digunakan untuk mendeteksi kemungkinan adanya perselingkuhan.

Beri Komentar