Menurut Psikolog, Ini 3 Jenis Teman yang Perlu Kamu Miliki

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 2 April 2022 19:15
Menurut Psikolog, Ini 3 Jenis Teman yang Perlu Kamu Miliki
Kira-kira yang kayak gimana sih?

Setiap orang pasti setidaknya memiliki satu teman dalam hidupnya. Namun banyak yang bilang, semakin banyak teman maka akan semakin baik.

Sebenarnya, berapa pun jumlah teman itu bebas aja sih. Tapi jangan lupa memastikan jika kamu memiliki 3 tipe teman seperti berikut ini.

Menurut psikolog dan pakar hubungan, Wendy Walsh, setiap orang setidaknya harus memiliki 3 jenis teman, yakni teman lama, teman dengan minat yang sama, dan teman yang akrab.

1 dari 5 halaman

Menurut Wendy, memiliki 3 tipe teman tersebut bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Pasalnya, masing-masing tipe teman bida memberikan kebutuhan emosional atau reasional yang berbeda.

Melansir dari Business Insider, penelitian mengungkap jika orang-orang yang memiliki persahabatan yang kuat, cenderung hidup lebih lama dan percaya diri. Selain itu, kecil kemunhgkinannya bagi mereka untuk mengalami depresi.

Lantas, bagaimana pengaruh masing-masing tipe teman terhadap kondisi emosional seseorang? Berikut ulasan selengkapnya!

2 dari 5 halaman

1. Teman lama

Ilustrasi Sahabat © Diadona

Wendy menjelaskan, teman lama yang dimaksudkan adalah orang yang sudah lama dikenal. Teman lama biasa merujuk pada orang yang dikenal sejak kecil dan bisa mengingatkan kita untuk menjadi otentik.

" Karena ketika kita menghabiskan waktu bersama mereka, kita dibawa kembali ke masa kecil kita," ujar Wendy.

3 dari 5 halaman

2. Teman dengan minat sama

Ilustrasi Sahabat © Diadona

Teman dengan minat yang sama juga jadi salah satu jenis teman yang sebaiknya kamu miliki. Menurut Wendy, teman dengan minat yang sama membantu kita untuk menghabiskan waktu dengan lebih berkualitas.

" Kita mungkin memiliki batasan dengan beberapa teman ini, tetapi apa pun kesenangan yang kita lakukan, kita ingin membaginya dengan seseorang," terang Wendy.

4 dari 5 halaman

3. Teman akrab

Ilustrasi Sahabat © Diadona

Jenis teman terakhir yang sebaiknya kita miliki adalah tipikal teman yang akrab. Mereka adalah sosok yang bisa diandalkan dan keberadaannya bisa memberikan dukungan ekstra saat benar-benar dibutuhkan.

" Orang itu yang bisa Anda hubungi dari ruang gawat darurat rumah sakit atau orang yang akan membawa Anda ke bandara," jelas Wendy.

Beri Komentar