Melakukan Kebaikan Ternyata Bagus untuk Kesehatan

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 28 Januari 2020 16:56
Melakukan Kebaikan Ternyata Bagus untuk Kesehatan
Mulailah melakukan kebaikan untuk hidup yang lebih positif dan sehat.

Banyak penyakit yang sebenarnya muncul karena kondisi kesehatan mental kita. Terlalu sering marah, emosi, dan bersedih bisa memicu munculnya stres dan depresi. Untuk itu kita harus mengubah kebiasaan kita agar hidup menjadi lebih sehat. Melakukan kebaikan bisa menjadi salah satu cara untuk mulai menyehatkan pikiran dan tubuhmu.

Dilansir dari TODAY, pada akhir tahun 1970, para peneliti melakukan percobaan pada hewan untuk melihat bagaimana makanan dapat mempengaruhi jantung. Saat itu hal yang tidak terduga terjadi. Sekelompok kelinci di laboratorium berhasil bertahan hidup, meskipun diberi makanan yang memiliki kandungan tinggi lemak berbahaya yang sama dengan kelompok kelinci yang lain.

Setelah ditelusuri, ternyata kelinci yang berhasil hidup memiliki pengasuh yang tidak hanya memberi mereka makan saja. Tetapi pengasuh itu juga membelai dan mengajak mereka bicara.

1 dari 2 halaman

ilustrasi mengobrol © Diadona

Sebenarnya hal ini sudah dibuktikan sendiri pada manusia. Secara sederhana, kebaikan sebenarnya bagus untuk diri kita dan bisa membuat hidup menjadi lebih baik.

" Perawatan medis hanya menyumbang 10-20% dari keseluruhan kesehatan tubub kita dan 80-90% lainnya adalah gen kita dan apa yang terjadi dalam sisa hidup kita di luar perawatan klinis," ungkap Harding, asisten profesor klinis psikiatri di Universitas Columbia Irving Medical Center di New York.

2 dari 2 halaman

Orang yang hidup di dalam lingkungan yang baik dan penuh dengan kasih sayang cenderung hidup dengan lebih baik. Stres selalu menjadi kondisi yang buruk bagi sistem kekebalan tubuh. Namun memiliki lingkungan yang positif dan selalu melakukan kebaikan bisa membantu menghilangkan stres yang kamu alami.

Melakukan kebaikan bisa membuat dirimu merasa lebih baik. Saat kamu merasa bahagia, kamu akan terhindar dari stres dan tubuhmu akan terhindar dari penyakit. Untuk itu, jika kamu ingin hidupmu lebih sehat, mulailah untuk melakukan banyak kebaikan setiap harinya.

Beri Komentar