Komunikasi Ternyata Bukan Kunci Utama Kebahagiaan! Waduh, Selama ini Ketipu dong?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 5 April 2020 09:09
Komunikasi Ternyata Bukan Kunci Utama Kebahagiaan! Waduh, Selama ini Ketipu dong?
Jadi, kuncinya apa nih?

Banyak nasihat yang menyatakan bahwa komunikasi adalah kunci utama untuk mencapai kebahagiaan dalam hubungan percintaan, tapi ternyata teori klasik yang satu ini justru nggak sepenuhnya benar lho.

Douglas LaBier, Ph.D., seorang psikolog dan psikoterapis pernah menyatakan bahwa komunikasi yang baik dan lancar bukanlah penyebab hubungan jadi lebih membahagiakan dan memuaskan. Pasalnya, komunikasi yang baik justru merupakan akibat dari hubungan yang baik.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Pasangan Bahagia © Diadona

Pernyataan LaBier merupakan kesimpulan dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Marriage and Family tersebut mengungkapkan bahwa pasangan yang puas dan bahagia dalam hubungannya, lebih mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar dengan pasangannya.

Nah, sekarang jadi timbul pertanyaan: apa sih kunci untuk meraih hubungan yang bahagia dan memuaskan? LaBier menyatakan bahwa sebenarnya nggak ada rahasia atau strategi khusus lho.

2 dari 3 halaman

Bagian terpenting dalam sebuah hubungan adalah keterlibatan satu sama lain, baik secara fisik, emosional, maupun spiritual. Kondisi semacam ini akan mengarah pada hubungan yang sehat dan bahagia.

Ilustrasi Pasangan Kekasih © Diadona

Cara yang paling mudah yakni melalui sikap yang diekspresikan dengan sejujur mungkin. Kejujuran satu sama lain juga harus diterima dengan lapang dada lho.

LaBier menambahkan bahwa kejujuran itu penting. Pasangan yang saling jujur akan memiliki keintiman dan kenyamanan yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

Jika bisa dipermudah, kira-kira seperti ini. Pasangan sebaiknya memiliki kejujuran satu sama lain, supaya hubungan itu bisa menimbulkan keintiman dan kenyamanan. Dengan adanya kenyamanan dalam hubungan, maka komunikasi yang baik bisa terjalin di antara keduanya.

Lantas, kamu udah jujur ngga sama pasanganmu?

Beri Komentar