Kira-kira Pacarmu adalah Sosok Gentleman atau Gentle Man?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 10 Januari 2024 10:00
Kira-kira Pacarmu adalah Sosok Gentleman atau Gentle Man?
Lah emang apa bedanya?

Mungkin sebagian perempuan menginginkan seorang laki-laki yang memiliki sikap gentle. Tapi, ternyata banyak orang yang belum tahu bahwa sebenarnya pengertian kata gentleman menurut budaya barat, berbeda sekali dengan pengertian kata gentleman yang ada dalam lingkungan dan budaya di Indonesia.

Lalu apa perbedaan dari gentleman dan gentle man?

Simak penjelasannya berikut ini : 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Pasangan Berpelukan © Diadona

Sebenarnya, kata gentleman itu jauh sekali dengan gentle man (pria lembut).

Gentle man mengacu pada lelaki yang lemah lembut, dan berhati baik.

Nah, beda dengan gentleman yang bisa diartikan sebagai laki-laki yang terhormat. Secara tradisional, gentleman adalah pria dengan status sosial yang baik, sering kali menekankan pada perilaku sopan, kesatriaan, dan rasa hormat terhadap orang lain. 

Frasa antara genle man dan gentleman emang tumpang tindih. Tapi gentle man sering kali memiliki konotasi dalam etika dan kedudukan sosial tertentu.

 

 

2 dari 3 halaman

Istilah gentleman sendiri erat dengan kata chivalrious dari definisi Webster, berbicara tentang kualitas ksatria berkuda dan tentara kerajaan di Eropa abad ke-14 dan 15.

Di erat tersebut, gentleman digunakan sebagai istilah untuk laki-laki yang mendapatkan kebutuhannya dari raja. Mereka sesekali pergi berperang, jadi mereka nggak perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan keluarga.

Gentleman atau Gentle Man © Diadona

Gentleman yang dimaksud dalam era tersebut bahkan bukan soosk laki-laki yang lembut atau bahkan senstif kayak yang kamu pikirkan. Pria gentleman adalah seorang fighter.

Mereka percaya diri, dominan, suka menguasai dan juga sedikit egois. Mereka tipe yang nggak suka basa-basi, hidup dari satu aksi ke aksi lainnya, suka  tantangan baru. Kalau ada cewek yang emnarik perhatiannya, dia nggak rag untuk menyeleksinya.

3 dari 3 halaman

Gentleman atau Gentle Man © Diadona

Seperti lelucon yang pastinya pernah kamu dengar. Kalau pria jelek nuangin air ke gelas wanita, wanita bilang, “ Naluri pembantu, emang gitu" , tapi kalau pria ganteng nuangin air ke gelas wanita, wanita bilang, “ Ini dia pria gentleman.”

Nah, begitu lah kira-kira gambaran dari sosok pria gentleman.

Kesimpulannya, pria gentleman beda dengan gentle man. Pria gentleman adalah sosok di mana apa yang dia lakukan bisa menimbulkan reaksi lebih dari normal, bahkan lebih dari yang akan diterima orang lain. Sementara itu lelaki gentle man adalah sosok lemah lembut yang memperlakukan seseorang dengan cara yang baik dan santun.

Nah, kira-kira pacarmu adalah sosok yang mana nih?

Beri Komentar