Jangan Keburu Sakit Hati, Punya Temen yang Sarkas Justru Penting Banget

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 1 April 2020 06:06
Jangan Keburu Sakit Hati, Punya Temen yang Sarkas Justru Penting Banget
Si ceplas-ceplos justru layak dijadiin sahabat lho..

Sejak dulu kita seringkali dinasihati agar tidak pilih-pilih teman. Memang ada benarnya sih, tapi bukannya kita harus pilih-pilih teman agar nggak terjebak dalam pergaulan yang salah?

Biasanya kita memilih teman yang punya sifat baik dalam segala tingkah lakunya. Tapi pernah nggak sih kamu berpikir bahwa teman yang 'kelihatannya' nggak baik, justru bisa membawa pengaruh penting dalam kehidupanmu?

Jika selama ini kita berusaha menghindari teman yang terkesan blak-blakan dan kasar, kayaknya pemikiran ini perlu diubah deh. Mengutip dari mindbodygreen.com, punya teman yang sarkas justru penting banget lho. Kira-kira apa penyebabnya ya?

1 dari 3 halaman

Jarang Stres

Ilustrasi Berdebat dengan Teman © Diadona

Yaa walaupun teman yang sarkas seringkali punya sejuta kata yang menusuk, hal ini justru bisa menurunkan stres lho. Bayangin aja, kejujuran mereka yang terkesan blak-blakan, justru bisa menurunkan kekhawatiran dan kecemasan, bahkan bikin kamu lebih siap menghadapi kenyataan pahit.

Tidak Menyembunyikan Kenyataan

Teman yang sarkas seringkali menyampaikan kenyataan sekalipun hal itu menyakitkan. Sikap 'apa adanya' ini justru dikatakan dengan logika dan bukan emosi semata, sehingga kamu bisa memilah mana yang positif ataupun negatif buatmu deh.

2 dari 3 halaman

Termotivasi Menjalani Hidup

Ilustrasi Pertemanan Wanita © Diadona

Teman yang sarkas punya porsi yang penting dalam hidupmu, utamanya saat kamu berada pada masa keterpurukan. Mereka nggak akan membiarkan kamu berkubang dalam kesedihan, melainkan mendorong mentalmu untuk lebih kuat menghadapi kenyataan.

Bisa Mencairkan Suasana

Si sarkas cenderung menyampaikan segala hal yang ada di pikirannya. Nah, apalagi pas terjebak momen canggung. Mereka pasti bisa menyampaikan uneg-unegnya dan membuat suasana jadi lebih rileks.

3 dari 3 halaman

Mengajarkan untuk Tetap Berpikir Positif

Ilustrasi Pertemanan © Diadona

Sosok teman yang sarkas biasanya memandang setiap hal dari segi positif maupun negatif. Mereka percaya bahwa setiap orang nggak ada yang sempurna, pasti ada kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap orang. Pandangan inilah yang seringkali dibagikan kepadamu, supaya kamu tetap menjadi diri sendiri tanpa peduli cibiran orang lain.


Punya temen yang sarkas emang sering makan ati, tapi justru ini buat kebaikanmu kan?

Beri Komentar