Gaji Pertama First Jobber, Buat Foya-Foya atau Justru Ditabung?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 2 Februari 2020 08:02
Gaji Pertama First Jobber, Buat Foya-Foya atau Justru Ditabung?
Namanya juga gaji pertama, pasti dibuat.....

Ketika mendapatkan pekerjaan, pasti sebagian besar dari kita sudah kepikiran tentang gaji pertama. Biasanya, perihal gaji memang sudah disampaikan oleh atasan, jadi kita tahu berapa gaji yang akan diterima.

Kondisi semacam ini biasanya dimanfaatkan oleh para first jobber untuk bikin list penggunaan uang. Ada yang ditabung, ada yang dipakai membeli kebutuhan sehari-hari, ada yang diberikan pada orang tua, bahkan yang tidak terlewatkan adalah dipakai untuk foya-foya.

1 dari 3 halaman

Foya-foya ini memang luas sih batasannya. Beberapa mengaku bahwa mereka foya-foya dengan makan enak, beli baju baru, beli gadget baru, atau dipakai untuk jalan-jalan.

Biasanya, beberapa dari mereka yang menghabiskan gaji pertamanya untuk foya-foya justru tidak bisa bertahan sampai akhir bulan. Di tengah bulan, biasanya keuangan mulai seret. Alhasil di akhir bulan, menu makanan mereka hanya berkutat di obat maag dan mie instan.

Lantas, gimana sih cara mengelola keuangan yang tepat bagi para millennial? Dilansir dari Business Today, berikut adalah trik mengelola keuangan agar tidak amburadul.

2 dari 3 halaman

Tabung Dulu, Belanja Nanti

Yang satu ini rasanya wajib kamu terapkan, agar keuanganmu tidak jadi kacau. Kamu bisa mencoba formula 50-20-30, 50% untuk biaya hidup, 20% untuk jalan-jalan dan hiburan, sedangkan 30%nya wajib ditabung. Eits, jangan diubah-ubah ya formulanya!

Sisihkan untuk Dana Darurat

Kejadian tidak terduga bisa terjadi di mana pun dan kapan pun, nah untuk berjaga-jaga tak ada salahnya kalau kamu punya dana darurat. Ingat ya, yang namanya dana darurat nggak boleh dipakai kalau situasi nggak benar-benar darurat.

Buatlah Anggaran

Tips yang satu ini bisa juga kamu terapkan. Coba buatlah catatan anggaran mengenai pemasukan dan pengeluaran selama sebulan, di akhir bulan kamu bisa kembali melihat-lihat lagi ke mana saja uangmu digunakan.

Hal ini sekaligus menjadi patokan bahwa bulan berikutnya, kamu nggak boleh mengeluarkan uang lebih dari yang dianggarkan.

3 dari 3 halaman

Jangan Boros Pakai Kartu Kredit

Beberapa dari kaum millennial pasti banyak yang menggunakan kartu kredit. Boleh saja, tapi kamu harus tetap waspada agar nggak terlena. Kamu nggak mau mendapat tagihan yang membengkak di akhir bulan kan? Jadi sebaiknya pergunakan kartu kredit dengan secerdas mungkin ya..

Memiliki Asuransi Kesehatan

Hampir sama dengan dana darurat, tapi yang satu ini lebih fokus pada masalah kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu nggak perlu bingung-bingung lagi mengeluarkan uang jika kebetulan sedang sakit. Lagipula, tak ada salahnya berjaga-jaga kan?


Masalah keuangan memang sedikit sulit diatasi. Sebagai millennial, sebaiknya kamu memiliki tabungan untuk masa depan. Yang paling penting ialah jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Oh ya, jangan sering-sering kasih self reward, nanti nggak kaya-kaya!

Beri Komentar