Banyak Benefitnya, Ini 4 Alasan Mengapa Kamu dan Pasangan Tidak Tinggal Bareng Mertua

Reporter : Yoyok
Sabtu, 4 November 2023 10:50
Banyak Benefitnya, Ini 4 Alasan Mengapa Kamu dan Pasangan Tidak Tinggal Bareng Mertua
Salah satunya adalah dengan menghindari konflik.

Semua orang kini tengah dihebohkan dengan kasus pembunuhan yang terjadi di Pasuruan, Jawa Timur. Seorang mertua tega membunuh menantunya sendiri karena menolak diajak berhubungan badan. Padahal, menantunya tersebut sedang hamil tua.

Tentunya, tidak semua mertua akan sebengis dan sekeji pria satu ini. Namun, jika kita melihat dari sisi lain, tinggal bareng mertua bukanlah ide yang bagus.

Mungkin saja kamu bisa menghemat pengeluaran jika tinggal dengan mertua. Tetapi, tinggal bareng dengan mereka juga dapat memengaruhi hubunganmu dengan mertua.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu dan pasanganmu lebih baik tinggal terpisah dari mertua.

1 dari 5 halaman

Intervensi dari Mertua

Tinggal bareng dengan mertua memang sulit, apalagi saat kamu baru punya anak. Ketika kamu baru punya anak, mertua akan berpikir kalau kamu adalah orang tua baru. Mertua akan merasa kamu belum punya pengalaman yang banyak mengurus anak.

Jadi, jangan kaget nantinya jika mertua akan selalu mengintervensi keputusan atau sikap kamu saat mengurus anak. Itu hanya sebagian kecil intervensi mertua dalam kehidupanmu. Bisa saja mertua nantinya akan ikut campur dalam hal keuangan, sosial, hingga keputusan besar di keluargamu.

ilustrasi mertua © Diadona

2 dari 5 halaman

Tak Ada Kebebasan

Tinggal sama mertua sama saja bersama-sama lagi dengan ketidakbebasan. Masih ingat kamu dulu yang hidup bareng orang tua, ke mana-mana tidak boleh dan selalu ada aturannya? Nah, begitulah rasanya jika kamu tinggal bareng mertua.

Nantinya, kamu akan tetap dianggap sebagai anak-anak jika tinggal bareng mertua. Apalagi kalau kamu tinggal di rumah mertua, mereka masih menjadi empunya kediamanmu tersebut. Kamu dan pasanganmu tidak akan merasakan kebebasan selayaknya pasangan suami istri yang menjalani kehidupannya.

ilustrasi mertua © Diadona

3 dari 5 halaman

Timbul Konflik

Tidak sependapat dengan orang tua pasanganmu akan menjadi makanan sehari-hari jika kamu tinggal bareng mertua. Meskipun mertua merupakan oranng yang baik hati bak bidadari, pasti akan ada konflik yang terjadi antara kalian.

Jika sudah serumah dengan mereka, mertua tentunya akan melihat kebiasaanmu di rumah. Bisa saja kebiasaanmu dipandang jelek oleh mertua. Sebaik apapun mertuamu, jaga jarak adalah pilihan yang bagus.

ilustrasi mertua menantu © Diadona

4 dari 5 halaman

Hilangnya Privasi

Semua pasangan suami istri tentu butuh yang namanya waktu pribadi bersama. Hal-hal privasi suami istri tentunya tidak perlu diketahui oleh orang banyak. Jika kamu tinggal dengan mertua, maka privasi tersebut tidak ada lagi.

Dengan tinggal bareng mertua, privasi kamu dan pasangan bisa saja terusik dan jadi tidak nyaman dilakukan. Apalagi jika kamu tinggal di rumah mereka, tentunya akan sangat susah mencari waktu yang tepat dan hanya berdua dengan pasangan.

 

Beri Komentar