5 Tips Menjadi Pendengar yang Baik

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 24 Januari 2020 14:28
5 Tips Menjadi Pendengar yang Baik
Menjadi pendengar yang baik bisa memberikan banyak keuntungan untukmu.

Setiap orang bisa menjadi pembicara yang baik di depan banyak orang. Namun tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik bagi orang lain. Padahal menjadi pendengar yang baik bisa menjadi daya tarik tersendiri dari dirimu.

Dilansir dari Today, seorang wartawan mulai meneliti tentang kemampuan mendengarkan setelah memperhatikan bahwa orang yang dia wawancari selalu merespon dengan terkejut saat dia benar-benar memperhatikan mereka. Karenanya, orang-orang sering mangungkapkan hal pribadi pada wartawan itu, seakan sudah menunggu lama untuk bertemu dengan orang yang bisa mendengarkan mereka.

Bagi sang wartawan, hal yang sangat menyentuh adalah saat mereka berterima kasih padanya karena telah mendengarkan curahan hati mereka. Dia juga terkejut saat mengetahui banyak orang merasa kesepian saat bersama dengan orang lain.

Jika kamu ingin menjadi pendengar yang baik, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1 dari 5 halaman

Menjadi pendengar adalah posisi paling menguntungkan

ilustrasi pasangan mengobrol © Diadona

Mendengarkan bisa menjadi cara kamu belajar dan terhubung dengan seseornag. Setelah kamu memahami bahwa mendengarkan adalah tindakan yang lebih berharga dari berbicara, maka kamu bisa lebih banyak belajar dari orang lain dan menjadi lebih baik.

Banyak orang merasa khawatir pada apa yang mereka katakan daripada kenyataan bahwa mereka kehilangan waktu untuk mendengarkan orang lain. Jika kamu tidak mendengarkan dengan baik maka kamu akan respon yang kamu berikan bisa sangat bertolak belakang.

2 dari 5 halaman

Kamu sudah mengetahui segala hal tentang dirimu

Ilustrasi pasangan bahagia © Diadona

Obrolan santai biasanya bertujuan untuk mengetahui lebih banyak tentang lawan bicara. Alihkan obrolan kembali ke orang lain agar dia memiliki lebih banyak kesempatan untuk menjelaskan.

Setelah obrolan selesai kamu akan lebih banyak mendapatkan informasi tentang orang lain. Selain itu kamu juga bisa lebih banyak belajar dari pengalaman yang dia sampaikan padamu.

Tidak masalah membagikan dirimu pada orang lain, namun usahakan untuk tidak membuat semuanya tentang dirimu saja.

3 dari 5 halaman

Berpikir terbuka dan selalu ingin tahu

Ilustrasi pasangan bahagia © Diadona

Jadikan dirimu sebagai detektif dalam percakapan. Semua orang akan tertarik jika kamu bisa menanyakan hal yang tepat. Saat kamu melihat seseorang menggunakan barang baru, kamu bisa memulai obrolan dengan menanyakan tentang hal itu. Menunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik pada apa yang dia bicarakan, bisa membuat orang itu lebih terbuka denganmu.

4 dari 5 halaman

Tanyakan pertanyaan yang membutuhkan penjelasan

Ilustrasi pasangan di kantor © Diadona

Hindari pertanyaan yang hanya membutuhkan jawaban 'ya' dan 'tidak'. Pertanyaan semacam itu bisa mengurangi kualitas obrolan dan membuat orang lain tidak mau terbuka padamu. Sebaiknya kamu menggunakan pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang. Biarkan orang lain merespon dan mulai bercerita maka obrolan akan mengalir secara alami.

5 dari 5 halaman

Buat lawan bicaramu merasa nyaman

Ilustrasi pasangan ngobrol di taman © Diadona

Kamu tentu tidak ingin menjadi tukang interogasi yang galak dalam sebuah obrolan. Cara membuat orang lain mau membuka diri padamu adalah dengan membangun hubungan dan mengajak mereka untuk menceritakan kisah hidup mereka. Kamu pasti akan tahu apakah dia merasa nyaman atau tidak saat mengobrol denganmu.

Nah, itulah beberapa tips menjadi pendengar yang baik untukmu. Jika kamu sudah mencobanya, bagikan hasilnya di kolom komentar kami ya.

Beri Komentar