5 Tips Menghadapi Perceraian Orang Tua

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 29 Januari 2020 14:54
5 Tips Menghadapi Perceraian Orang Tua
Meskipun sulit, namun kamu harus menerima perpisahan orang tuamu.

Mengetahui kenyataan bahwa orang tua kamu akan bercerai adalah sebuah hal yang sulit untuk diterima. Terkadang hal itu bisa memberikan kenangan bahkan trauma buruk pada diri seseorang.

Meskipun kamu sadar bahwa mereka sudah tidak bisa bersama lagi namun kenyataan kadang bisa menjadi sangat mengerikan bagimu. Perceraian orang tua mungkin akan memberikan banyak perubahan besar dalam hidupmu. Namun, kamu harus yakin bahwa kamu bisa melaluinya.

Dilansir dari Allwomenstalk, berikut beberapa tips untuk menghadapi perceraian orang tua untuk anak.

1 dari 5 halaman

Mereka juga terluka

Ilustrasi pasangan bertengkar © Diadona

Kamu mungkin merasa marah karena mereka memutuskan untuk berpisah. Bahkan kamu mungkin juga menyalahkan mereka karena telah merusak hidupmu. Namun, kamu perlu ingat untuk tidak menyerang mereka secara langsung meskipun kamu sangat marah pada mereka. Orang tua yang memutuskan untuk berpisah pasti mengalami banyak rasa sakit dan merasa bersalah padamu. Jangan buat keadaan mereka menjadi lebih buruk.

2 dari 5 halaman

Kamu tetap anak mereka

Ilustrasi perempuan duduk sedih © Diadona

Saat orang tua memutuskan untuk bercerai, kamu harus ingat bahwa mereka tidak berhenti menjadi orang tuamu. Mungkin mereka akan berpisah dan tinggal di tempat yang berbeda. Akan menyakitkan saat tidak bisa melihat mereka setia hari. Namun, mereka masih mencintaimu. Mereka tidak akan meninggalkanmu.

3 dari 5 halaman

Perceraian memang menyakitkan

Ilustrasi Wanita Sedih © Diadona

Berapapun usiamu saat menyaksikan orang tuamu harus berpisah, hal itu akan tetap menimbulkan kenangan menyakitkan dalam hidupmu. Bahkan saat kamu sudah cukup dewasa, kejadian itu tetap akan membuatmu merasa sedih. Untuk itu kamu harus mengakui perasaanmu. Mungkin kamu merasa bahwa kamu harus terlihat kuat. Padahal terkadang menangis adalah satu-satunya cara untuk membuatmu merasa lega.

4 dari 5 halaman

Hidupmu mungkin akan menjadi lebih baik

ilustrasi anak sedih © Diadona

Saat kamu merasa hancur, mungkin kamu tida akan percaya dengan hal ini. Namun terkadang perpisahan bisa membuat segalanya menjadi lebih baik. Pernikahan yang tidak sehat dan dipaksakan hanya akan menyakiti diri sendiri dan anggota keluarga yang lain. Untuk itu kamu harus percaya bahwa perpisahan orang tuamu mungkin adalah pilihan yang terbaik untuk keluargamu.

5 dari 5 halaman

Jangan menyalahkan dirimu sendiri

ilustrasi wanita sedih © Diadona

Banyak anak yang sering menyalahkan diri mereka sendiri karena perceraian orang tua mereka. Padahal hal itu sudah jelas bukan kesalahanmu. Menjalani pernikahan dan menghadapi berbagai masalah memang terkadang membuat mereka stres dan itu bukanlah salahmu. Ingatlah bahwa hubungan orang dewasa sangat rumit dan tidak selalu berhasil.

Itulah beberapa tips menghadapi perceraian orang tua. Semoga kamu bisa menjadi lebih baik dengan mengikuti cara-cara di atas.

Beri Komentar