5 Mantra Penguat Diri untuk Kamu, Satu-Satunya Single di Kelompokmu

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 21 Januari 2020 15:00
5 Mantra Penguat Diri untuk Kamu, Satu-Satunya Single di Kelompokmu
Hidup sebagai single kadang membuatmu tertekan, namun kamu bisa melafalkan mantra-mantra berikut untuk menguatkan.

Seberapa bahagia pun kamu hidup sendiri, pasti ada sedikit rasa untuk mempunyai pasangan. Terlebih kalau orang-orang di sekelilingmu semuanya sudah berpasangan. Kadang kamu jadi dipenuhi rasa khawatir yang akhirnya membawa energi negatif pada dirimu.

Pricilla Martinez, CEO Regroop Online Life Coaching, menjelaskan pada Elite Daily (21/01) bahwa adalah normal untuk merasa canggung dan khawatir saat berada di tengah-tengah banyak pasangan sementara kamu masih sendiri.

"Perasaan tersebut muncul karena kamu seolah ditunjukkan bahwa orang-orang sudah mempunyai pasangan sementara kamu belum dan kamu akan terus mempertanyakan hal itu," ujar Martinez.

Meskipun begitu, kamu tetap bisa membuuat dirimu nyaman dengan melihat sisi positif dari kesendirianmu dan mensugesti diri. Berikut adalah lima mantra yang bisa kamu ucapkan untuk memperkuat diri saat kamu merasa rapuh atas status single-mu.

1 dari 6 halaman

"Aku nggak butuh pasangan untuk merasa lengkap."

Memang, memiliki pasangan untuk saling berbagi kebahagiaan dan saling dukung dalam kesedihan adalah hal yang menyenangkan. Namun, saat kamu sendiri pun nggak ada satu aspek dari dirimu yang berkurang. Kamu tetaplah satu manusia yang utuh, dengan dan tanpa pasangan.

2 dari 6 halaman

"Aku akan menemukan pasangan di waktu yang tepat."

Waktu ada di tengah kumpulan orang yang mempunyai pasangan, seorang single biasanya jadi terburu-buru untuk mencari pasangan. Semata-mata untuk nggak tertinggal terlalu jauh. Padahal, semua hubungan punya waktunya sendiri-sendiri. Percayalah bahwa waktumu akan tiba, nggak usa terburu-buru.

3 dari 6 halaman

"Aku ada di jalurku sendiri."

Dikelilingi banyak pasangan pasti akan membuatmu membandingkan kehidupanmu dengan mereka. Tidak apa-apa untuk melakukannya sesekali, namun ingat juga kalau setiap orang punya jalurnya sendiri-sendiri. Apa yang didapat orang lain di ujung jalan lurus mungkin akan datang juga padamu, walaupun setelah melewati berpuluh kelokan.

4 dari 6 halaman

"Setiap hari adalah langkah yang mendekatkan pada takdirku."

Hidup ini selalu penuh kejutan. Kamu nggak akan pernah tau apa yang kamu dapat satu minggu, satu hari, bahkan satu jam ke depan. Ketimbang terus menerus khawatir, yang membuatmu diselimuti hawa negatif, lebih baik kamu fokus pada pembelajaran di setiap harinya.

5 dari 6 halaman

"Aku bersyukur atas semua yang kumiliki."

Berdasarkan riset Harvard Medical School, belajar bersyukur akan membuatmu lebih bahagia. Jadi, kalau suatu hari kamu menjadi satu-satunya single di dalam kumpulanmu, cobalah untuk mencari hal-hal kecil yang bisa kamu syukuri.

6 dari 6 halaman

Ilustrasi perempuan mendengarkan musik © Diadona

Status hubungan seseorang nggak akan menentukan baik buruk jalannya hidup seseorang. Keduanya punya konsekuensi masing-masing. Jangan sampai kekhawatiranmu karena belum mempunyai pasangan membuatmu lupa atas kebahagiaan yang juga datang, di luar status hubunganmu.

Beri Komentar