5 Hal yang Jadi Penyebab Kamu Kelamaan Jomblo

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 15 Januari 2020 00:01
5 Hal yang Jadi Penyebab Kamu Kelamaan Jomblo
Hidup di tengah-tengah lingkungan di mana semua orang berpasang-pasangan sementara kamu masih saja sendiri pasti membuat kamu bertanya-tanya, kenapa ya kira-kira?

Sudah jadi sifat alamiah manusia memang untuk mencari pasangannya. Namun hal ini nggak bekerja di beberapa orang. Beberapa sudah berusaha, beberapa lainnya nggak berusaha karena nggak merasa ada kebutuhan untuk segera dapat. Dilansir dari Your Tango (14/12), berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan kamu nggak kunjung punya pasangan.

1 dari 6 halaman

1. Kamu Punya Trauma

ilustrasi wanita sedih © Diadona

Trauma dalam hal ini bisa mencakup banyak hal, entah trauma masa kecil di mana kamu lihat contoh hubungan yang nggak harmonis dalam keluargamu yang membuat kamu cukup pikir panjang dalam menjalin hubungan atau trauma dengan hubunganmu sebelumnya yang nggak berlangsung baik.

Bayangan masa lalu seperti ini akan menahanmu untuk membuat langkah baru. Untuk itu, kamu harus menyelesaikannya terlebih dahulu. Kamu bisa bercerita ke keluarga atau teman dekat yang kamu percayai atau berkonsultasi pada psikolog kalau kamu rasa perlu.

2 dari 6 halaman

2. Standarmu Terlalu Tinggi

 

Kamu pasti punya standar idealmu sendiri dalam memilih pasangan. Hal ini boleh-boleh saja, asal kamu tetap realistis. Kalau bicara sesuatu yang ideal, ingatlah bahwa dunia tempatmu hidup ini bahkan nggak ideal. Kamu akan menemukan orang yang baik di sisi A, B, dan C namun punya kelemahan di D dan E. Pada akhirnya, yang kamu perlukan bukanlah orang yang baik di segala sisi, tapi kemampuan untuk berkompromi.

3 dari 6 halaman

3. Kamu Sulit Percaya Orang Lain

Hal ini sedikit banyak punya pengaruh dari poin nomor satu, yakni trauma. Mungkin kamu pernah mengalami kejadian di mana seseorang mematahkan kepercayaan yang sudah kamu berikan. Sebaiknya kamu memastikan bahwa kamu sudah menyelesaikan hal ini terlebih dahulu sebelum memulai hubungan baru.

4 dari 6 halaman

4. Kepercayaan Dirimu Rendah

Ilustrasi perempuan malu © Diadona

Kamu nggak pede dengan kondisimu sehingga nggak merasa layak untuk bersama siapapun, yang berujung pada kamu jadi terlalu lama sendiri. Untuk itu, kamu harus bisa lebih mengenal dirimu sendiri. Kamu harus bisa lebih melihat jauh ke dalam dan menemukan potensimu. Jalan lain yang bisa ditempuh adalah, temukan seseorang yang bisa membuat kamu merasa lebih berarti dan percaya diri saat bersamanya.

5 dari 6 halaman

5. Khawatir Kehilangan Jati Diri

Kamu mungkin berpikir kalau dalam suatu hubungan kamu harus menjadi seperti apa yang pasanganmu inginkan, walaupun itu sebenarnya bukan hal yang kamu banget. Pada kenyataannya, kamu tetpa bisa menjadi dirimu sendiri dalam suatu hubungan. Dalam hubungan yang sehat, seharusnya nggak ada satu orang pun yang merasa terkorbankan. Toh di awal pasanganmu menyukaimu karena kamu adalah kamu, kenapa harus berubah kemudian?

6 dari 6 halaman

Di atas adalah beberapa alasan yang paling sering muncul tentang kenapa kamu nggak kunjung menemukan pasangan yang tepat. Kebanyakan masalah dimulai dari dirimu sendiri. Selesaikan dulu urusanmu yang belum selesai dan kamu akan merasa lebih ringan untuk melangkah ke depan setelahnya.

Beri Komentar