5 Hal Selain Selingkuh yang Membuat Pasangan Merasa Dikhianati

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 26 Desember 2019 18:04
5 Hal Selain Selingkuh yang Membuat Pasangan Merasa Dikhianati
Selingkuh adalah bentuk penghianatan terhadap pasangan. Namun selain itu ternyata ada hal-hal lain yang juga berpotensi serupa lho. Apa saja?

Selingkuh adalah salah satu momok untuk sebuah hubungan. Saat hal itu terjadi, aspek kepercayaan sudah terlanggar dan bisa melukai pasangan, yang kemudian memantik perpisahan. Namun, selingkuh ternyata bukan satu-satunya bentuk pengkhianatan dalam hubungan, lho.

Dilansir dari Huffington Post (9/12), berikut ini adalah lima bentuk pengkhianatan terhadap pasangan selain selingkuh menurut para pakar.

1 dari 6 halaman

1. Mengeluhkan hubungan ke lawan jenis yang dianggap menarik

Semua hubungan pasti punya masalahnya sendiri-sendiri sehingga seseorang selalu butuh waktu untuk menceritakan masalahnya alias curhat ke orang lain. Nggak masalah kalau kamu curhat ke orangtua atau sahabat, tapi nggak jarang terjadi juga sesi curhat dengan lawan jenis yang kamu anggap menarik.

" Memang saat hal tersebut terjadi tujuan utamamu hanya curhat dan bukan berselingkuh. Namun itu justru menunjukkan tentang betapa nggak bahagianya hubunganmu sehingga membuka kesempatan agar hubunganmu dengan orang yang kamu anggap menarik itu lebih intens," ujar psikolog klinis Samantha Rodman. " Di kemudian hari, hal ini bisa menjadi latar untuk terjadinya perselingkuhan fisik ataupun emosional."

2 dari 6 halaman

2. Memprioritaskan hal lain jauh di atas hubungan

Ilustrasi perempuan kesal © Diadona

Hubungan yang sehat adalah hubungan di mana dua orang yang terlibat di dalamnya tetap punya waktu untuk melakukan kewajiban dan minatnya masing-masing. Setiap pihak masih punya waktu sendiri tanpa melupakan waktu untuk berdua. Namun, di beberapa hubungan sering terjadi prioritas yang nggak seimbang, di mana hal-hal lain di luar hubungan mengambil porsi yang terlalu besar sehingga pasangan terlupakan.

" Saya sering memperhatikan hobi dan dedikasi yang salah ditempatkan sehingga menjadi tembok pembatas dalam sebuah hubungan," tutur terapis pernikahan dan keluarga Amy Begel. " Ketika semua kegiatan tersebut berakhir, mereka sudah terlalu lelah dan nggak lagi ada sisa energi untuk bersama pasangan. Hal ini tentu nggak baik kalau sampai diteruskan."

3 dari 6 halaman

3. Membocorkan informasi pribadi pasangan tanpa persetujuan

Kamu adalah pasangannya. Dia mempercayakan segudang cerita dan informasi tentang dirinya ke kamu, maka sudah semestinya untuk kamu menjaganya dengan baik.

" Dia menceritakannya cuma ke kamu karena cuma kamu orang yang dirasa tepat dan nggak membuatnya malu. Kamu sudah mencederai kepercayaannya kalau sampai membuat banyak orang tau tentang hal tersebut. Bahkan kalau kamu mempostingnya lewat status medsos meskipun dengan bahasa bersayap yang membuat orang bertanya-tanya," ujar Rodman.

4 dari 6 halaman

4. Nggak terbuka tentang kondisi finansial

Ilustrasi laki-laki kantong kosong © Diadona

Hal ini krusial terutama kalau kamu sudah menikah. Dalam institusi pernikahan, keterbukaan adalah kunci utama lancarnya hubungan, terlebih untuk masalah finansial yang menjadi masalah sensitif. Berbohong tentang hal ini nggak cuma merugikan secara material, tapi juga emosional.

5 dari 6 halaman

5. Menegur pasangan di depan orang lain

Sudah menjadi sifat alamiah manusia untuk nggak terima terhadap ejekan. Jangankan ejekan, untuk kritikan yang sebenarnya membangun saja kadang sulit untuk bisa diterima dengan lapang dada. Oleh karena itu, biasakan untuk nggak mengkritik, terlebih mengejek pasangan di depan umum. Hal itu akan membuatnya merasa rendah, menggerus kepercayaan dirinya, dan membuat dia sulit percaya lagi ke kamu sebagai pasanagannya.

6 dari 6 halaman

Bentuk pengkhianatan terhadap pasangan ternyata nggak melulu datang dari hal sebesar selingkuh. Hal-hal yang mungkin selama ini kamu anggap kecil pun bisa berpotensi menghilangkan kepercayaan pasangan. Oleh sebab itu, lebih peka lah dalam membaca situasi agar nggak perlu terjebak di situasi yang merugikan hubunganmu.

Beri Komentar