5 Cara Menyiasati LDR Agar Tetap Terhubung Meski Jarakmu Jauh

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 30 Desember 2019 14:09
5 Cara Menyiasati LDR Agar Tetap Terhubung Meski Jarakmu Jauh
Bagaimana menyiasati LDR agar walau jauh di mata dekat di hati?

Butuh komunikasi yang intens untuk menjaga suatu hubungan tetap utuh. Hal ini bisa jadi lebih mudah dilakukan kalau kamu dan pasangan ada di wilayah tinggal yang sama. Sering bertemu dan melakukan banyak hal yang kalian berdua suka pasti bisa jadi lem perekat yang kuat buat hubunganmu. Tapi bagaimana kalau kamu dan pasangan harus berada di hubungan percintaan jarak jauh alias LDR?

"LDR never works," kata banyak orang yang sudah pernah merasakan sulitnya LDR dan berujung pada kegagalan menjaga hubungan. Memang, LDR cenderung terasa lebih berat karena di pasangan yang sering bertemu saja sering terjadi miss-komunikasi, apalagi untuk pasangan yang tinggalnya berjauhan dan bertemunya hanya beberapa bulan sekali.

"Pada dasarnya LDR sama saja dengan hubungan biasa, cuma memang bobot komitmen dan kualitas komunikasinya perlu ditambah. Perasaan tetap terhubung walaupun nggak ada di tempat yang dekat harus dijaga oleh masing-masing orang yang terlibat," terang Lori Salkin, seorang dating coach, seperti dikutip dari Elite Daily (07/12).

Kebosanan adalah salah satu musuh besar dalam LDR. Jalaur komunikasi yang itu-itu saja berpotensi membuat kita merasa cukup dan ingin cari yang dekat-dekat saja. Eits, tapi jangan sedih. Di bawah ini ada beberapa variasi buat kamu yang lagi LDR biar hubungan dan komunikasi tetap terasa menyenangkan.

1 dari 6 halaman

1. Beri Dia Buku

Ilustrasi bukuIlustrasi buku © 2019 https://www.diadona.id / LA Times

Kamu bisa memulai klub buku eksklusifmu, berdua dengan pasangan. Caranya, pilih satu judul dan kirimkan judul buku tersebut ke pasanganmu. Pasanganmu juga dipersilahkan buat memilihkanmu buku jadi kalian berdua bisa bertukar referensi. Buat perjanjian tenggat waktu membaca dan lakukan diskusi terkait buku yang kalian masing-masing baca. Berfaedah sekali kan?

2 dari 6 halaman

2. Buatkan Dia Playlist

Ilustrasi kaset pitaIlustrasi kaset pita © 2019 https://www.diadona.id / Webafrica

Kembali ke tahun 90-an, ada istilah mixtape untuk custom playlist yang dikumpulkan dalam satu kaset pita. Di zaman sekarang, kamu bisa menerapkan metode mixtape lewat music streaming platform. Buat playlist berisi lagu-lagu yang kamu rasa menggambarkan perasaanmu atau hubunganmu dengan pasangan. Lalu kirim link menuju playlist tersebut. Jangan lupa untuk mengatur playlist itu secara privat sehingga cuma orang-orang dengan link yang bisa mengakses dan rasa eksklusifnya terjaga.

3 dari 6 halaman

3. Rencanakan Long Distance Movie Date

Ilustrasi pasangan di bioskopIlustrasi pasangan di bioskop © 2019 https://www.diadona.id / Entertainment Tonight

Punya satu judul film yang sangat ingin kamu tonton berdua dengan pasangan LDR-mu? Kamu bisa janjian buat nonton film itu di hari dan jam yang sama. Lalu lakukan diskusi via telepon tentang film yang barusan kalian tonton. Niscaya kegiatan nonton tersebut akan terasa dilakukan berdua meskipun lokasi bioskop tempat kalian nonton berjauhan.

4 dari 6 halaman

4. Berbagi Makanan Berdua

Ilustrasi masakIlustrasi masak © 2019 https://www.diadona.id / Marantz Professional

Nggak kayak obrolan, setidaknya sampai saat ini belum ada teknologi yang bisa mendigitalisasi makanan. Kamu bisa kirim obrolan lewat chat tapi nggak mungkin kirim makanan dong. Menyiasati hal itu, kamu bisa janjian buat masak bareng yang dihubungkan lewat video call. Kalian bisa masak menu yang sama dan memakannya berdua dari tempat masing-masing.

5 dari 6 halaman

5. Kirimi Dia Surat

Ilustrasi menulis suratIlustrasi menulis surat © 2019 https://www.diadona.id / Boyfriend In a Bag

Iya. Kamu nggak salah baca kok. Yang dimaksud di sini adalah benar-benar surat yang ditulis di secarik kertas, dimasukkan amplop yang ditempel perangko, dan dikirimkan via pos. Walaupun sudah ada fasilitas chatting yang lebih cepat, tapi membaca tulisan tangan langsung darimu pasti bakal bikin pesannya terasa lebih personal PLUS pasanganmu bakal bisa buka suratnya sambil nyanyi bait pembuka lagu Dewa 19 - Kangen. Kuterima suratmu~

6 dari 6 halaman

Kamu pasti punya ide lain di luar lima saran kegiatan di atas. Intinya, kamu harus kreatif mencari inovasi biar komunikasi dalam hubungan jarak jauhmu nggak membosankan. Akhir kata, kami ucapkan semangat buat kamu kamu para pejuang LDR!

Beri Komentar