30 Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan, Sebuah Nasihat Bijak untuk Pasangan Pengantin

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 3 Maret 2021 09:45
30 Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan, Sebuah Nasihat Bijak untuk Pasangan Pengantin
Kata mutiara Islami tentang pernikahan ini adalah bentuk nyata dari agama Islam untuk seluruh umatnya agar bertindak bijak dan arif dalam sebuah pernikahan.

Menikah adalah satu momen sakral dalam kehidupan seorang manusia. Ini adalah fase di mana kita akan menentukan siapa yang akan menjadi pendamping hari-hari kita seumur hidup. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kita menyimak kata mutiara Islami tentang pernikahan yang pastinya akan bermanfaat untuk kita.

Kata mutiara Islami tentang pernikahan ini juga merupakan nasihat bijak dari perspektif agama untuk sebuah pasangan pengantin. Tidak lain dan tidak bukan, kata-kata ini adalah bentuk nyata dari agama Islam untuk seluruh umatnya agar bertindak bijak dan arif dalam sebuah pernikahan.

Jadi, agar kita semua nggak kesulitan menemukan kata mutiara Islami tentang pernikahan, Diadona.id telah merangkum kumpulan kata tersebut dari berbagai sumber. Ya nggak usah lama-lama mari kita seimak dengan seksama ya.

1 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan

Kata Mutiara PernikahanKata Mutiara Islami tentang Pernikahan © Unsplash.com

1. “ Ketika sepasang suami istri memandang dengan cinta, Allah memandang mereka dengan belas kasihan.”

2. “ Jika pasangan Anda marah, Anda harus tenang. Jika yang satu adalah api, yang lainnya haruslah air. " Umar Bin Khattab (RA)

3. “ Tidak ada cinta antara dua jiwa yang lebih besar daripada cinta antara pasangan.” Tafsir Ibn Khatir 3/525

4. “ Pria memimpikan wanita yang sempurna dan wanita memimpikan pria yang sempurna dan mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain.” Ahmad AlShugairi

5. “ Tugas Anda bukanlah mencari cinta, tetapi hanya mencari dan menemukan semua penghalang dalam diri Anda yang telah Anda bangun untuk melawannya.” Rumi

6. “ Di antara tanda-tanda-Nya adalah bahwa Dia menciptakan untuk Anda pasangan dari antara Anda sendiri, untuk memiliki ketenangan dengan mereka dan Dia menempatkan cinta dan belas kasihan di antara (hati) Anda: sesungguhnya di dalamnya ada tanda-tanda bagi mereka yang merenung.” Quran Ar-Rum [30:21]

7. “ Ketika berbicara tentang pernikahan, Allah berfirman bahwa pasanganmu adalah pakaian untukmu. Sebuah pakaian mungkin atau mungkin tidak pas dengan sempurna-tapi bagaimanapun juga, itu menutupi ketidaksempurnaan, melindungi dan mempercantik. ” Yasmin Mogahed

8. “ Pecinta akhirnya tidak bertemu di suatu tempat. Mereka satu sama lain selama ini. ” – Rumi

9. ”Istri yang sholihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik hati, kendaraan yang nyaman. Dan empat termasuk kesengsaraan: istri yang jahat, tempat tinggal yang sempit, tetangga yang buruk, dan kendaran yang buruk.” (HR. Ibnu Hibban no: 4032, lihat Ash-Shahihah no: 282)

10. ”Maka nikahilah wanita-wanita lain yang halal bagi kalian untuk dinikahi; (apakah) dua, tiga, atau empat. Namun, apabila kalian khawatir tidak bisa berlaku adil (di antara para istri bila sampai kalian memiliki iebih dari satu istri), nikahilah satu istri saja atau mencukupkan dengan budak perempuan yang kalian miliki. Hal itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.” (QS. An-Nisaa’: 3)

2 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan

Kata Mutiara PernikahanKata Mutiara Islami tentang Pernikahan © Unsplash.com

11. " Menikah adalah separuh perjalanan ketakwaan kepada Allah dan bagian dari sunnah Rasulullah."

12. " Istri adalah tulang rusukmu, ia bukanlah wanita yang bisa engkau suruh-suruh. Perlakukanlah ia dengan kelembutan, maka ia akan lebih lembut dari perlakuanmu."

13. " Tiada janji terindah yang didengar oleh wanita dari lisan laki-laki, kecuali janji akad pernikahan."

14. " Menuntut ini dan itu kepada suami tidak akan mencukupkan kebutuhanmu. Cukup bersyukurlah atas pemberian suami, maka kebutuhanmu akan tercukupi."

15. " Menikah adalah ibadah terpanjang dan terlama karena dengan menikah engkau akan menyempurnakan setengah perjalanan agama dan kehidupanmu."

16. " Percayalah kepada Allah jika engkau seorang wanita yang beriman, kemudian sambutlah suami dengan senyuman bila engkau seorang istri yang taat."

17. " Tiada satu pun cara yang dapat menyatukan dua manusia yang sedang jatuh cinta kecuali menikah."

18. " Ketahuilah, tanpa engkau sadari, seorang istri selalu mendahulukan suami dalam segala hal. Satu di antaranya dalam hal makan."

19. " Janganlah menuntut ini dan itu kepada suami. Jadilah seorang istri yang sabar yang selalu di sisinya dalam kondisi apa pun."

20. " Menikah adalah ibadah terpanjang dalam mengarungi perjalanan hidup seseorang. Jangan sia-siakan suami atau istri yang Allah titipkan kepadamu."

3 dari 4 halaman

Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan

Kata Mutiara PernikahanKata Mutiara Islami tentang Pernikahan © Unsplash.com

21. “ Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar.” (HR. Abu Daud)

22. “ Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang la pimpin… seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan la bertanggung jawab atas keluarganya..Ketahuilah setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin.” (HR. Bukhari dan Muslim)

23. “ Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

24. “ Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar.” (HR. Abu Daud)

25. “ Bersenang-senanglah dengannya di atas kebengkokan yang ada di atas dirinya.” (HR. Ibnu Hibban)

26. “ Barangsiapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

27. Tidak ada penawar yg lebih manjur bagi dua insan yg saling mencintai dibanding pernikahan. (HR. Ibnu Majah)

28. Ada tiga orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah: 1) Orang yang berjihad di jalan Allah; 2) Orang yang menikah demi menjaga kesucian dirinya; 3) Budak mukatab yang ingin membebaskan dirinya. – (HR. An-Nasa’i)

29. Seorang suami seharusnya bisa tampil di hadapan istrinya layaknya seorang bocah. Akan tetapi ketika sang istri membutuhkannya, maka ia harus tampil layaknya seorang lelaki perkasa. – Umar bin Khattab

30. “ Jangan pernah mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu?” – Imam Syafi’i

Beri Komentar