90 Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan, Sebuah Nasihat Bijak untuk Pasangan Pengantin

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 6 Februari 2024 15:17
90 Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan, Sebuah Nasihat Bijak untuk Pasangan Pengantin
Kata mutiara Islami tentang pernikahan ini adalah bentuk nyata dari agama Islam untuk seluruh umatnya agar bertindak bijak dan arif dalam sebuah pernikahan.

Menikah adalah satu momen sakral dalam kehidupan seorang manusia. Ini adalah fase di mana kita akan menentukan siapa yang akan menjadi pendamping hari-hari kita seumur hidup. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kita menyimak kata mutiara Islami tentang pernikahan yang pastinya akan bermanfaat untuk kita.

Kata mutiara Islami tentang pernikahan ini juga merupakan nasihat bijak dari perspektif agama untuk sebuah pasangan pengantin. Tidak lain dan tidak bukan, kata-kata ini adalah bentuk nyata dari agama Islam untuk seluruh umatnya agar bertindak bijak dan arif dalam sebuah pernikahan.

Jadi, agar kita semua nggak kesulitan menemukan kata mutiara Islami tentang pernikahan, Diadona.id telah merangkum kumpulan kata tersebut dari berbagai sumber. Ya nggak usah lama-lama mari kita seimak dengan seksama ya.

1 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan

Kata Mutiara Pernikahan © Diadona

1. “ Ketika sepasang suami istri memandang dengan cinta, Allah memandang mereka dengan belas kasihan.”

2. “ Jika pasangan Anda marah, Anda harus tenang. Jika yang satu adalah api, yang lainnya haruslah air. " Umar Bin Khattab (RA)

3. “ Tidak ada cinta antara dua jiwa yang lebih besar daripada cinta antara pasangan.” Tafsir Ibn Khatir 3/525

4. “ Pria memimpikan wanita yang sempurna dan wanita memimpikan pria yang sempurna dan mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain.” Ahmad AlShugairi

5. “ Tugas Anda bukanlah mencari cinta, tetapi hanya mencari dan menemukan semua penghalang dalam diri Anda yang telah Anda bangun untuk melawannya.” Rumi

6. “ Di antara tanda-tanda-Nya adalah bahwa Dia menciptakan untuk Anda pasangan dari antara Anda sendiri, untuk memiliki ketenangan dengan mereka dan Dia menempatkan cinta dan belas kasihan di antara (hati) Anda: sesungguhnya di dalamnya ada tanda-tanda bagi mereka yang merenung.” Quran Ar-Rum [30:21]

7. “ Ketika berbicara tentang pernikahan, Allah berfirman bahwa pasanganmu adalah pakaian untukmu. Sebuah pakaian mungkin atau mungkin tidak pas dengan sempurna-tapi bagaimanapun juga, itu menutupi ketidaksempurnaan, melindungi dan mempercantik. ” Yasmin Mogahed

8. “ Pecinta akhirnya tidak bertemu di suatu tempat. Mereka satu sama lain selama ini. ” – Rumi

9. ”Istri yang sholihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik hati, kendaraan yang nyaman. Dan empat termasuk kesengsaraan: istri yang jahat, tempat tinggal yang sempit, tetangga yang buruk, dan kendaran yang buruk.” (HR. Ibnu Hibban no: 4032, lihat Ash-Shahihah no: 282)

10. ”Maka nikahilah wanita-wanita lain yang halal bagi kalian untuk dinikahi; (apakah) dua, tiga, atau empat. Namun, apabila kalian khawatir tidak bisa berlaku adil (di antara para istri bila sampai kalian memiliki iebih dari satu istri), nikahilah satu istri saja atau mencukupkan dengan budak perempuan yang kalian miliki. Hal itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.” (QS. An-Nisaa’: 3)

2 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan

Kata Mutiara Pernikahan © Diadona

11. " Menikah adalah separuh perjalanan ketakwaan kepada Allah dan bagian dari sunnah Rasulullah."

12. " Istri adalah tulang rusukmu, ia bukanlah wanita yang bisa engkau suruh-suruh. Perlakukanlah ia dengan kelembutan, maka ia akan lebih lembut dari perlakuanmu."

13. " Tiada janji terindah yang didengar oleh wanita dari lisan laki-laki, kecuali janji akad pernikahan."

14. " Menuntut ini dan itu kepada suami tidak akan mencukupkan kebutuhanmu. Cukup bersyukurlah atas pemberian suami, maka kebutuhanmu akan tercukupi."

15. " Menikah adalah ibadah terpanjang dan terlama karena dengan menikah engkau akan menyempurnakan setengah perjalanan agama dan kehidupanmu."

16. " Percayalah kepada Allah jika engkau seorang wanita yang beriman, kemudian sambutlah suami dengan senyuman bila engkau seorang istri yang taat."

17. " Tiada satu pun cara yang dapat menyatukan dua manusia yang sedang jatuh cinta kecuali menikah."

18. " Ketahuilah, tanpa engkau sadari, seorang istri selalu mendahulukan suami dalam segala hal. Satu di antaranya dalam hal makan."

19. " Janganlah menuntut ini dan itu kepada suami. Jadilah seorang istri yang sabar yang selalu di sisinya dalam kondisi apa pun."

20. " Menikah adalah ibadah terpanjang dalam mengarungi perjalanan hidup seseorang. Jangan sia-siakan suami atau istri yang Allah titipkan kepadamu."

3 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami tentang Pernikahan

Kata Mutiara Pernikahan © Diadona

21. “ Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar.” (HR. Abu Daud)

22. “ Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang la pimpin… seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan la bertanggung jawab atas keluarganya..Ketahuilah setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin.” (HR. Bukhari dan Muslim)

23. “ Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6)

24. “ Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar.” (HR. Abu Daud)

25. “ Bersenang-senanglah dengannya di atas kebengkokan yang ada di atas dirinya.” (HR. Ibnu Hibban)

26. “ Barangsiapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

27. Tidak ada penawar yg lebih manjur bagi dua insan yg saling mencintai dibanding pernikahan. (HR. Ibnu Majah)

28. Ada tiga orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah: 1) Orang yang berjihad di jalan Allah; 2) Orang yang menikah demi menjaga kesucian dirinya; 3) Budak mukatab yang ingin membebaskan dirinya. – (HR. An-Nasa’i)

29. Seorang suami seharusnya bisa tampil di hadapan istrinya layaknya seorang bocah. Akan tetapi ketika sang istri membutuhkannya, maka ia harus tampil layaknya seorang lelaki perkasa. – Umar bin Khattab

30. “ Jangan pernah mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu?” – Imam Syafi’i

4 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Pernikahan Menyentuh Hati

Kata Mutiara Islami Pernikahan © Diadona

 

31. Seorang istri harus menjaga kehormatan suaminya di dalam dan memiliki tempat yang nyaman untuk bersandar setelah bekerja.

32. Ikatan yang paling kuat antara laki-laki dan perempuan bukan hanya soal cinta, tapi seberapa banyak ilmu agama yang melekat pada keduanya.

33. Ketahuilah bahwa semua rasa sakit yang dialami selama kehamilan dan persalinan adalah pengampunan dosa bagi wanita. Saat kamu membesarkan anak-anak, itu menjadi ladang penghargaan yang tidak pernah berakhir.

34. Pasangan yang baik bukanlah seseorang yang mencari seseorang yang sempurna, tetapi seseorang yang mau menerima ketidaksempurnaan yang ada untuk saling melengkapi.

35. Ingatlah untuk selalu mensyukuri segala kebaikan yang kamu miliki dan Allah SWT akan selalu menjagamu.

36. Melayani suami dengan baik adalah ibadah. Mencuci pakaian suami dan menyiapkan makanan juga merupakan tindakan mulia. Bersabarlah dengan ini dan lakukan yang terbaik yang kamu bisa, berharap untuk rahmat Allah SWT.

37. Istri yang paling bahagia adalah mereka yang dikaruniai suami yang sabar, hangat, suka menolong, dan setia.

38. Hormatilah istrimu seperti layaknya seorang ibu, dan ingatlah bahwa istrimu tetap menjadi ibu dari anak-anakmu.

39. Orang tua tidak selalu yang terkuat. Suami masih membutuhkan istri di belakang, dan tidak peduli seberapa pintar seorang wanita, dia masih membutuhkan bimbingan seorang pria.

40. Saat Anda membangun rumah Anda, ingatlah bahwa tidak ada rumah yang tanpa tantangan. Sabar dan bersyukur dalam menghadapi cobaan.

41. Membangun rumah ibarat perahu kecil yang perlu didayung bersama. Jika hanya salah satu dari pasangan yang mendayung perahu, perahu tidak dapat berlabuh di Pulau Kebahagiaan.

42. Butuh waktu lama untuk benar-benar membangun rumah, tetapi semuanya akan berhasil.

43. Seorang pria seperti sebuah rumah. Jika kamu menaati-Nya, Dia akan melindungimu dan memenuhi kebutuhan. Tetapi jika kamu mengkhianatinya, dia akan berpaling darimu.

44. Tidak peduli seberapa kuat seorang suami, dia membutuhkan seorang istri di belakangnya. Tidak peduli seberapa pintar seorang wanita, dia membutuhkan bimbingan seorang pria.

45. Tidak ada hubungan antara seorang pria dan seorang wanita yang paling indah dan diridhai Allah, kecuali pernikahan.

46. Pernikahan adalah ibadah terlama dan terpanjang karena itu, pernikahan dapat melengkapi perjalanan keagamaan dan separuh dari hidupmu.

47. Orang baik tidak memalsukan ikatan suci pernikahan karena mereka tahu mereka memiliki tanggung jawab besar di akhirat.

48. Cinta sejati dimulai setelah menikah.

49. Perkawinan tidak hanya mengikat dua insan yang saling mencintai, tetapi juga merupakan tempat rezeki untuk kehidupan di dunia ini dan akhirat.

50. Kehidupan keluarga akan selalu diberkati oleh Allah SWT jika mereka selalu menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu cara termudah adalah dengan saling mencintai dalam pernikahan.

5 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Pernikahan dalam al-Quran

Kata Mutiara Islami Pernikahan © Diadona

51. " Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka." (Q.S. Al-Baqarah: 187)

52. " Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang dan belas kasihan." (Q.S. Ar-Rum: 21)

53. “ Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. Dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat.” (QS An-Nisa: 21).

54. “ Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah Swt yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah Swt adalah pengawas atas kamu.” (QS An-Nisa: 1).

55. " Berbuat baiklah kepada istri-istrimu." (Q.S. An-Nisa: 19)

56. “ Lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan.” (QS Al-Qiyamah: 39).

57. " Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka." (Q.S. Al-Baqarah: 187)

58. " Dan mereka hidup dalam keadaan bersikap baik dan dalam rahmat." (Q.S. Ar-Rum: 21)

59. " Jika kalian menyukai sifat atau perilaku seseorang, nikahilah dia." (Hadits riwayat Tirmidzi)

60. " Hendaklah orang yang beriman menahan pandangannya." (Q.S. An-Nur: 30)

61. " Dan dari segala sesuatu Dia ciptakan pasangan-pasangan supaya kamu ingat akan kebesaran Allah." (Q.S. Adz-Dzariyat: 49)

62. “ Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkahwin) dari hamba-hamba sahaya yang lelaki dan hamba-hamba sahaya yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS An-Nur: 32).

63. " Jika seorang Muslim memberi nafkah kepada keluarganya, dan ia berharap pahala dari itu maka nafkah tersebut akan bernilai sedekah" - HR. Bukhari No. 5351.

64. " Wanita dinikahi karena empat perkara, yakni hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka, pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau akan beruntung" -HR. Al-Bukhari No. 5090 dan Muslim No. 1466.

65. " Siapa yang ingin bertemu Allah dalam keadaan suci dan disucikan, maka menikahlah dengan perempuan-perempuan yang merdeka" -HR Ibnu Majah

66. " Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah perempuan yang shalihah" - HR. Muslim.

67. " Tidak pernah didapat bunga-bunga cinta antara dua orang yang memadu cinta sebagaimana pada dua orang yang sudah menikah" - HR. Ibnu Majah no: 1847, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Ibnu Majah no: 1497.

68. " Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar" - HR. Abu Daud no. 4800 dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahihul jami’ no.1464.

69. " Tidaklah Rasulullah pernah mencela suatu makanan sedikitpun. Seandainya beliau menyukainya, beliau menyantapnya.Jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya (tidak memakannya)" - HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064.

70. " Jika seorang hamba melakukan pernikahan, maka telah sempurna separuh agamanya dan takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya" - HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman.

6 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Pernikahan Singkat

Kata Mutiara Islami Pernikahan © Diadona

71. Jarak bisa menjadi indah ketika kamu menunggu Allah mempertemukan kalian berdua dengan cara yang benar.

72. Tidak ada yang lebih indah dari seseorang berilmu yang mengajarkanmu tentang agama, meningkatkan imanmu, dan membuatmu jatuh cinta kepada Allah SWT. Jika kamu telah menemukannya, jangan sampai kehilangan dia.

73. Pernikahan yang sukses membutuhkan jatuh cinta berkali-kali, selalu dengan orang yang sama.

74. Hadiah untuk kekasih adalah doa dalam diamnya untuk satu sama lain.

75. Menikahlah dengan pria yang takut kepada Allah agar dia dapat memperlakukanmu dengan baik.

76. Tidak ada yang lebih menarik daripada pria yang berkomitmen penuh pada istrinya. Tidak peduli berapa banyak wanita yang tertarik padanya, dia tetap pada istrinya.

77. Seorang istri adalah tulang rusukmu, dia bukan wanita yang bisa kamu suruh-suruh seperti pembantu. Perlakukan dia dengan lembut dan penuh kasih sayang.

78. Tidak ada satu cara yang bisa menyatukan dua manusia yang sedang jatuh cinta kecuali menikah.

79. Menikah adalah ibadah terpanjang dalam mengarungi perjalanan hidup seseorang.

80. Tidak ada komunikasi paling indah kecuali komunikasi dan saling menyapa antara suami dan istri.

81. Pernikahan yang hebat bukanlah saat pasangan yang sempurna bersatu. Saat itulah pasangan yang kurang sempurna saling belajar menikmati perbedaan mereka.

82. Menikah bukan sekadar menyatukan dengan orang yang kamu cintai. Itu juga menerima kepercayaan, kebiasaan, dan kesukaannya.

83. Selalu berusaha memberikan yang terbaik dari diri kamu kepada pasangan kamu, bukan apa yang tersisa setelah kamu memberikan yang terbaik untuk orang lain.

84. Ketika dua orang menjadi satu melalui pernikahan, bukan hanya hati mereka yang dipersatukan, tetapi juga pikiran dan jiwa mereka.

85. Pernikahan adalah perjalanan seumur hidup yang berkembang dengan cinta, komitmen, kepercayaan, komunikasi, kesabaran, dan persahabatan.

86. Banyak pernikahan akan lebih baik jika suami dan istri memahami dengan jelas bahwa mereka di pihak yang sama.

87. Pernikahan yang bahagia dimulai saat kita menikahi orang yang kita cintai dan berkembang saat kita mencintai orang yang kita nikahi.

88. Cinta sejati berdiri di sisi satu sama lain di hari-hari baik dan berdiri lebih dekat di hari-hari buruk.

89. ersyukur adalah jalan tercepat menuju kebahagiaan dalam berumah tangga.

90. Menghargai pasangan dapat membantu kamu memperhatikan dan fokus pada hal-hal positif dalam hubungan kamu menjadi lebih mudah.

Beri Komentar