3 Cara Sederhana Untuk Bahagia Tanpa Terapi

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 28 Januari 2020 14:34
3 Cara Sederhana Untuk Bahagia Tanpa Terapi
Tidak selalu menjalani terapi untuk meraih kebahagiaan menyenangkan. Inilah tips sederhana untuk hidup bahagia.

"You only lives once, but if you do it right, once is enough." --Mae West.

Bukan kamu seorang diri yang mencari kebahagiaan dalam hidup. Tidak ada yang tidak ingin bahagia, kan? Kalau kamu merasa belum bahagia selama hidup, perlu kamu sadari untuk memahami dirimu sendiri kenapa tidak merasa bahagia?

Mengutip dari Yourtango (28/1), kunci mengejar kebahagiaan sejati terletak pada mempraktikkan perawatan diri. Bukan hanya soal tampilan luarmu saja, tapi juga bagaimana merawat kesehatan mental dan emosionalmu. Tidak apa kamu merasa sedih, jatuh ketika putus bercinta, perpisahan, atau masalah-masalah lain yang hinggap tapi kamu tidak boleh menyerah begitu saja. Kamu berhak merasa lebih baik setelah menghadapi semuanya. Berikut ini 3 cara sederhana untuk membuatmu lebih bahagia.

1 dari 3 halaman

Jangan Biarkan Hal Negatif Membanjirimu

Ilustrasi Perempuan © Diadona

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memperhatikan titik awal emosionalmu. Misalnya saja perasaan takut atau ragu yang hinggap dalam dirimu. Kalau kamu biarkan saja dia akan merusak hubunganmu dengan orang lain. Kamu bisa saja curiga terus menerus karena takut kemungkinan-kemungkinan buruk terjadi dan merusak hubunganmu dengan orang-orang terdekat karena emosi negatif yang kamu biarkan.

Penting adanya pengenalan terhadap emosi negatif yang ada pada diri sendiri kemudian coba evaluasi. Hidupmu ini mengalir berdasarkan dari pikiran dan sugesti-sugestimu. Kalau kamu berpikir negatif maka kamu akan mengalaminya pula.

2 dari 3 halaman

Ubah Fokusmu

Ilustrasi Perempuan © Diadona

Kalau kamu terus-terus membiarkan energi negatif hinggap, maka kamu akan menjalani hidup yang negatif. Jadi, mulailah untuk melihat ke depan dan fokus pada hal-hal baik yang kamu inginkan. Kadang, saat kita merasa sakit kita akan lari untuk menghindarinya. Posisi reaktif ini memang bisa menjauhkan diri dari rasa sakit tapi sifatnya hanya sementara. Sebaiknya kita menghadapinya dan mengubah fokus kita terhadap hal-hal yang lebih baik. Bukan menjauh dari perasaan negatif tapi bergerak maju untuk penuhi kebahagiaan.

3 dari 3 halaman

Rayakan Prosesnya, Bukan Hasilnya

Ilustrasi Perempuan © Diadona

Kebanyakan orang melakukan banyak hal dengan ekspektasi tinggi mengenai hasilnya. Sehingga jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan akan merasa terpuruk tanpa memedulikan proses panjang yang begitu indah telah dilewati. Coba rayakan prosesnya, bukan hasilnya. Kamu perlu memberi hadiah pada dirimu sendiri karena mempertahankan pikiran positif untuk menghargai setiap proses yang kamu lalui.

Ketiga tips sederhana di atas bisa membantumu merasa lebih bahagia jika kamu benar-benar melakukannya. Sebab, bahagia itu bukan sekedar didapatkan tapi diciptakan.

Beri Komentar