Tips agar Luka Operasi Caesar Cepat Kering, Lakukan Hal Ini Ya Moms

Reporter : Riza Umami
Senin, 11 Mei 2020 14:17
Tips agar Luka Operasi Caesar Cepat Kering, Lakukan Hal Ini Ya Moms
Beberapa tips agar luka bekas operasi caesar cepat kering, apa aja ya kira-kira?

Melahirkan dengan cara operasi caesar tentu lebih memudahkan dibandingkan dengan persalinan normal. Namun, tentu operasi caesar ini akan menyebabkan luka bekas robekan di perut yang cukup besar dan bisa membekas.

Biasanya luka bekas operasi caesar ini lama keringnya dan tak jarang membuat ibu meringis merasakan nyeri pada perutnya. Tentu hal itu akan menghambat aktivitas ibu, ditambah dengan merawat buah hati yang baru lahir. Oleh sebab itu, ibu pun perlu melakukan beberapa tips agar luka caesar ini cepat kering. Apa saja ya kira-kira?

1 dari 3 halaman

Jangan Beri Tekanan pada Perut

Beberapa hal yang bisa menyebabkan tekanan pada perut ini seperti batuk dan bersin yang terlalu keras serta tertawa terbahak-bahak yang sampai bikin perut sakit. Selain itu kurangi dulu naik turun tangga agar perut tak menerima tekanan terlalu banyak untuk menghindari lukanya terbuka lagi. 

Hindari Membawa Beban Berat

Agar luka cepat kering, disarankan untuk tidak membawa beban berat sementara ini seperti membawa belanjaan yang berat dan lain sebagainya. Mintalah bantuan pada pasangan, adik atau orang yang menemanimu. Olah raga yang terlalu berat pun baiknya dihindari dulu. 

2 dari 3 halaman

Hindari Sembelit

Ternyata mengejan saat BAB pun bisa memberikan tekanan pada perut yang bisa menyebabkan luka terbuka lagi. Jaga pola makan dan perbanyak makan makanan yang berserat serta minum air putih agar pencernaan lancar dan tak sampai mengalami sembelit. 

Gunakan Pakaian yang Longgar

Lebih baik kamu menggunakan pakaian yang longgar dulu usai melakukan operasi caesar. Hal ini agar luka tak mengalami gesekan dengan pakaian yang terlalu pas dan juga memberikan ruang yang lebih longgar. 

3 dari 3 halaman

Oleskan Salep

Biasanya setelah melakukan operasi caesar, dokter akan meresepkan salep agar luka cepat kering. Jangan lupa untuk mengoleskannya sesuai ketentuan dari dokter tiap harinya. Hindari pula menggunakan salep yang belum terbukti keamanannya yang disarankan oleh kerabat, teman atau review di internet.

Melansir dari laman klikdokter.com, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons mengatakan biasanya, luka jahitan bekas operasi caesar ini pulih dalam waktu enam minggu. Jadi Moms pun harus sabar menunggu ya selain melakukan beberapa tips di atas. Semoga lukanya cepat kering.

Beri Komentar