Sering Dikatain 'Perutnya Kecil Banget' Pas Lagi Hamil? Ini Penyebabnya

Reporter : Riza Umami
Minggu, 3 Mei 2020 10:17
Sering Dikatain 'Perutnya Kecil Banget' Pas Lagi Hamil? Ini Penyebabnya
Ini nih penyebab perut tampak kecil meski hamil.

Saat sedang hamil umumnya perut akan membesar seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Namun, ada sejumlah ibu yang waktu hamil, perutnya tak terlalu kelihatan besar. Alhasil pada banyak yang nanyain "kok perutnya kecil banget?" dan pertanyaan-pertanyaan lain yang serupa.

Moms, pernah ngalamin yang kayak gitu nggak? Memang ada beberapa faktor yang menyebabkan perut bumil ini tampak tak terlalu besar saat hamil. Sebuah akun Instagram yaitu @hallobumil_id memberikan beberapa informasi apa saja hal-hal yang membuat perut tampak kecil saat hamil, antara lain yaitu:

1 dari 2 halaman

1. Pertama kali Hamil

Ternyata pada beberapa ibu hamil, kehamilan yang pertama ini bisa membuat perutnya tampak kecil dan tak seperti orang hamil lainnya. Namun, pada kehamilan berikutnya, perut akan mulai membesar karena sudah lebih elastis berkat kehamilan yang sebelumnya. 

2. Postur Tubuh

Postur tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab perut bumil tampak kecil dibandingkan dengan mama yang lain. Biasanya jika moms memiliki tubuh yang tinggi dan ramping, maka saat hamil nanti tak akan terlalu kelihatan. 

2 dari 2 halaman

3. Usia Kehamilan

Tentu usia kehamilan memengaruhi besarnya perut bumil. Makin lama usia kehamilan, maka perut pun akan makin membesar, begitu pula dengan sebaliknya. Jadi tak perlu khawatir jika pada trimester pertama perut tak terlalu kelihatan hamil, nanti akan makin bertambah besar. 

4. Baju yang Dipakai

Pakaian yang dikenakan oleh bumil tentu akan sangat berpengaruh. Jika menggunakan pakaian yang longgar atau dress biasanya perut yang hamil tak akan terlalu kelihatan. Lain cerita saat mengenakan pakaian yang ketat, tentu perut hamil akan kelihatan lebih jelas.

Namun, yang lebih penting lagi yaitu besarnya perut moms ini tak ada kaitannya dengan kesehatan si kecil yang ada di dalam kandungan. Jadi, tak perlu terlalu khawatir bila perut kelihatan kecil saat hamil. Daripada moms terlalu memikirkan perkataan orang lain yang terus komen kok nggak kelihatan hamil atau perutnya kecil banget, lebih baik menjaga kesehatan diri dan kandungan moms ya.

Beri Komentar