Posisi Duduk Ini Bisa Bahayakan Janin, Hati-Hati Ya Moms!

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 16 Mei 2020 07:17
Posisi Duduk Ini Bisa Bahayakan Janin, Hati-Hati Ya Moms!
Beberapa posisi duduk yang berbahaya untuk janin.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan mulai dari hal kecil sampai yang besar. Salah satu hal kecil yang ternyata juga cukup berdampak pada janin yaitu posisi duduk ibu hamil.

Ternyata saat hamil ibu tak bisa duduk sembarangan asal nyaman begitu saja, karena posisi duduk yang salah bisa berefek buruk pada si kecil yang ada di dalam perut ibu.

Dilansir dari laman fimela.com (03/02), ada beberapa posisi duduk yang harus dihindari oleh ibu hamil yaitu:

1 dari 4 halaman

Membungkuk

Ilustrasi Ibu Hamil Nangis © Diadona

Saat terlalu lama duduk dan tak ada sandaran di bagian belakang, biasanya duduknya jadi membungkuk ya. Namun, untuk bumil posisi ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan ketegangan bagi sumsum tulang belakang.

Ketegangan ini pun tak mampu menopang berat tubuh yang bertambah karena kehamilan. Selain itu, duduk membungkuk ini juga akan memberikan tekanan pada baby bump ibu hamil.

2 dari 4 halaman

Duduk dengan Kaki Menggantung

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Perhatikan pula saat duduk, jangan sampai posisi kaki menggantung. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya aliran darah ke kaki. Posisi duduk seperti ini akan memperparah pembengkakan kaki yang biasa terjadi saat hamil.

3 dari 4 halaman

Duduk Tanpa Sandaran

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Saat duduk pun usahakan ada sandaran di bagian belakang. Duduk tanpa sandaran ini bisa mengakibatkan sakit punggung semasa hamil akan bertambah parah. Selain itu, hindari pula duduk di kursi dengan sandaran yang pendek.

4 dari 4 halaman

Posisi Setengah Duduk

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Biasanya posisi ini dilakukan di atas tempat tidur. Namun ternyata, posisi ini pun bisa berisiko untuk janin karena akan memberikan tekanan pada sumsum tulang belakang. Hal ini akan menyebabkan kamu merasakan nyeri pada punggung dan tulang ekor saat duduk dengan posisi ini terlalu lama.

Nah itulah posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil. Jangan sampai salah posisi duduk ya, Moms. Semoga sehat-sehat selalu sampai persalinan nanti.

Beri Komentar