Pentingnya Imunisasi untuk Ibu Hamil, Tak Perlu Khawatir Keamanannya

Reporter : Riza Umami
Jumat, 29 Mei 2020 16:17
Pentingnya Imunisasi untuk Ibu Hamil, Tak Perlu Khawatir Keamanannya
Vaksin ini sangat penting bagi ibu hamil dan keamanannya pun telah teruji. Jadi tak perlu khawatir, Mom.

Sejumlah ibu terkadang masih ragu dan mempertanyakan keamanan vaksin atau imunisasi saat hamil. Mungkin hal ini disebabkan khawatir akan benda asing yang masuk ke dalam tubuh dan takut memengaruhi kesehatan ibu dan si kecil yang ada di dalam kandungan.

Namun, sebenarnya hal tersebut tak perlu terlalu dikhawatirkan. Menurut dr. Melyarna Putri dari klikdokter.com, proses imunisasi untuk ibu hamil ini aman untuk dilakukan, bahkan sangat dianjurkan. Ternyata imunisasi yang dilakukan tersebut tak hanya berguna untuk menangkal penyakit, tetapi juga bagus untuk kesehatan janin.

1 dari 2 halaman

Bahkan sebelum didistribusikan pada masyarakat, tentu vaksin ini sudah melewati proses pengujian untuk menguji keamanannya. Yang perlu diperhatikan adalah saat ibu memiliki alergi tertentu seperti telur atau yang lainnya, sebelum melakukan imunisasi ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Imunisasi yang dilakukan untuk ibu hamil ini pun keamanannya turut dipantau. Ada beberapa jenis vaksin yang sangat dianjurkan penggunaannya. Salah satunya adalah vaksin influenza. Hal ini disebabkan karena ibu hamil berisiko tinggi terkena virus influenza yang bisa menyebabkan komplikasi berat.

2 dari 2 halaman

Bila sudah terserang virus ini, ibu hamil dapat terancam melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah, lahir prematur, bahkan bisa menyebabkan bayi lahir dalam keadaan tak bernyawa. Tentu Mom tak ingin mengalami hal tersebut, sehingga vaksin influenza ini penting untuk dilakukan.

Ada pula imunisasi TT (Tetanus Toksoid). Tetanus ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian pada bayi. Imunisasi tetanus ini bertujuan agar ibu hamil tak terserang tetanus dan bisa menyelamatkan nyawa si kecil. Itulah pentingnya imunisasi untuk ibu hamil, jadi tak perlu khawatir lagi untuk keamanannya karena ini untuk kesehatan janin.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More