Lagi Hamil Tapi Pengin Ikut Puasa? Perhatikan Beberapa Hal Ini Ya

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 25 April 2020 07:17
Lagi Hamil Tapi Pengin Ikut Puasa? Perhatikan Beberapa Hal Ini Ya
Hal-hal yang perlu diperhatikan bila ingin puasa saat sedang hamil.

Dalam Islam, ibu hamil mendapatkan kelonggaran untuk tidak menjalankan ibadah puasa terlebih dahulu. Meski begitu sejumlah ibu hamil pun ingin tetap berpuasa meski sedang hamil. Apakah kamu salah satunya?

Yang pasti adalah memerhatikan asupan nutrisi selama puasa agar tak mengganggu kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Dilansir dari laman alodokter.com, sebenarnya cukup aman untuk berpuasa saat hamil asalkan tak mengalami komplikasi kehamilan, memiliki berat badan yang normal dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Sebelum berpuasa yang perlu kamu lakukan adalah berkonsultasi dahulu dengan dokter kandunganmu. Biasanya pada trimester kedua akan makin mudah untuk menajalankan ibadah puasa. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika berpuasa saat hamil.

1 dari 4 halaman

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Badan tetap membutuhkan cairan tubuh yang cukup, terutama bagi ibu hamil yang juga sedang mengandung anak. Dalam sehari paling tidak ibu hamil membutuhkan 1,5-2 liter kebutuhan cairan di dalam tubuh. Pastikan itu tercukupi ya di antara waktu berbuka sampai sahur.

2 dari 4 halaman

2. Tidak Terlalu Stres

Saat sedang berpuasa biasanya kadar stres agak meningkat apalagi karena harus menahan lapar dan dahaga seharian. Pastikan kamu tak terlalu stres dan tetap tenang karena bila sang ibu stres maka bisa berpengaruh buruk pada kesehatan janin dalam kandungan.

3 dari 4 halaman

3. Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

Mengapa tak boleh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis? Hal ini disebabkan karena makanan manis menyebabkan kadar gula naik dan turun dengan cepat di dalam tubuh. Padahal perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat ini bisa mengakibatkan pusing dan lemas. Oleh sebab itu, batasi konsumsi makanan manis.

4 dari 4 halaman

4. Hindari Terlalu Capek Beraktivitas

Ibu hamil cenderung mudah capek karena sedang berbadan dua. Oleh sebab itu, lebih baik kamu tak melakukan aktivitas yang terlalu melelahkan terutama saat puasa begini. Perbanyak istirahat dan buat dirimu nyaman.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika tetap ingin menjalan ibadah puasa saat hamil. Semoga puasanya lancar dan sehat selalu untuk kamu dan dedek bayi di dalam kandungan.

Beri Komentar