Ibu Dilarang Potong Rambut saat Hamil, Emang Bener Ya?

Reporter : Prisma Difta
Selasa, 23 Juni 2020 16:49
Ibu Dilarang Potong Rambut saat Hamil, Emang Bener Ya?
Mitos atau fakta nih?

Saat hamil banyak sekali pantangan untuk melakukan sesuatu, terlebih lagi kita yang lahir di Indonesia penuh dengan mitos terkait kehamilan dan semacamnya. Seperti halnya mitos memotong rambut saat hamil, banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil tak boleh memotong rambutnya karena itu akan membuat janin lahir cacat, apakah benar?

1 dari 2 halaman

Mitos Potong Rambut saat Hamil

Ilustrasi Potong Rambut © Diadona

Dalam lingkungan kita, kita sudah tak asing lagi dengan mito, banyak ditemukan mitos yang tak masuk akal namun juga banyak dari kita yang mempercayainya. membahas tentang mitos dilarang mencukur rambut saat hamil karena membuat bayi cacat sebenarnya itu sangat tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari lho!

Di jaman yang sudah sangat canggih ini, banyak teknologi yang bisa digunakan untuk mendeteksi kelainan pada janin, dan penyebab yang membuat terjadinya kelainan pada bayi yaitu, kelainan genetik, kekurangan nutrisi, virus atau penyakit tertentu.

2 dari 2 halaman

Fakta Memotong Rambut saat Hamil

Pada saat ibu sedang mengandung, banyak sekali hal yang mempengaruhi pertumbuhan rambut, mulai dari tekstur, ketebalan, dan pertumbuhannya yang menyebabkan rambut cepat panjang, tentu itu kadang mengganggu.

Memotong rambut saat hamil tidak memengaruhi kesehatan pada janin apalagi menyebabkan bayi cacat.

Bukan potong rambut, ini faktor yang memberi risiko kecacatan pada bayi yaitu:

  • Riwayat kelainan genetik.
  • Usia Mama lebih dari 35 tahun.
  • Pola makan dan gaya hidup.
  • Penggunaan obat-obatan.
  • Infeksi atau penyakit tertentu.

Namun, beberapa perawatan rambut seperti rebonding, smoothing dan yang lainnya yang berkaitan dengan kimiawi akan membahayakan, jadi hindari dulu saat kehamilan ya moms!

Semoga membantu!

 

Beri Komentar