Gak Usah Khawatir Perut Jatuh, Jongkok saat Hamil Manfaatnya Gak Kurang-Kurang!

Reporter : Riza Umami
Selasa, 12 Mei 2020 19:17
Gak Usah Khawatir Perut Jatuh, Jongkok saat Hamil Manfaatnya Gak Kurang-Kurang!
Ternyata jongkok saat hamil banyak manfaatnya lho.

Jongkok saat hamil mungkin akan sedikit sulit dilakukan, apalagi dengan adanya si kecil di dalam perut. Bagi sebagian lainnya jongkok terkadang bikin kaki jadi pegal.

Namun, ternyata melakukan jongkok saat hamil ini mempunyai manfaat tertentu. Tentu saja yang dimaksudkan bukan jongkok diam di tempat, tetapi jongkok dalam melakukan gerakan squat.

1 dari 2 halaman

Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res dari KlikDokter, bumil tentu dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga. Hal ini untuk menjaga kesehatan tubuh ibu. Salah satu olah raga yang bisa dilakukan ini yaitu melakukan gerakan squat.

Beberapa manfaat yang akan didapatkan dari sering melakukan squat saat hamil ini yaitu membantu menguatkan otot kaki, membuat otot panggul lebih rileks, dan membantu membuka saluran serta jalan lahir nanti di bagian panggul yang akan memudahkan proses persalinan.

2 dari 2 halaman

Selain itu, sering melakukan gerakan squat ini bertujuan untuk mengurangi risiko dilakukannya tindakan episiotomi di mana dibuat sayatan pada jaringan jalan lahir bayi dan anus. Proses buang air besar pun akan makin lancar.

Nah itulah beberapa manfaat yang akan dirasakan ibu bila sering melakukan squat. Namun, jika ada keluhan yang terjadi, segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan ya, Moms.

Beri Komentar