Cek Test Pack Kehamilan di Malam Hari Apakah Hasilnya Valid?

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 22 Oktober 2020 09:08
Cek Test Pack Kehamilan di Malam Hari Apakah Hasilnya Valid?
Simak penjelasannya

Kelahamilan memang sangat dinanti-nantikan oleh banyak pasangan. Biasanya sebelum ke dokter kandungan, ibu akan memulai mengecek kehamilan melalui alat berupa Test Pack. Penggunaan test pack sangat penting diketahui untuk menghindari salah dalam mengidentifikasi kehamilan.

Test pack biasanya digunakan pada pagi hari karena di pagi hari urine masih sangat pekat dan itu menghasilkan hasil yang akurat, namun, bagaimana jika ibu melakukannya di malam hari? Apakah hal tersebut juga valid? 

1 dari 2 halaman

Test Pack di Malam Hari Apakah Valid?

Tujuan test pack yaitu untuk mengetahui kadar hCG atau Human chorionic gonadotropin yang merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan. hCG diketahui muncul bersamaan dengan urine di pagi hari.

Namun, jika hal tersebut dilakukan pada malam hari, dipastikan hasil test pack akan samar dan hasil tidak akurat. Jika mendesak harus test pack di malam hari, ibu bisa menggunakan jenis test pack tes darah karena itu lebih memberikan hasil yang akurat.

Biasanya, tes kehamilan dilakukan paling cepat dua minggu setelah ovulasi. Idealnya, ini diulangi lagi dalam satu minggu jika tidak terjadi menstruasi.

Jadi baiknya ibu tetap menggunakannya pada pagi hari untuk hasil yang valid dan akurat ya!

2 dari 2 halaman

Jika Ibu Mendesak Melakukan di Malam Hari

Jika ibu terdesak dan harus melakukannya di Malam hari, sepertinya ini adalah tips yang cocok ibu lakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam mengidentifikasi kehamilan,

  • Jika hasil positif, kemungkinan ibu hamil. Namun, perlu dilakukan kembali pengecekan di pagi hari untuk hasil yang lebih valid
  • Hindari mengonsumsi minuman apa pun yang mengandung kafein sepanjang hari. Minum banyak air dan hindari garam. Setelah segelas air terakhir di siang hari, tunggu setidaknya 6 jam tanpa minum sebelum melakukan tes.

Beri Komentar