Beberapa Hal yang Akan Terjadi Bila Ibu Hamil Kekenyangan Hidangan Lebaran

Reporter : Riza Umami
Rabu, 27 Mei 2020 09:17
Beberapa Hal yang Akan Terjadi Bila Ibu Hamil Kekenyangan Hidangan Lebaran
Walaupun lebaran tetap perhatikan asupan gizi ya Moms, jangan berlebihan.

Saat lebaran biasanya akan ada berbagai hidangan seperti opor ayam, ketupat, gulai, rendang, bakso dan berbagai sajian lainnya. Selain itu ada pula berbagai camilan yang disajikan di meja untuk para tamu.

Mungkin awalnya Moms akan berpikir tak apa pumpung lebaran tetapi bila makan terus-menerus dari rumah ke rumah tentu nanti bisa kekenyangan. Padahal berat badan ibu hamil perlu selalu dijaga meski saat lebaran seperti ini.

1 dari 2 halaman

Sebenarnya tak ada larangan bagi ibu hamil untuk menikmati berbagai hidangan lebaran. Namun, tidak boleh berlebihan dan harus memperhatikan agar asupan gizi yang masuk pada tubuh ini seimbang sehingga tak akan memengaruhi kesehatan si kecil yang ada di dalam kandungan.

Bila terlalu kalap saat menyantap hidangan lebaran ini akan ada beberapa hal yang terjadi pad ibu hamil. Salah satunya yaitu akan mengalami obesitas. Tak sedikit yang akan bertambah berat badan saat lebaran, begitu pula dengan ibu hamil. Padahal, jika mengalami obesitas semasa hamil akan meningkatkan risiko bayi terkena diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

2 dari 2 halaman

Selain itu, terlalu banyak mengonsumi snack lebaran yang manis-manis seperti biskuit, cokelat, kue, dan lain sebagainya, bisa menyebabkan gula darah meningkat. Saat gula darah tinggi tentu hal ini akan berpengaruh buruk pada tubuh terutama si kecil yang ada di dalam perut ibu.

Makan kudapan lebaran yang berlebihan, juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya seperti kolesterol yang tinggi atau bisa pula hipertensi. Tentu kedua kondisi ini pun tak baik bagi kesehatan ibu hamil maupun calon bayi yang ada di kandungan.

Itulah beberapa hal yang mungkin terjadi saat terlalu berlebihan dalam mengonsumsi hidangan lebaran. Oleh sebab itu, saat hamil perlu diperhatikan berbagai asupan yang masuk ke dalam tubuh meski saat lebaran. Semoga Moms dan si kecil sehat selalu sampai proses persalinan nanti.

Beri Komentar