Bau Urine Bayi Terlalu Menyengat, Apakah Pertanda Bahaya?

Reporter : Prisma Difta
Sabtu, 30 Januari 2021 14:20
Bau Urine Bayi Terlalu Menyengat, Apakah Pertanda Bahaya?
Simak ya moms

Seperti yang kita tahu bahwa bayi memiliki tubuh yang sensitif, termasuk juga dengan sistem pencernaannya. Salah satu permasalahan yang biasa dialami oleh seorang bayi adalah bau dari air seni yang begitu menyengat. Lalu, apakah hal tersebut sebenarnya membahayakan?

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Urine Bayi Bau

Ada beberapa sebab yang membuat urine bayi begitu menyengat, beberapa masalah berikut mungkin penyebabnya:

Makanan yang dikonsumsi ibu

Kenapa bisa makanan yang dikonsumsi ibu berpengaruh kepada bayi? Permasalahan pertama adalah kebanyakan bayi mengonsumsi ASI yang mana berasal dari Ibu, makadari itu, makanan yang dikonsumsi Ibu sangat berpengaruh pada urine bayi.

Jika ibu banyak mengonsumsi sayuran seperti asparagus, bawang merah, dan bawang putih dapat membuat bau urine bayi menjadi lebih kuat dari biasanya.

 

2 dari 3 halaman

Bayi dehidrasi

Bagi bayi yang belum mengonsumsi MPASI, satu-satunya cara mendapatkan air untuk metabolisme sistem tubuh adalah melalui ASI. Karena lapar dan dehidrasi, ini bisa membuat urine membuat konsentrasu dari urine berubah menjadi menyengat lho moms. 

Amonia

Terkadang, urine bayi berbau seperti amonia yang kuat. Bau ini sangat tidak sedap dan membuat kewalahan orangtua yang mengganti popok bayi. Amonia ini biasa terjadi di pagi hari, ibu tak perlu khawatir karena ginjal memang memerlukan waktu.

3 dari 3 halaman

Kapan Sebaiknya Diperiksakan?

Baiknya, ibu periksakan jika bayi sudah mengalami tanda-tanda di atas ya moms! Semoga membantu!

Beri Komentar