Tips Jitu Stop Kecanduan Belanja Online, Biar Kantong Gak Makin Kering!

Reporter : Mila
Kamis, 9 Juli 2020 07:57
Tips Jitu Stop Kecanduan Belanja Online, Biar Kantong Gak Makin Kering!
Shopaholic wajib banget nih baca!

Berbelanja online memang bukan hal baru lagi. Kemudahan dalam bertransaksi sampai harga yang lebih murah, jadi alasan seseorang sering berbelanja online.

Ditambah lagi dengan adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB untuk memutus mata rantai COVID-19, pasti membuat kegiatan membeli barang secara online meningkat.

Tapi walau punya banyak keunggulan, jangan sampai deh kamu terjebak kecanduan belanja online. Karena hal ini bisa membuat dompetmu makin kering dan budget bulanan jadi berantakan.

Terus gimana dong caranya biar stop kecanduan belanja online? Yuk simak tips di bawah!

1 dari 2 halaman

Jangan Melihat Situs Belanja Online

Kalau kamu adalah tipikal orang yang impulsif dan tidak bisa menahan keinginan waktu melihat barang yang bagus atau sekadar lucu, lebih baik jangan lihat sama sekali.

Disarankan untuk jangan mengunjungi e-commerce atau website online berbelanja meskipun tujuanmu cuma 'lihat-lihat' saja.

Hal ini juga berlaku di social media seperti instagram, facebook, dan lainnya. Lebih baik jangan ikuti toko-toko online itu lagi, demi kemakmuran dompetmu! :')

2 dari 2 halaman

Berpikir Rasional

Godaan untuk berbelanja online, baik itu karena barangnya yang lucu ataupun karena diskon yang besar atau cashback dan free ongkir, semuanya pasti membuatmu tidak berpikir rasional.

Jika dibiarkan seperti itu terus, bisa-bisa bangkrut tuh!

Jadi, ada baiknya untuk berpikir rasional dan gunakan dana yang kamu punya untuk hal yang lebih positif seperti menabung atau investasi. Jangan lupa juga catat semua pengeluaran ya. Dengan begitu kamu tahu deh kemana 'larinya' danamu.

Memang susah sih tapi harus dibiaskan ya guys, demi masa depan kantong yang lebih tebal hehe. Semangat!

Beri Komentar