Diskon Tiket Kereta dari KAI, Ada Potongan 20% untuk Lansia

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 23 April 2024 14:34
Diskon Tiket Kereta dari KAI, Ada Potongan 20% untuk Lansia
Coba cek dulu deh, banyak penawaran menarik nih~

Tau nggak sih Diazens kalau PT Kereta Api Indonesia (Persero) punya program khusus diskon tiket kereta api loh. Namun, tidak untuk semua orang, diskon atau reduksi ini hanya diperuntukkan untuk jenis kategori penumpang termasuk lansia.

Di dalam artikel ini mari kita bahas secara detail terkait diskon atau reduksi tiket KAI ini. Jadi, mari kita simak artikelnya sampai habis ya!

1 dari 4 halaman

Ilustrasi KAI © Diadona© Shutterstock.com

Jenis Kategori Reduksi KAI

Melansir dari laman resmi KAI.id, berikut ini adlaah beberapa kategori penumpang yang bisa mendapatkan reduksi atau penawaran khusus tiket dari KAI. Simak detailnya di bawah ini ya

  • Lansia
    Diskon sebesar 20% untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dengan ketentuan pelanggan berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.
  • Legiun Veteran RI
    a. Diskon sebesar 50% untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Selasa sampai Kamis kecuali hari besar/hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.
    b. Diskon sebesar 30% untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Jumat sampai Senin dan hari besar/hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • TNI dan Polri
    Diskon sebesar 25% untuk KA Komersial kelas eksekutif dan 50% untuk KA Komersial kelas ekonomi dan bisnis. Diberikan kepada anggota TNI/Polri yang aktif termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri, tidak termasuk keluarganya, ataupun PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.
  • Wartawan
    Diskon sebesar 20% untuk KA Komersial kelas ekonomi dan bisnis, dengan ketentuan menunjukan kartu pers dan surat tugas peliputan.
  • Civitas Akademika
    Diskon sebesar 10% untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS, serta anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.
  • Reduksi Disabilitas
    Setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak. Besaran reduksi disabilitas sebesar 20% untuk semua kelas.
  • Reduksi Infant
    Potongan harga tiket kereta api yang diberikan kepada infant pertama dan tidak mengambil tempat duduk sendiri dari satu penumpang dengan tarif dewasa. Kategori infant adalah anak dengan rentang usia 0-3 tahun. Besaran reduksi infant sebesar 100%.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi KAI © Diadona© Shutterstock.com

Syarat Daftar Diskon Tiket Reduksi KAI

Melansir dari laman Detik, berikut ini adalah syarat daftar tiket reduksi KAI yang bisa kamu coba. Jadi, tiket reduksi ini tidak bisa langsung diklaim alias harus terdaftar dan diverifikasi dulu oleh KAI.

Berikut ini adalah syarat daftarnya:

  1. Registrasi dilakukan oleh penumpang yang bersangkutan dengan membawa bukti identitas asli yang masih berlaku atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan membawa bukti identitas reduksi asli dan pas foto milik penumpang reduksi yang akan didaftarkan.
  2. Registrasi hanya bisa dilakukan di customer service di stasiun sesuai jam pelayanannya
  3. Registrasi dengan hak reduksi dapat dilakukan paling lambat H-2 sebelum jadwal keberangkatan kereta.
  4. Registrasi dilakukan hanya sekali sampai berakhirnya masa reduksi penumpang yang bersangkutan. Setelah masa berlaku reduksinya berakhir untuk mendapatkan fasilitas reduksi kembali penumpang wajib melakukan registrasi ulang.
  5. Pembelian tiket dapat dilakukan secara online dilakukan melalui aplikasi Access by KAI (sebelumnya KAI Access) dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya.
  6. Untuk pembelian di loket stasiun, penumpang cukup hanya menyebutkan nama atau nomor hp atau nomor identitas dan menunjukkan identitas asli (bukan fotokopi, scan atau sejenisnya) atas hak reduksi yang masih berlaku, tanpa perlu dilampiri dengan fotokopi bukti identitas.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi KAI © Diadona© Shutterstock.com

Cara Menggunakan Diskon Tiket Reduksi KAI

Setelah selesai dengan syarat pendaftaran, langkah selanjutnya adalah lanjut ke cara pembelian tiket khusus reduksi KAI. Caranya bisa kamu simak di bawah ini ya!

  • Buka aplikasi Access by KAI, lalu pilih perjalanan kereta api " Antar Kota" .
  • Pilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
  • Pilih perjalanan kereta api yang diinginkan.
  • Jika penumpang seorang diri, maka klik pilihan " Tambahkan Sebagai Penumpang" .
  • Perhatikan pada menu " Detail Penumpang" , dan klik icon pena atau pensil.
  • Pilih menu " Tipe Penumpang" dan pilih " Reduksi" .
  • Pilih tipe reduksi yang telah didaftarkan.
  • Klik lanjutkan, lalu akan muncul tarif KA yang sudah dipotong tarif reduksi.
  • Centang persetujuan terhadap S&K, kemudian klik bayar.
  • Pilih metode pembayaran yang sesuai, lalu lakukan pembayaran.

Beri Komentar