Perbedaan Air Fryer dan Oven, Mana yang Paling Cocok untuk Kebutuhan Dapur?

Reporter : Arif Mashudi
Minggu, 24 Juli 2022 10:00
Perbedaan Air Fryer dan Oven, Mana yang Paling Cocok untuk Kebutuhan Dapur?
Mending pakai oven atau air fryer ya? Atau dua-duanya?

semakin beragam dan memudahkan penggunanya. Semua ini seperti mendukung aktivitas manusia yang semakin sibuk dan tidak memiliki banyak waktu namun tetap butuh untuk memasak baik itu sebagai hobi atau pun sebagai kebutuhan.

Salah dua alat memasak yang kini cukup populer adalah Air Fryer dan Oven. Keduanya memiliki fungsi utama yang sama yaitu, mengolah atau memasak bahan makanan untuk siap disantap.

Lantas apa perbedaan dari dua alat ini? Yuk kita simak bareng-bareng uraiannya di bawah ini. Check it out!

1 dari 5 halaman

Bentuk

Perbedaan pertama dari kedua alat ini adalah bentuknya. Seperti bentuk umumnya, oven memiliki bentuk persegi panjang yang tidak begitu besar. Alias tidak membutuhkan luas namun harus tetap ada tempat khusus.

Sedangkan, Air Fryer ini cenderung lebih compact. Memiliki sifat yang portable, Air Fryer tidak harus disediakan tempat khusus karena bisa diatur di mana saja dan bisa untuk dipindah-pindahkan.

2 dari 5 halaman

Kegunaan dan Hasil Masakan

Lalu yang bisa menjadi pembeda adalah hasil masakan dari keduanya. Dikutip dari Bobsredmill, oven akan memberikan hasil akhir makanan yang cenderung lebih lembab sedangkan air fryer akan menghasilkan makanan yang cenderung lebih kering.

Namun, hasil sama yangdari kedua alat ini adalah makanan yang renyah. Tentu saja juga dengan kematangan yang menyeluruh di setiap makanan yang dimasak.

3 dari 5 halaman

Sumber Panas

Terkait sumber panas yang dihasilkan, Oven memiliki dua macam tipe. Pertama, oven regular memanfaatkan energi gas atau listrik yang kemudian disebarkan ke seluruh bagian oven. Kedua, ada oven konveksi yang memanfaatkan kipas yang ada di dalam oven. Saat kipas tersebut dinyalakan, maka panas dalam menyebar secara merata.

Sama halnya dengan oven konveksi, air fryer ini juga menggunakan kipas. Hanya saja, teknologi yang dimiliki Air Fryer memungkinkan untuk memproses udara panas lebih cepat dibanding oven.

4 dari 5 halaman

Perawatan

Terakhir adalah dari segi perawatan. Oven baik itu regular atau konveksi hanya perlu dibersihkan bagian loyangnya dengan lap ataupun di cuci. Sedangkan Air Fryer harus dibersihkan secara menyeluruh mulai dari keranjang hingga ember di dalamnya

Kirin sebagai penyedia berbagai alat kebutuhan dapur dengan kualitas jempolan membuat terobosan dengan menghadirkan alat yang bisa berfungsi sebagai airfryer sekaligus oven, yakni Kirin KAO-230RA.

5 dari 5 halaman

Kirin KAO-230RAKirin KAO-230RA © Kirin Indonesia

Ini adalah oven listrik yang juga bisa digunakan sebagai air fryer. Tentu saja alat ini sudah menggunakan teknologi digital untuk control panelnya. Dan yang yang jelas, ini adalah alat yang sangat fungsional.

Salah satu fiturnya adalah lampu dan juga fitur speed air technology memasak menggunakan fitur air fryer sehingga lebih sehat karena tanpa minyak (healthy frying).

Ya bisa dikatakan ini adalah produk atau alat yang ideal untuk kebutuhan dapur kamu, Diazens. Kapan lagi dong ada alat yang modern sekaligus multi fungsi gini? Bisa langsung ke e-Commerce Kirin Indonesia atau klik link ini ya untuk info lebih lanjut.

Oh ya, nggak berhenti di situ, Kirin Indonesia juga mengundang kamu untuk bergabung di dalam grup WhatsApp khusus. Di dalam grup tersebut kamu akan mendapatkan daily recipes, tips, and tricks, Kelas Memasak Diamasak dengan Chef Jeje, dan terkahir ada quiz berhadiah juga.

Jadi tunggu apa lagi, yuk gabung dengan klik link berikut ini. Sudah nggak sabar nih untuk berkreasi lebih jauh dengan Kirin Indonesia.

Beri Komentar