Miliki Tipe Dapur Kotor dan Bersih dalam Hunian, Seberapa Penting sih Moms?

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 16 September 2021 16:25
Miliki Tipe Dapur Kotor dan Bersih dalam Hunian, Seberapa Penting sih Moms?
Pentingkah keberadaan dapur kotor dan bersih di rumah?

Umumnya, rumah yang dilengkapi dengan dua jenis dapur adalah hunian besar atau mewah. Kendati demikian, sebenarnya tidak ada aturan pasti bahwa hunian yang sederhana tidak bisa memiliki dua jenis dapur.

Namun, para Moms lebih memilih satu dapur multifungsi lantaran lahan yang terbatas. Lalu, apasih sebenarnya beda dapur kotor dan bersih, serta seberapa penting?

1 dari 6 halaman

1. Daya Jangkau dari Ruang Lain

Dapur bersih letaknya terlihat dari ruangan lain di dalam hunian dan bisa dilihat dari ruang makan, ruang tengah, atau ruang TV. Bahkan aktivitas masak memasak bisa terlihat dari ruang tersebut. Beda dengan dapur kotor, biasanya letaknya di bagian belakang rumah.

2 dari 6 halaman

2. Letak Dapur Bersih dan Kotor

Miliki Tipe Dapur Kotor dan Bersih dalam Hunian © Diadona

Dapur bersih umumnya tidak terpisah dinding dan pintu dengan ruang lainnya. Karena dapur bersih biasanya dibuat menyatu dengan ruang lainnya. Berbeda dengan dapur kotor yang terpisah dari ruangan lainnya, baik dengan dinding dan juga pintu.

3 dari 6 halaman

3. Beda Fungsi Dapur Kotor dan Bersih

Biasanya dapur bersih fungsinya melakukan tugas yang ringan. Karena sifatnya bersih, jadi hanya hal-hal ringan saja yang dilakukan di dapur bersih. Sementara kalau dapur kotor fungsinya untuk memasak yang sesungguhnya seperti memotong daging, membersihkan ikan dan ayam, mengupas bawang atau rempah-rempah beraroma kuat. Semua dilakukan di dapur kotor.

4 dari 6 halaman

4. Beda Desain Dapur Bersih dan Kotor

Miliki Tipe Dapur Kotor dan Bersih dalam Hunian © Diadona

Umumnya dapur bersih didesain lebih cantik. Ruangan ini cenderung terbuka dan bisa terlihat dari ruangan lain. Sementara kalau dapur kotor didesain lebih fokus pada fungsinya. Letaknya di bagian yang tidak terlihat dari ruangan lain.

5 dari 6 halaman

5. Peralatan yang Tersedia

Dapur bersih dengan fungsi memasak yang sederhana, punya peralatan yang sederhana pula. Beda dengan dapur kotor yang peralatannya biasanya lebih lengkap.

Lalu, penting gak sih punya kedua jenis dapur (kotor dan bersih) di rumah?

6 dari 6 halaman

Miliki Tipe Dapur Kotor dan Bersih dalam Hunian © Diadona

Hal ini tergantung pada masing-masing pemilik rumah. Jika Moms hobi memasak, atau sering memasak dalam jumlah besar, maka dapur kotor diperlukan. Pemilik usaha rumahan di bidang kuliner juga sangat membutuhkan.

Misalnya catering atau jasa membuat kue. Tapi jika pemilik rumah hanya menggunakan dapur untuk memasak sehari-hari untuk keluarga, dapur jenis ini tidak masalah tidak tersedia.

Jadi, penting tidaknya dapur ini tergantung dengan kebutuhan Moms. Semoga menginspirasi ya.

 

Beri Komentar