Maksimalis, Konsep Desain Interior yang Lagi Happening dan Banyak Dicari

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 19 Juli 2021 22:00
Maksimalis, Konsep Desain Interior yang Lagi Happening dan Banyak Dicari
Untuk melawan jenuh akibat pandemi, banyak orang membutuhkan perubahan yang segar, salah satunya melalui dekorasi rumah.

Sebelum masa pandemi, tren desain interior berkonsep minimalis memang banyak mencuri perhatian banyak orang. Tapi, hal yang sama tampaknya tak terjadi saat pandemi hingga masa PPKM kini.

Selama kurang lebih setahun terakhir, banyak orang lebih tertarik dengan dekorasi maksimalis. Data Pinterest menemukan, penelusuran kata kunci 'maximalism decor' lima kali lebih banyak dari tahun sebelumnya, Moms.

Hal ini disebabkan lantaran konsep maksimalis ini didorong oleh orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di rumah. Untuk melawan jenuh akibat pandemi, orang-orang membutuhkan perubahan yang segar, salah satunya lewat dekorasi rumah.

1 dari 5 halaman

" Saat terjebak di rumah, orang ingin mendekorasi rumah mereka dengan cara yang menimbulkan rasa nyaman dan mengingatkan mereka pada momen-momen spesial. Karenanya, muncul-lah maksimalis," ujar Manajer Wawasan Senior Pinterest, Swasti Sarna, melansir Insider via CNN.

Ya, 'maksimalis' adalah estetika untuk membuat rumah menjadi menyenangkan dengan memasukkan sejumlah elemen dan barang yang dirasa tidak perlu. Hal ini jelas berbeda dengan konsep minimalis yang mengenyahkan barang-barang yang dirasa tidak perlu.

Lewat konsep maksimalis, Moms bisa membuat dinding ruangan dipenuhi dengan karya seni seperti lukisan, foto, atau wall decor lainnya. Sejumlah tanaman yang ditata di banyak sudut rumah, dan masih banyak lagi.

2 dari 5 halaman

Desainer interior, Michelle Fahmy mengatakan bahwa maksimalis sering kali lebih praktis untuk orang-orang dalam kehidupan sehari-hari daripada minimalis.

" Minimalis cukup indah bila dilakukan dengan benar. Tapi, ada juga pilihan yang lebih mencolok, misalnya membuat rumah terasa seperti museum atau pameran seni yang membuat rumah terasa lebih menyenangkan," papar Fahmy.

Fahmy mengatakan, konsep maksimalisme ini sendrii membuat seseorang bebas bereksperimen dengan berbagai barang yang ada di rumah mereka.

3 dari 5 halaman

Konsep Desain Interior Maksimalis © Diadona

" Maksimalisme memberikan kebebasan kepada orang untuk mengekspresikan diri melalui lingkungannya," lanjut Fahmy.

Konsep maksimalisme juga dirasa cocok untuk gaya hidup saat ini yang membuat seseorang lebih banyak berada di rumah. Direktur Apartment Therapy, Danielle Blundell mengatakan, maksimalisme memberikan kenyamanan tersendiri.

" Ini adalah gagasan untuk mengisi ruang dengan hal-hal yang Anda sukai dan membuat Anda bahagia," kata Blundell.

Saat rumah penuh dengan hal-hal yang disukai, lanjut Blundell, suasana hati bisa meningkat. Ruangan juga memberikan rangsangan tersendiri untuk mata.

4 dari 5 halaman

Tips Merancang Dekorasi Maksimalis

Maksimalisme efektif dalam ruangan kecil saat benda-benda di dalam ruangan tidak terlihat serampangan atau bertumpuk. Jadi, penting untuk fokus pada efek keseluruhan ruangan saat memilih barang apa saja yang akan ditampilkan.

" Trik untuk mencapai maksimalisme di ruangan kecil adalah memastikan bahwa warna, tekstur, dan pola saling bekerja sama dan tidak bertentangan satu sama lain," ujar konsultan interior, Karina Lameraner.

5 dari 5 halaman

Lameraner menyarankan Moms untuk memilih item yang memiliki pola atau bentuk serupa untuk menciptakan rasa kohesi. Selain itu, Blundell juga menyarankan agar tetap menghadirkan satu area kosong. Hal itu membantu memastikan agar ruangan tidak terasa terlalu sibuk.

" Kamu bisa membiarkan beberapa bagian dinding kosong," ungkap Blundell.

Wah, bagaimana nih Moms, tertarik untuk membuat konsep hunian maksimalis?

Beri Komentar