7 Ide Desain Taman Toga Minimalis yang Simpel dan Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Reporter : Aditia
Selasa, 21 Mei 2024 22:19
7 Ide Desain Taman Toga Minimalis yang Simpel dan Mudah Dibuat Sendiri di Rumah
Tidak butuh banyak persiapan yang ribet, cari desain taman toga minimalis yang mudah diikuti di sini!

Taman toga minimalis adalah salah satu pilihan yang bagus untuk mengisi pekaranganmu supaya jadi lebih cantik dan enak dilihat. Apa sih taman toga? Taman toga adalah akronim dari taman tanaman obat keluarga yang biasanya juga disebut dengan nama apotek hidup. Taman toga biasanya berfungsi untuk menyediakan tanaman obat supaya bisa diakses dengan lebih mudah saat dibutuhkan.

Apa saja jenis tanaman yang biasa ditanam di taman toga? Ada jahe merah, daun salam, kencur, kunyit, sereh, lengkuas, dan sambiloto. Tanaman-tanaman ini adalah tanaman yang mudah dirawat dan dengan bisa dipanen dengan cepat. Karena itu, jenis-jenis ini banyak dipilih untuk mengisi taman toga minimalis yang dibuat di rumah.

Selain untuk menyediakan kebutuhan obat tradisional alami untuk keluarga, taman toga minimalis juga bisa kamu gunakan sebagai taman cantik yang mempercantik penampilan pekarangan rumah. Kamu bisa pilih tanaman toga yang memiliki bunga cantik atau penampilan yang manis! Desain yang tepat juga penting supaya taman di pekarangan tidak akan malah terlihat berantakan atau tidak harmonis.

Nah, yuk cek beragam desain taman toga minimalis yang cantik dan mudah diikuti di bawah ini!

 

1 dari 7 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Dalam Rumah

Desain Taman Toga Minimalis© Pinterest/Dona Flor Vasconcelos Gomes

Ide desain taman toga minimalis yang pertama adalah taman kering kecil di ruang terisolasi dalam rumah. Kamu bisa tanam beberapa tanaman toga di dalam pot dan disandingkan dengan berbagai jenis tanaman hias yang cantik.

Selain tanaman, desain taman toga minimalis yang satu ini juga menghiasi rumah dengan berbagai hiasan lainnya, seperti batu hias dan air mancur mini yang simpel. Karena ada di dalam rumah dan dipisah dengan pintu kaca, kamu tidak perlu takut dengan perawatan yang sulit.

 

2 dari 7 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Belakang Rumah

Desain Taman Toga Minimalis© Pinterest/Cdileini

Taman toga minimalis memang merupakan salah satu pilihan yang bagus untuk mengisi pekarangan belakang rumah saat kamu sudah kehabisan ide selain taman biasa yang berisi tanaman hias. Membangun taman toga juga bisa jadi hobi baru yang asik, loh!

Karena ada tanah di pekarangan belakang rumah, kamu bisa sesuaikan taman toga minimalis yang kamu butuhkan, seperti ditanam di pot lalu dikumpulkan atau di tanah dan buat formasi yang manis. Jangan lupa untuk buat penanda nama tanaman supaya tidak tertukar dengan tanaman lainnya karena pekarangan yang cukup ramai.

 

3 dari 7 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Klasik

Desain Taman Toga Minimalis© Pinterest/Daiana Bufon

Ide desain taman toga minimalis yang selanjutnya adalah taman klasik yang sudah sering kita temui di berbagai jenis hunian. Untuk desain yang satu ini, taman toga bercampur dengan berbagai jenis tanaman hias.

Walaupun begitu, biasanya taman toga minimalis dikumpulkan pada satu lokasi khusus dengan formasi yang khas atau sesuai dengan seleramu. Tidak lupa dengan penanda tanaman toga supaya tidak lupa atau tertukar dengan satu sama lain.

 

4 dari 7 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Daur Ulang

Desain Taman Toga Minimalis© Pinterest/i.ytimg.com

Desain taman toga minimalis yang satu ini juga merupakan desain yang digunakan banyak orang atau dijadikan aktivitas bersama yang seru, seperti oleh anggota PKK atau di komplek perumahan. Menggunakan barang-barang bekas apa saja yang sudah tidak dipakai sebagai pot adalah ciri khas dari desain ini.

Jadi, taman toga minimalis ini selain bermanfaat sebagai penyuplai obat yang mudah diakses juga jadi sarana daur ulang yang menyenangkan dan bermanfaat bagi lingkungan. Tidak perlu selalu digantung, ban yang ditempel di dinding atau ditumpuk segitiga juga terlihat bagus untuk desain ini!

 

5 dari 7 halaman

Desain Taman Toga Minimalis dari Botol Bekas

Desain Taman Toga Minimalis© Pinterest/Tena Whitt

Ide taman toga minimalis yang selanjutnya adalah ide yang sangat mudah diikuti dan bisa jadi ide untuk aktivitas bersama keluarga. Menggunakan botol bekas sebagai pot dan dihias sesuai selera adalah pilihan manis untuk menghiasi hunian.

Kalau ingin diletakkan di tempat yang lebih luas, kamu bisa gunakan botol bekas yang lebih besar dan kumpulkan botol-botol dalam formasi yang seragam di pekarangan rumah dan voila! Taman toga minimalis yang manis dan mudah dibuat sudah menghiasi hunian anda!

 

6 dari 7 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Tempel Dinding

Desain Taman Toga Minimalis© Pinterest/Erlangga Ghafur

Kalau tidak punya lahan tersisa untuk membuat taman toga minimalis, kamu bisa gunakan ide desain yang satu ini karena tidak memakan banyak tempat dan bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mengumpulkan pot yang cantik dan peralatan untuk menempelkan pot ke dinding.

Walaupun cantik dan tidak memakan banyak tempat, ide taman toga minimalis yang satu ini memiliki beberapa kekurangan, yaitu bisa mengotori dinding dengan air tanah yang akan keluar setiap kamu menyirami tanaman dan susah untuk memanen tanaman toga yang ada di bagian atas. 

 

7 dari 7 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Sederhana

Desain Taman Toga Minimalis© Pinterest/clotildes

Ide taman toga minimalis yang terakhir adalah taman kecil sederhana yang ada di bagian pojok hunian, baik di depan atau di belakang rumah. Lahan kecil ini bisa dengan mudah kamu isi dengan berbagai jenis tanaman toga yang sekiranya akan kamu butuhkan.

Merawat taman toga minimalis ini pun pasti lebih mudah karena mudah diakses. Supaya tidak terlihat terlalu sepi, kamu bisa gunakan lampu taman yang cantik dan penanda nama tanaman toga yang sudah dihias dengan manis.

Itulah beberapa ide desain taman toga minimalis yang bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah. Gimana, apakah kamu tertarik buat taman toga di rumah, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul


Beri Komentar