5 Keuntungan Kompor Induksi Dibanding Kompor Gas, Yakin Nggak Mau Pindah Penggunaan?

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 22 Juli 2022 19:25
5 Keuntungan Kompor Induksi Dibanding Kompor Gas, Yakin Nggak Mau Pindah Penggunaan?
Jadi kamu masih ragu mau pindah dari kompor gas ke kompor listrik?

Sudah tahu kan kalau sekarang ini sudah ada yang namanya kompor Induksi? Sudah dong tentunya. Ini adalah buah dari kemajuan zaman yang digunakan untuk mempermudah urusan manusia, khususnya dalam hal memasak.

Jadi, Kompor Induksi atau kompor listrik ini adalah kompor yang memungkinkan seseorang memasak tanpa menggunakan api yang menyala, melainkan energi listrik yang jadi sumber energi panas. Cara kerjanya, energi panas tidak muncul pada kompor induksi, tetapi menginduksi peralatan masak yang digunakan. Artinya yang menjadi panas adalah peralatan wadah masaknya, bukan kompor induksi.

Lalu apa keuntungan menggunakan kompor induksi ini? Berikut adalah beberapa keunggulan dari penggunaan kompor Induksi yang bisa kamu dapatkan.

1 dari 7 halaman

Hemat Biaya

Keuntungan yang pertama dari penggunaan kompor induksi adalah hemat, baik itu hemat biaya dan hemat energi. Hemat biaya karena kompor listrik atau induksi ini untuk sekali memasak cukup dihitung dalam satuan kWh. Dalam satuan tarif dasar listrik, pengguna tungku listrik cukup membayar Rp1.500 per kWh.

Untuk hemat energi juga jelas, bahwa listrik adalah energi yang bisa diperbarui dengan adanya pembangkit air dan angin. Sedangkan gas adalah energi alam yang tidak bisa diperbarui.

2 dari 7 halaman

Suhu Panas Terkontrol

Kompor gas memang memiliki tuas yang digunakan untuk mengatur nyala api. Namun, kompor induksi atau listrik ini secara spesifik bisa mengontrol panas yang dihasilkan oleh kompor.

Jadi, ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan memasak kamu. Dan tentu saja ini akan memudahkan pengguna untuk memperoleh hasil masakan yang lebih maknyus.

3 dari 7 halaman

Memasak Lebih Efisien

Berbeda dengan kompor gas yang memanaskan panci atau wajan dari titik terpusat, kompor induksi ini menyebarkan panas secara menyeluruh. Jadi, isi yang ada di dalam panci atau wajan akan lebih cepat matang.

Artinya, kamu bisa memasak lebih efisien atau bahkan bisa lebih cepat. kemudian kamu juga mengalokasikan waktu yang berlebih itu untuk kegiatan lainnya.

4 dari 7 halaman

Tampilan yang Elegan

Kalau masalah tampilan sudah tidak diragukan lagi. Kompor induksi atau listrik memiliki tampilan yang simple dan elegan. Hal ini dikarenakan kompor ini tidak memerlukan tungku dan bentuknya pun cenderung lebih tipis.

5 dari 7 halaman

Lebih Aman

Terakhir adalah perihal keamanan. Tidak ada api yang dihasilkan dari kompor induksi ini. Jadi kamu bisa tenang karena nggak akan ada api yang akan mengenai tubuh kamu saat memasak.

Selain itu, juga tidak akan ada gas bocor yang berakibat fatal. Jelas ini akan membuat kita tidak was-was dan khawatir saat memasak.

6 dari 7 halaman

Kirin KIC-2502HKirin KIC-2502H © Kirin Indonesia

Berbicara tentang kompor induksi ini kurang lengkap kalau belum membahas kompor induksi Kirin KIC-2502H. Ini adalah salah satu kompor induksi atau kompor listrik yang punya banyak fitur bagus untuk kegiatan memasak kamu.

Jadi ini adalah kompor induksi tanam yang diproduksi Kirin dengan berbagai fitur yang bisa kamu nikmati. seperti halnya fitur Mode Booster, Mode Child lock, dan Overheat Protection. Itu semua akan memudahkan kamu untuk memasak dengan nyaman.

7 dari 7 halaman

Kirin KIC-2502HKirin KIC-2502H © Kirin Indonesia

Nggak hanya itu, kompor induksi tanam ini juga memiliki permukaan kaca dengan kualitas terbaik. Dan tentunya, bisa mengatur suhu dan watt listrik yang diinginkan.

Untuk detail barang dan harganya kamu bisa langsung meluncur ke e-Commerce Kirin Indonesia ya. Di sana juga banyak peralatan dapur modern lainnya. Jadi langsung saja, sikat.

Anyway, kirin saat ini juga mengundang kamu untuk bergabung di dalam grup WhatsApp khusus. Di dalam grup tersebut kamu akan mendapatkan daily recipes, tips and tricks, Kelas Memasak Diamasak dengan Chef Jeje, dan terakhir ada quiz berhadiah juga.

Langsung saja, kamu bisa bergabung melalui link ini. Beneran deh, kamu bakal nemuin pengalaman baru seputar memasak yang pasti akan berkesan. Yuk, tunggu apa lagi?

Beri Komentar