5 Keunggulan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung, Pilih yang Paling Cocok untukmu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 27 Juni 2023 16:06
5 Keunggulan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung, Pilih yang Paling Cocok untukmu
Setiap jenis mesin cuci punya fitur unggulan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu

Mencuci baju mungkin adalah suatu pekerjaan rumah nggak disukai semua orang. Tapi dengan kehadiran mesin cuci, pakaian jadi bersih dan wangi tanpa memerlukan banyak energi. Mencuci baju jadi pekerjaan yang ringan, praktis plus lebih hemat budget karena tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk jasa laundry.

Dibanding dengan mencuci tangan,  mesin cuci bisa menghilangkan kotoran yang menempel di pakaian tanpa merusak serat kainnya lho! Sebab kamu bisa memilih siklus pencucian dan detergen sesuai dengan jenis kain. Pakaian jadi nggak mudah rusak dan masa pakainya jadi lebih lama.

Mencuci dengan mesin juga lebih hemat waktu. Cukup satu jam, setumpuk pakaian kotor kamu bisa bersih dan wangi. Trus dilengkapi dengan fitur pengeringan bikin kamu nggak butuh waktu lama menjemur pakaian di luar ruangan.

 

1 dari 7 halaman

Apalagi nih di masyarakat modern dengan luas rumah yang sempit dan tempat menjemur terbatas, fitur pengeringan yang disematkan pada mesin cuci bikin cucian kamu kering tanpa perlu banyak sinar matahari.

Bahkan kamu hanya perlu mengangin-angikannya selama beberapa saat. Pakaian jadi lebih wangi karena tak terkena panas menyengat dan polusi. Mencuci juga bisa kamu lakukan kapan saja tanpa tergantung pada waktu dan cuaca.

Nah saat ini terdapat dua jenis mesin cuci dengan keunggulan yang saling melengkapi. Yakni mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung yang merujuk penyebutanya merujuk pada jumlah tabung pada perangkat ini. 

2 dari 7 halaman

Seperti namanya, mesin cuci 1 tabung hanya memiliki satu tabung yang berfungsi untuk merendam, mencuci, membilas dan mengeringkan pakaian sekaligus. Seluruh proses mencuci dilakukan dalam satu tabung secara otomatis, sehingga pakaian tak perlu dipindahkan selama proses pencucian.

Jadi ketika baju kotor dimasukkan dalam tabung mesin cuci jenis ini, air akan masuk ke dalam tabung dan mesin sudah diprogram. Selanjutnya air akan mengalir sampai memenuhi bagian dalam dan luar tabung sampai penuh dan air berhenti mengalir.

Tabung kemudian berputar untuk mencuci pakaian. Setelah proses mencuci selesai, katup air akan terbuka dan air keluar menuju saluran pembuangan. Air masuk kembali dan tabung berisi pakaian akan berputar untuk mode membilas. Selanjutnya air dikeluarkan dan tabung berputar dengan kecepatan tinggi untuk mengeringkan pakaian.

Dari penjelasan proses di atas nih kita bisa menyimpulkan bahwa dalam mesin cuci 1 tabung, seluruh proses mencuci dilakukan dalam satu tabung secara otomatis. Dengan demikian, pakaian tak perlu dipindahkan selama proses pencucian. Pakaian masuk ke dalam tabung mesin cuci dalam keadaan kotor dan akan keluar dalam kondisi kering.

Karena terdiri dari satu tabung, mesin cuci ini punya ukuran yang compact. Mesin cuci 1 tabung cocok untuk kamu yang punya area cuci terbatas.

Nggak hanya butuh area cuci yang kecil, area jemur terbatas juga nggak masalah dengan mesin cuci 1 tabung ini. Sebab mesin cuci 1 tabung mampu membuat pakaian 90% kering. Jadi kamu hanya butuh mengangin-anginkan pakaian sebentar saja untuk membuat pakaian kering sepenuhnya.

3 dari 7 halaman

Sementara itu, mesin cuci 2 tabung adalah jenis mesin cuci dengan dua tabung pada mesin. Satu tabung berfungsi sebagai tabung merendam, mencuci, sekaligus membilas dan satu tabung lagi sebagai tabung pengering. 

Mesin cuci 2 tabung juga punya keunggulan yang patut diperhitungkan, di antaranya adalah proses pengoperasian yang mudah. Misalnya nih dalam mesin cuci ini, air akan masuk ke dalam tabung menggunakan keran atau selang. Tapi bila kedua alat tersebut rusak, ini tetap bisa dilakukan dengan cara konvensional yakni menggunakan ember.

Dengan sistem pengoperasian yang manual, minim panel dan indikator digital, mesin cuci 2 tabung mengkonsumsi sedikit energi listrik. Konsumsi air juga hemat karena pengisiannya dilakukan secara manual. Jadi kamu bisa menentukan sendiri seberapa banyak air yang kamu butuhkan. 

Dan yang tak kalah penting, mesin cuci dua tabung mudah dibersihkan karena nggak punya desain tabung dalam dan tabung luar. Bilas bagian dalam tabung setiap selesai mencuci untuk menghindari terbentuknya kerak dari sisa kotoran dan detergen. Jangan lupa juga untuk rutin bersihkan bagian filter air ya!

Nah untuk kamu yang bingung memilih produk unggulan dari masing-masing jenis mesin cuci, Diadona punya rekomendasinya nih!

4 dari 7 halaman

Yaitu mesin cuci 2 tabung dari Polytron primadona SAMBA dan mesin cuci 1 tabung yang kece dari Polytron zeromatic Laguna. Apa aja sih keunggulannya?

Mesin Cuci Polytron © Diadona

Polytron primadona SAMBA adalah mesin cuci 2 tabung dari Polytron dengan fitur canggih. Mesin cuci ini dibekali dengan ‘Magic Gear’ yang didesain khusus untuk menghasilkan tenaga putaran yang maksimal. Hasilnya, konsumsi listrik 30% lebih rendah dan tentu saja lebih hemat dengan hanya Rp. 400,- untuk per kg pakaian.

Ukuran tabung mesin cuci Polytron primadona SAMBA juga lebih besar. Dengan kapasitas 7 kg, kamu bisa mencuci hingga 35 lembar kaos dalam 1 kali mencuci lho! Wah, jadi hemat waktu juga kan?

Water filter pada Polytron primadona SAMBA membantu menyaring kotoran pada air. Fitur ini berguna banget untuk rumah tangga yang menggunakan air tanah untuk mencuci. Sebab, residu air tanah atau kotoran bisa membuat hasil cucian jadi berwarna kekuningan lho! 

 

5 dari 7 halaman

Mesin Cuci Polytron primadona SAMBA © Diadona

Mesin cuci Polytron primadona SAMBA juga dilengkapi dengan water selection untuk memindahkan air dari proses pencucian ke pembilasan. Pilih ‘Cuci’ untuk mensuplai air saat mencuci dan membilas, dan pilih ‘Peras’ untuk bilasan pengering.

Mesin cuci Polytron primadona SAMBA punya program mode hijab yang bisa mencuci kain hijab dengan lembut dan efektif tanpa merusak kain. Selain itu Polytron juga memberikan Kantung Hijab gratis setiap pembelian mesin cuci hijab dari Polytron. 

6 dari 7 halaman

Mesin Cuci Polytron © Diadona

Sementara itu salah satu pilihan terbaik mesin cuci 1 tabung dimiliki oleh Polytron zeromatic Laguna. Dengan fitur terkininya, kamu nggak perlu bingung lagi nih memilih program pencucian. Cukup satu kali sentuh, pakaian kotor akan bersih dan kering menyeluruh. 

Polytron zeromatic Laguna dilengkapi dengan program merendam dan fitur spin yang menghasilkan efek seperti mengucek. Kamu tak perlu lagi deh mengucek dan merendam pakaian secara terpisah.

Polytron zeromatic Laguna juga punya teknologi Ultra Clean + Turbo Mix yang bikin detergen tercampur dengan air secara sempurna. Hasil cucian 7x lebih bersih dan terbukti 100% mampu menghilangkan noda membandel di pakaian. Dengan pencampuran sempurna detergen dan air, pakaian jadi bebas residu detergen bubuk.

7 dari 7 halaman

Mesin Cuci Polytron © Diadona

Pakaian juga jadi lebih wangi karena Polytron zeromatic Laguna dilengkapi dengan fitur Aroma Boost yang dapat mengatur pengeluaran softener hanya pada proses pembilasan saja. Pakaian juga jadi lembut seperti pakai parfum dengan pemakaian softener 50% lebih sedikit. Combo hematnya kan?

Selain designya yang kece, memantau proses mencuci juga lebih gampang dengan Polytron zeromatic Laguna ini. Sebab bagian tutupnya dibuat dari tempered glass door dan ambient light jadi tak perlu khawatir lagi mengecek cucian. Dan dengan sistem tutup mesin cuci soft closing door membuat tutup mesin cuci tidak terbanting ketika ditutup. Mesin cuci jadi tidak cepat rusak.

Dua jenis mesin cuci dari Polytron ini hadir dengan fitur paling canggih di jenisnya jadi harus masuk dalam daftar wishlist untuk kamu yang ingin beli mesin cuci baru! Dapatkan mesin cuci unggulan dari Polytron yang menghadirkan produk-produk berkualitas terbaik untuk masyarakat Indonesia #QualityThatMatters. Mesin cuci Polytron dapat kamu temukan di official website Polytron www.polytron.co.id maupun official store di e-commerce kesayangan kalian. Atau kalian juga bisa dapatkan di toko-toko elektronik terdekat. 

Beri Komentar