Viral Selebgram Bikin Diffuser Anti Corona dari Dettol, Kreatif Iya Sehat Kagak!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 14 April 2020 19:27
Viral Selebgram Bikin Diffuser Anti Corona dari Dettol, Kreatif Iya Sehat Kagak!
Ada-ada aja nih

Seorang Selegram dan juga Youtuber bernama Dinda Shafay sedang membuat warganet sosial media heboh. Ya gimana lagi, setelah kebehonannya membuat handsanitizer, kini dia membuat diffuser dari bahan dettol. Begini videonya:

Buat yang nggak tau, diffuser ini merupakan alat yang gunanya menyebar aroma ke sekitar, biasanya sih buat ruangan. Intinya kita menghirupnya dan sebenarnya sifatnya menenangkan dan memberi khasiat untuk kesehatan. Singkat ini merupakan aroma terapi, dan tentu saja aroma serta khasiatnya tergantung apa dari apa diffuser tersebut. Begitu sih yang sejauh ini saya baca.

1 dari 4 halaman

Diffuser dari Dettol, Dinda Safay Banjir Hujatan

Nah setelah memposting tutorial buat diffuser dari Dettol dan juga air Cleo yang dia sebut sebagai AQua itu, dirinya mendapat banyak hujatan dari netizen. Selain dari salah sebut Cleo ke AQua, netizen juga mempermasalahkan kenapa harus dettol.

Belom lagi dia mengklaim bahwa diffuser dari dettol yang dibuatnya itu mampu menangkal virus corona, seperti yang dia sebut dari awal " Anti coronavirus check!" Tapi mari kita lihat dulu kebenarannya, sebenarnya apa sih yang membuat dettol ini dipermasalahin dalam pembuatan diffuser?

2 dari 4 halaman

Fatal untuk Masalah Pernapasan

Emang sih, dettol itu sangat bagus untuk membunuh bakteri dan virus. Tapi, bukannya itu digunakan hanya untuk benda-benda, permukaan luar ya? Sebut saja untuk air bak mandi, luka, peralatan rumah tangga, kebersihan lantai, dan sebagainya. Untuk lengkapnya kamu bisa mengunjungi situs dettolnya langsung deh di Dettol.co.id.

Intinya, dettol itu digunakan untuk keperluan luar aja. Gak ada satu pun petunjuk resmi yang memperbolehkan untuk keperluan dalam (tubuh), termasuk jika dihirup. Kenapa? Bahayanya bisa fatal, pernapasanmu lho!

3 dari 4 halaman

Mengetahui video yang viral ini, Aan Kusumandaru yang seorang dokter pun turut berkomentar melalui akun Twitter-nya. Pasalnya, tutorial yang diberikan oleh Dinda Shafay ini gak benar. Beliau mengatakan tutorial tersebut sangatlah berbahaya.

Sebab, detol itu mengandung kandungan utama Chloroxylenol. Gak percaya? Cek aja sendiri. Tadi saya barusan udah cek dengan mata kepala saya sendiri detol yang ada di kamar mandi. Nah Chloroxy lenol ini ternyata kalau sampai masuk ke badan apalagi dengan dihirup, bisa merusak mukosa saluran pernafasan, jelas beliau.

Pernyataan beliau pun gak asal sebut. Hal itu berdasarkan penelitian. Karena beliau cuma mengirim gambar screenshot, akhirnya saya cari sendiri di google.

Hasilnya? Ya, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Ncbi.nlm.nih.gov, dettol yang masuk ke tubuh ternyata bisa membuat kita keracunan. Akibatnya yang paling utama adalah masalah paru-paru, yang bisa menyebabkan pneumonia, sindrom gangguan pernapasan dewasa atau adult respiratory distress syndrome (ARDS), dan juga berhentinya kerja jantung secara mendadak.

4 dari 4 halaman

Hmm, gimana, bahaya kan? Bukannya jadi aroma terapi yang bermanfaat buat kesehatan, diffuser dari dettol malah bisa berbahaya buat kesehatan deh!

 

Beri Komentar